Vitra Yuqadhirza
04 Jan 2025 at 17:06


ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA  

DIDIK KELAS 1 SDNEGERI KAJHU ACEH BESAR 


Nama       :  Ratna Dewi
Nim           :  21108110
Prodi         : PGSD 
Fakultas   :  pendidikan guru sekolah dasar 
Semester :  7

Abstrak

Permasalahan peserta didik yang belum bisa membaca dan menulis saat pembelajaran di kelas,

menjadi kendala pendidik saat melaksanakan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk

menganalisis serta mendeskripsikan faktor kesulitan membaca dan menulis yang

melatarbelakangi peserta didik serta solusi untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis

peserta didik kelas rendah SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode

kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik, dan orang tua peserta

didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas rendah SD Negeri Kajhu Aceh

Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan

dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan kesulitan mengingat huruf, belum

mengetahui huruf konsonan, belum mengetahui huruf diftong, belum mengetahui huruf digraf,

belum mampu membaca satu kalimat, kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir

sama, belum mengetahui fungsi penggunaan tanda baca, belum mampu menulis dengan benar

semua huruf konsonan, kesulitan pada saat menulis satu kalimat, kesulitan pada saat didekte.

Faktor dari kesulitan membaca dan menulis yaitu faktor internal, faktor eksternal, faktor

lingkungan, faktor psikologis. Solusi yang diberikan pendidik dikelas yaitu pendidik

menyempatkan waktu untuk membimbing peserta didik di kelas dengan memanggil peserta

didik yang kesulitan membaca dan menulis, pendidik menggunakan media seperti buku

membaca untuk melatih dan menggunakan buku tegak bersambung untuk melatih menulisnya,

pendidik bekerja sama dengan orang tua dalam memantau perkembangan peserta didik.


Kata kunci : faktor kesulitan membaca, faktor kesulitan menulis, kelas rendah, keterampilan

 



REFERENSI

Abdurrahman, M. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. 

 Depdikbud & Rienka Cipta. Jakarta.

Afdal, dkk. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah SDN029 Muara

Kaman. Jurnal Basataka. 2(1) : 173—178.

Aisyah, S., Yarmi, G. dkk. 2020. Kemampuan Membaca Permulaan MelaluiPendekatan Whole

Language di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu. 2(1): 50—52.

Akhaidah, dkk. 2012. Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia.

Erlangga. Jakarta.

Anggraeni, S. W, dkk. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Membaca Peserta didikSekolah Dasar.

Jurnal Elementaria Edukasia. 3(1): 42—54.

Bloom dan Krathwohl. 2010. Menjadi guru Professional. Edisikedua (Cet. XV;PT. Remaja

Rosdakarya: Bandung.

Paba Elisabeth, dkk., 2020. Analisis Faktor Kesulitan Msmbaca Menulis Dan Berhitung Siswa

Kelas 1 SD Bobawa Kecamatan Golewa. Stkip Citra Bakti. 2(1): 266—268.

Erika N. 2021. Analisis Fakor-Faktor Kesulitan Membaca Permulaan SiswaKelas II SD Negeri

Poris Pelawad 2. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya 3(1) 100—115


Fauzi, 2018, Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Peserta Didik Kelas rendah Sekolah

Dasar. Jurnal Perspektif ilmu Pendidikan. 2(3): 95—10.


Fitria , P. 2018. Analisis Faktor – Faktor Penghambat Membaca PermulaanPada Siswa Kelas I

SD. Jurnal ilmiah sekolah dasar. 2(3): 287—291.


Gusti Y. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole

Language Dengan Teknik Menulis. Junal PerspektifI lmu Pendidikan. 2(1): 64—65.


Hasanudin, C., & Puspita, E. L. 2017. Peningkatan Motivasi dan KeterampilanMembaca

Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia :

Jurnal Pendidikan,17(1): 66—79. 

Kusno dkk., 2020. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SekolahDasar. Journal

for leasson and Learning Studie. 4(1): 432—439. 

Mardika. 2017. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa

Kelas I SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 2(3): 70—71. 

Nila Martha. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui TeknikGuiding

Questions. Jurnal Pendidikan Bahasa inggris.2(1) 90—95. 

Nuraini, R. Z dkk. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada AnakUsia Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu. 3(1): 1462—1470. 

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam PenelitianPendidikan Bahasa.

Surakarta. 

 

 

0