Vitra Yuqadhirza
04 Jan 2025 at 17:29


Implementasi Metode Silaba Berbantu Media Kusuka Dalam

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran  

Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri Kajhu


Nama  : Maria Ulfa
Nim      : 21108114
Prodi    : PGSD
Prodi    : FKIP
Semester : 7

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa besar peningkatan kemampuan
membaca permulaan siswa setelah penerapan metode silaba berbantu media Kusuka pada
kelas 1A di SD Negeri Kajhu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan
untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca siswa setelah diterapkannya Metode
Silaba berbantu Media Kusuka . Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus ketuntasan belajar 40%,
siklus 1 59% dan siklus II 78%. Dari hasil tersebut bisa kita lihat terjadi pada setiap siklus.
Berdasarkan hasil observasi dan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode
silaba berbantu media kusuka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia telah terbukti efektif
dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan membagi kata menjadi suku-suku
kata, siswa dapat lebih mudah memahami dan melafalkan kata-kata baru. Partisipasi aktif
siswa selama proses pembelajaran, seperti melafalkan suku kata secara bergantian, semakin
memperkuat pemahaman mereka.

Referensi
Alsalimatus Sa, d., & Nanang, K. U. (2022). Pengaruh Metode Silaba Terhadap
Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal
Literasi Pendidikan Dasar.

Asma Wati , Kabib Sholeh , Sylvia Lara Syaflin. (2023). Pengaruh Metode Silaba Berbantu Media Kartu Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 91 Palembang. Vol 10 No. 2355-3774. Dewi Sinta Kusuma Pertiwi, Ahmad Sudi Pratikno. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran(JIEPP). Fellicia Roshita Armanda Putri, ,Maulfi Syaifu, Rizal. (2022). Penerapan Metode Silaba Melalui Video Pembelajaran Animasi Dalam Kegiatan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Sumber Wetani Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Lailah, Z., Amin, S. M., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I dengan Metode Silaba di sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3677-3688. Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil. Oktaviyanti, I. D. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, Vol 6 No 4, 5589 – 5597 Reza Enisa Wardana, Arum Aulia Rahmah, Putri Nurul Rahmawati, dkk. (2024). Penggunaan Metode Syllabic dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Kelas 1 MI Ma’arif Lemah Duwur Kuwarasan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

0