Vitra Yuqadhirza
04 Jan 2025 at 17:19PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG (PENJUMLAHAN
DAN PENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA KELAS 2 DI SDN KAJHU ACEH BESAR
Nama : Maiki nurul yusra
Nim : 21108112
Prodi :PGSD
Fakultas : FKIP
Semester : 7
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan data lapangan dan wawancara kepada guru kelas II SDN
Kajhu Aceh Besar yang menyatakan bahwa masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam
menghitung penjumlahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan karena guru belum
menggunakan media pembelajaran secara maksimal dan hanya menggunakan buku paket saja
dalam menjelaskan materi kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
dengan berbantu media papan jurang. Subjek penelitian ini sebanyak 29 peserta didik yang
terdiri dari 12 anak perempuan dan 17 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan materi dari siklus 1 dengan
persentase 34,48%. Pada siklus 2 terjadi peningkatkan kemampuan yang baik sekali yakni
83,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran papan jurang
(penjumlahan dan pengurangan) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN
Kajhu Aceh Besar.
Kata kunci: Papan Jurang, Matematika, Hasil Belajar
0