Vitra Yuqadhirza
04 Jan 2025 at 17:14


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES

TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA BELAJAR

IPAS KELAS VI SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR 


Nama  : Susi Rafika 
Nim      : 21108113
Prodi    : PGSD
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Semester : 7


Abstrak  

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam

pembelajaran. Keaktifan belajar siswa sangatlah penting, karena hal tersebut menjadi faktor

kunci dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah

menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dengan

harapan dapat meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa. Tujuan utama penelitian ini

adalah untuk menyajikan analisis komprehensif mengenai peningkatan keterlibatan siswa

dalam proses pembelajaran di kelas VI SDN Kajhu, Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini

adalah untuk menyajikan analisis yang komprehensif mengenai peningkatan keterlibatan siswa

dalam proses pembelajaran di kelas VI SD Negeri Kajhu, Aceh Besar. Penelitian ini melibatkan

29 siswa dari kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta

didik melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis

penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, yang

dilaksanakan bersama guru pamong. Penelitian ini terdiri dari dua siklus: siklus I dan siklus II.

Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan, dengan instrumen

yang mencakup lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara

deskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari siklus I menunjukkan

bahwa keaktifan belajar peserta didik mencapai 76,56%. Sementara itu, siklus II mencatat

peningkatan keaktifan belajar menjadi 82,81%. Hal ini menggambarkan adanya peningkatan

persentase keaktifan belajar di setiap siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini

mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran IPAS efektif

dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik sepanjang proses pembelajaran. 

Kata Kunci: Keaktifan siswa, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT, IPAS




REFERENSI
Sujana. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams
Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal Education and
Counseling.
Wandri, I. N. (2019). Peningkatan Kompotensi Guru Melalui Pelatihan Membuat RPP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Mengaktifkan MGMP Tingkat SMA/K di
Kabupaten Bangli. Journal of Education Action Research 
Luthfi dkk.( 2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis. Vol. 8 No.
2 Tahun 2023.  
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.
Fitria, A., & Nurlaela, E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media
Group Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Astuti, W., & Kristin, F. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament
Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
(Vol. 1, Issue 3).
Hilmi & Lena. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik
Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT).
Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 7 No 2 2022.
 

0