Vitra Yuqadhirza
17 Jan 2025 at 18:28


ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 1 SDNEGERI KAJHU ACEH BESAR

Nama Penulis  : Ratna Dewi1
DPL                    : Yuli Amalia, S.Pd.I., M. Pd.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa Getsempena,Indonesia
Email: [email protected]
 


 Abstrak

Permasalahan peserta didik yang belum bisa membaca dan menulis saat pembelajaran di kelas, menjadi kendala  pendidik  saat  melaksanakan  pembelajaran.  penelitian  ini  bertujuan  untuk menganalisis serta mendeskripsikan faktor kesulitan membaca dan menulis yang melatarbelakangi peserta didik serta solusi untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis peserta didik kelas rendah SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik, dan orang tua peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas rendah SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan kesulitan mengingat huruf, belum mengetahui huruf konsonan, belum mengetahui huruf diftong, belum mengetahui huruf digraf, belum mampu membaca satu kalimat, kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, belum mengetahui fungsi penggunaan tanda baca, belum mampu menulis dengan benar semua huruf konsonan, kesulitan pada saat menulis satu kalimat, kesulitan pada saat didekte. Faktor dari kesulitan membaca dan menulis yaitu faktor internal, faktor eksternal, faktor lingkungan, faktor psikologis. Solusi yang diberikan pendidik dikelas yaitu pendidik menyempatkan waktu untuk membimbing peserta didik di kelas dengan memanggil peserta didik yang kesulitan membaca dan menulis, pendidik menggunakan media seperti buku membaca untuk melatih dan menggunakan buku tegak bersambung untuk melatih menulisnya, pendidik bekerja sama dengan orang tua dalam memantau perkembangan peserta didik.

 

 Kata kunci : faktor kesulitan membaca, faktor kesulitan menulis, kelas rendah, keterampilan


REFERENSI

  1. Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Depdikbud & Rienka Cipta, Jakarta.
  2. Afdal, dkk. (2021). Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas Rendah SDN 029 Muara Kaman. Jurnal Basataka, 2(1), 173–178.
  3. Aisyah, S., Yarmi, G., dkk. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 50–52.
  4. Akhaidah, dkk. (2012). Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Erlangga, Jakarta.
  5. Anggraeni, S. W., dkk. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 42–54.
  6. Bloom, B., & Krathwohl, D. (2010). Menjadi Guru Professional (Edisi Kedua, Cet. XV). PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
  7. Paba Elisabeth, dkk. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Membaca, Menulis, dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD Bobawa Kecamatan Golewa. STKIP Citra Bakti, 2(1), 266–268.
  8. Erika, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Poris Pelawad 2. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 3(1), 100–115.
  9. Fauzi. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca pada Peserta Didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 2(3), 95–101.
  10. Fitria, P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 287–291.
  11. Gusti, Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 2(1), 64–65.
  12. Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 17(1), 66–79.
  13. Kusno, dkk. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Study, 4(1), 432–439.
  14. Mardika. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca, Menulis, dan Berhitung Siswa Kelas I SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 2(3), 70–71.
  15. Nila Martha. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 2(1), 90–95.
  16. Nuraini, R. Z., dkk. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(1), 1462–1470.
  17. Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.


0