Vitra Yuqadhirza
17 Jan 2025 at 18:08


Implementasi Metode Silaba Berbantu Media Kusuka Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri Kajhu

 

 Nama Penulis : Maria Ulfa
Nim : 21108114
Prodi/fakultas : PGSD/FKIP
DPL :  Yuli Amalia, S.Pd.I.,M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Bangsa Getsemp
 

 

Abstrak

 Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengevaluasi  seberapa  besar  peningkatan  kemampuan membaca permulaan siswa setelah penerapan metode silaba berbantu media Kusuka pada kelas 1A di SD Negeri Kajhu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca siswa setelah diterapkannya Metode Silaba berbantu Media Kusuka . Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada pra siklus ketuntasan belajar 40%, siklus 1 59% dan siklus II 78%. Dari hasil tersebut bisa kita lihat terjadi pada setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi dan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode silaba berbantu media kusuka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan membagi kata menjadi suku-suku kata, siswa dapat lebih mudah memahami dan melafalkan kata-kata baru. Partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran, seperti melafalkan suku kata secara bergantian, semakin memperkuat pemahaman mereka.

   

 Referensi

 Alsalimatus   Sa,   d.,   &   Nanang,   K.   U.   (2022).   Pengaruh   Metode   Silaba   Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar.

  Asma Wati , Kabib Sholeh , Sylvia Lara Syaflin. (2023).  Pengaruh Metode Silaba Berbantu

 Media Kartu Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri

 91 Palembang. Vol 10 No. 2355-3774.

 Dewi Sinta Kusuma Pertiwi, Ahmad Sudi Pratikno. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran(JIEPP).

 Fellicia Roshita Armanda Putri, ,Maulfi Syaifu,   Rizal. (2022). Penerapan Metode Silaba

 Melalui Video Pembelajaran Animasi Dalam Kegiatan Membaca Siswa Kelas 1

 SDN Sumber Wetani Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

  Lailah,  Z.,  Amin,  S.  M.,  Nafiah,  N.,  & Hartatik, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca      Siswa Kelas   I   dengan   Metode   Silaba   di sekolah   Dasar.   Jurnal Basicedu, 3677-3688.

 Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

 Oktaviyanti, I. D. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan

 Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, Vol 6 No 4, 5589 – 5597

  Reza Enisa Wardana, Arum Aulia Rahmah, Putri Nurul Rahmawati, dkk. (2024). Penggunaan Metode Syllabic dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Kelas 1 MI Ma’arif Lemah Duwur Kuwarasan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

 

 

 

Silvia,    S.,    Pebriana,    P.    H.,    & Sumianto,  S.  (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

0