Vitra Yuqadhirza
17 Jan 2025 at 18:12


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN  KEAKTIFAN SISWA BELAJAR IPAS KELAS VI SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR


Nama Penulis : Susi Rafika

Nim : 21108113

Prodi/fakultas : PGSD/FKIP

DPL :  Yuli Amalia, S.Pd.I.,M.Pd

  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Bangsa Getsemp

1.  susirafika2@gmail.com

Penulis Korespondensi : susirafika2@gmail.com



Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan analisis yang komprehensif mengenai peningkatan keterlibata sisw dalam  prose pembelajara di  kela VI   SD  Negeri   Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini melibatkan 29 siswa dari kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif,  yang dilaksanakan  bersama guru pamong.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus: siklus I dan siklus II. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan, dengan  instrumen  yang  mencakup  lembar  observasi  dan  catatan  lapangan.  Analisis  data dilakukan secara deskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari siklus I menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik mencapai 76,56%. Sementara itu, siklus II mencatat peningkatan keaktifan belajar menjadi 82,81%. Hal ini menggambarkan  adanya peningkatan persentase keaktifan belajar di setiap siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan  bahwa penerapan model pembelajaraTGT dalam pembelajaran  IPAS efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik sepanjang proses pembelajaran.




 Referensi

 

 

Fitria, A., & Nurlaela, E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Group  Card Untuk  Meningkatkan  Keaktifan  Belajar  Siswa  Sekolah  Dasar.  Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

 

 

Hilmi & Lena. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu  Dengan  Menggunakan  Model  Kooperatif  Tipe  Team  Games  Tournament (TGT). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 7 No 2 2022.


 

Laksana dkk. (2021). Implementasi Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi.

 

 

Luthfi dkk.( 2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis. Vol. 8 No.

2 Tahun 2023.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.

 

 

Putri,  E. N. D.,  & Taufina,  T. (2020).  Pengaruh  Model  Kooperatif  Tipe  Make  A  Match

Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

 

 

Sujana. (2019).  Peningkatan  Keaktifan  Belajar Siswa  Melalui Model Pembelajaran  Teams Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal Education and Counseling.

 

 

Taufiq, (2018). Pengembangan Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT)  Pada Mata Pelajaran  IPS di Sekolah Dasar.  Prosiding  Seminar  Dan Diskusi Nasional Pendidikar Dasar.





0