Vitra Yuqadhirza
17 Jan 2025 at 18:12PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA BELAJAR IPAS KELAS VI SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR
Nama Penulis : Susi Rafika
Nim : 21108113
Prodi/fakultas : PGSD/FKIP
DPL : Yuli Amalia, S.Pd.I.,M.Pd
1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Bangsa Getsemp
Penulis Korespondensi : susirafika2@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan analisis yang komprehensif mengenai peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas VI SD Negeri Kajhu, Aceh Besar. Penelitian ini melibatkan 29 siswa dari kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, yang dilaksanakan bersama guru pamong. Penelitian ini terdiri dari dua siklus: siklus I dan siklus II. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan, dengan instrumen yang mencakup lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari siklus I menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik mencapai 76,56%. Sementara itu, siklus II mencatat peningkatan keaktifan belajar menjadi 82,81%. Hal ini menggambarkan adanya peningkatan persentase keaktifan belajar di setiap siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran IPAS efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik sepanjang proses pembelajaran.
Referensi
Fitria, A., & Nurlaela, E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Group Card Untuk
Meningkatkan
Keaktifan
Belajar
Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Hilmi & Lena. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan
Menggunakan Model
Kooperatif
Tipe Team
Games Tournament (TGT). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 7 No 2 2022.
Laksana dkk. (2021). Implementasi Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi.
Luthfi dkk.( 2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis. Vol. 8 No.
2 Tahun 2023.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.
Putri, E. N. D.,
& Taufina,
T. (2020). Pengaruh Model
Kooperatif
Tipe Make
A Match
Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Sujana. (2019). Peningkatan
Keaktifan
Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal Education and Counseling.
Taufiq, (2018). Pengembangan Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran
IPS di Sekolah Dasar.
Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikar Dasar.
0