Vitra Yuqadhirza
04 Jan 2025 at 17:06ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA
DIDIK KELAS 1 SDNEGERI KAJHU ACEH BESAR
Nama : Ratna Dewi
Nim : 21108110
Prodi : PGSD
Fakultas : pendidikan guru sekolah dasar
Semester : 7
Abstrak
Permasalahan peserta didik yang belum bisa membaca dan menulis saat pembelajaran di kelas,
menjadi kendala pendidik saat melaksanakan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis serta mendeskripsikan faktor kesulitan membaca dan menulis yang
melatarbelakangi peserta didik serta solusi untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis
peserta didik kelas rendah SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik, dan orang tua peserta
didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas rendah SD Negeri Kajhu Aceh
Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan kesulitan mengingat huruf, belum
mengetahui huruf konsonan, belum mengetahui huruf diftong, belum mengetahui huruf digraf,
belum mampu membaca satu kalimat, kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir
sama, belum mengetahui fungsi penggunaan tanda baca, belum mampu menulis dengan benar
semua huruf konsonan, kesulitan pada saat menulis satu kalimat, kesulitan pada saat didekte.
Faktor dari kesulitan membaca dan menulis yaitu faktor internal, faktor eksternal, faktor
lingkungan, faktor psikologis. Solusi yang diberikan pendidik dikelas yaitu pendidik
menyempatkan waktu untuk membimbing peserta didik di kelas dengan memanggil peserta
didik yang kesulitan membaca dan menulis, pendidik menggunakan media seperti buku
membaca untuk melatih dan menggunakan buku tegak bersambung untuk melatih menulisnya,
pendidik bekerja sama dengan orang tua dalam memantau perkembangan peserta didik.
Kata kunci : faktor kesulitan membaca, faktor kesulitan menulis, kelas rendah, keterampilan
REFERENSI
Abdurrahman, M. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Depdikbud & Rienka Cipta. Jakarta.
Afdal, dkk. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah SDN029 Muara
Kaman. Jurnal Basataka. 2(1) : 173—178.
Aisyah, S., Yarmi, G. dkk. 2020. Kemampuan Membaca Permulaan MelaluiPendekatan Whole
Language di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu. 2(1): 50—52.
Akhaidah, dkk. 2012. Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia.
Erlangga. Jakarta.
Anggraeni, S. W, dkk. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Membaca Peserta didikSekolah Dasar.
Jurnal Elementaria Edukasia. 3(1): 42—54.
Bloom dan Krathwohl. 2010. Menjadi guru Professional. Edisikedua (Cet. XV;PT. Remaja
Rosdakarya: Bandung.
Paba Elisabeth, dkk., 2020. Analisis Faktor Kesulitan Msmbaca Menulis Dan Berhitung Siswa
Kelas 1 SD Bobawa Kecamatan Golewa. Stkip Citra Bakti. 2(1): 266—268.
Erika N. 2021. Analisis Fakor-Faktor Kesulitan Membaca Permulaan SiswaKelas II SD Negeri
Poris Pelawad 2. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya 3(1) 100—115
Fauzi, 2018, Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Peserta Didik Kelas rendah Sekolah
Dasar. Jurnal Perspektif ilmu Pendidikan. 2(3): 95—10.
Fitria , P. 2018. Analisis Faktor – Faktor Penghambat Membaca PermulaanPada Siswa Kelas I
SD. Jurnal ilmiah sekolah dasar. 2(3): 287—291.
Gusti Y. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole
Language Dengan Teknik Menulis. Junal PerspektifI lmu Pendidikan. 2(1): 64—65.
Hasanudin, C., & Puspita, E. L. 2017. Peningkatan Motivasi dan KeterampilanMembaca
Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia :
Jurnal Pendidikan,17(1): 66—79.
Kusno dkk., 2020. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SekolahDasar. Journal
for leasson and Learning Studie. 4(1): 432—439.
Mardika. 2017. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa
Kelas I SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 2(3): 70—71.
Nila Martha. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui TeknikGuiding
Questions. Jurnal Pendidikan Bahasa inggris.2(1) 90—95.
Nuraini, R. Z dkk. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada AnakUsia Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu. 3(1): 1462—1470.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam PenelitianPendidikan Bahasa.
Surakarta.
0