Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 19:40


Dinamika Sistemasi Pengajaran Di TPA Al-Khairiah

Taman Pendidikan Al-Qur'an (disingkat TPA atau TPQ) merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak.TPA alkhairiah merupakan salah satunya yang berperan di gampong jawa belakang II sebagai tempat pendidikan agama,tidak hanya mengajarkan untuk jenjang usia dini tapi juga menjarkan anak anak usia menengah seperti SMP dan SMA dan juga mengajarkan nilai nilai dasar agama hingga hampir menyamai seperti pendidikan di dayah yaitu mengaji al-quran hingga membaca kitab-kitab agama.Pertumbuhan TPA/TPQ menemukan momentumnya pada tahun 1990-an setelah ditemukan berbagai metode dan pendekatan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an seperti metode membaca Al-Qur'an Iqro dan lain-lain. Di Indonesesia menempuh pendidikan TPA/TPQ tidaklah wajib, tetapi dalam perkembangannya masyarakat membutuhkan lembaga ini untuk memberikan dasar-dasar membaca Al-Qur'an (mengaji) kepada anak-anaknya terutama bagi orang tua yang bekerja.

TPA Al-khairiah merupakan tempat pengajian Al-qur’an, di dalam TPA tersebut anak-anak diajarkan tentang ilmu agama seperti mengaji, doa sehari-hari dan surat-surat pendek. Di sekolah banyak anak-anak yang masih belum bisa tentang ilmu agama sehingga mereka perlu pelajaran tambahan seperti di TPA. Belajar ilmu agama di TPA membuat anak-anak lebih mahir dalam mendalami ilmu agama. Selain memperoleh ilmu dengan mengikuti TPA anak-anak juga mendapatkan teman yang lebih banyak lagi sehingga mereka dapat bersosialisasi dengan baik.Anak-anak Gampong Jawa Belakang II memiliki bakat yang sangat besar dalam bidang ilmu agama sehingga perlu diadakan TPA agar anak-anak dapat mengembangkan bakatnya melalui TPA.

TPA al-khairiah diadakan setiap hari kecuali Jumat malam dan Minggu malam. Hal ini bertujuan agar anak-anak tidak jenuh dalam belajar ilmu agama. Program ini dibantu oleh ustad – ustad yang sudah berpengalaman dan juga beberapa dibantu dari kalangan mahasisawa. Peserta yang mengikuti kegiatan ini lebih kurang sekitar 60 – 80 anak – anak. Anak – anak dibagi kelas menjadi tiga kelas yaitu kalangan kelas SD, kelas SMP dan kelas SMA. Metode pembelajarannya meliputi pengajian iqra,Al-qur’an dan kitab, hafalan surah – surah pendek, hafalan doa sehari-hari dan pengetahuan umum tentang agama.

TPA ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada partisipasi dari berbagai pihak. Dalam kegiatan ini anak-anak serta guru mengaji ikut berpartisipasi dalam menjalankan program ini sehingga TPA masih tetap berjalan dengan baik. Dalam mengajar di TPA, kami tidak mengalami hambatan sehingga kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar.

Sistemasi Pengajaran

            Sistem pembelajaran TPA Al-khairiah Gampong Jawa Belakang II, bagaimana efektivitas TPA dalam  meningkatkan  kemampuan  baca tulis al-Qur’an pada anak-anak di Desa Gampong Jawa Belakang II dan faktor apa yang mempengaruhi efektivitasnya TPA Al-Khairiah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an pada anak-anak di Desa Gampong Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran TPA Al-khairiah, untuk mengetahui tingkat efektivitas TPA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis  al-Qur’an  dan  untuk  mengetahui  faktor yang mempengaruhi efektivitasnya TPA Al-khairiah  dalam  meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an pada anak-anak di Desa Gampong Jawa.

  • Diketahui bahwa Sistem pembelajaran TPA  Al-khairiah menyiapkan anak didiknya agar menjadi generasi Qur’ani yaitu generasi yang mencintai al-Qur’an sebagai bacaan dan pandangan hidup sehari- hari serta menjadi estapet pelanjut dari generasi tua dalam segala aspek agama seperti Fardhu kifayah, Efektivitas TPA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an dan kitab santri mengikuti pelajaran iqra’ al-Qur’an dan kitab dikelas masing- masing selama 5 hari dalam seminggu ini berarti bahwa TPA ini sangat menitik beratkan pada pelajaran membaca dan pemahaman,karena itu akan menjadi kebiasaan bagi santri tersebut sehingga berdampak bagi kemajuan pembelajaran dari sisi pemikiran dan kegiatan santri itu sendiri. Serta di tpa ini juga menerapkan sistem ganti guru misalnya selama 3 bulan guru yang mengajarkan alqur’an akan dipindahkan mengajar dikelas kitab atau kelas iqra’,sistem ini bertujuan untuk mengurangi kebosanan santri dan juga diharapkan untuk menambah atau memberikan nuansa baru serta metode baru dari guru yang berbeda. Terlihat sulit namun itu efektif dikarenakan semua guru di TPA Al-khairiah memiliki kemampuan yang sangat baik dalam segala bidang pembelajarannya. Dan Faktor penunjang keefektivan TPA Al-khairiah dalam meningkatkan kemampuan baca Iqra’,al-Qur’an dan Kitab pada anak-anak di Desa Gampong Jawa adalah tersedianya sarana dan prasarana serta materi dan metode pembelajaran yang menarik bagi para santri, Adanya dukungan dari orang  tua santri, Selain itu juga didukung oleh berbagai macam usaha untuk peningkatan kualitas guru mengaji. Ini diharapkan mampu lebih meningkatkan lagi efektivitas TPA Al-khairiah dalam meningkatkan Kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an pada anak-anak di desa Gampong Jawa.

    Ditulis Oleh :
    A.M.Azakil Azmi
    Nim 1042017001

0