A Sofyan N
03 Apr 2022 at 08:17


Sahabat Damai, saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Sejak beberapa minggu lalu, beberapa wilayah telah diguyur oleh hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Bahkan beberapa wilayah di Indonesia sedang dilanda banjir akibat hujan yang tak kunjung reda. Bagaimana dengan Sahabat? Apakah tetap aman saja hingga hari ini? Tidak semudah itu, Ferguso.

Orang Indonesia hanya mengenal dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Keduanya sama-sama penting bagi lingkungan, namun jika berdampak parah pada lingkungan, tentu saja dapat mengganggu sejumlah aktivitas.

Nah, Sahabat untuk mengatasi sejumlah permasalahan atau hambatan aktivitas saat di musim hujan, wajib banget nih kalian mengetahui beberapa tips penting selama musim hujan. Yuk scroll ke bawah!

1. Update Informasi Cuaca di Smartphone

Smartphone merupakan perangkat yang paling sering kita gunakan, bahkan selalu kita bawa kapan dan dimanapun berada. Nah, Sahabat jangan sampai lupa memanfaatkan benda yang satu ini. Masa kini, setiap Smartphone telah memiliki aplikasi prakiraan cuaca bawaan dan secara otomatis akan membaca ramalan cuaca di lokasi kita berada. Jangan lupa aktifkan GPS yahhh.

Selain itu kita juga bisa mengakses situs BMKG untuk mengecek informasi lengkap terkait keadaan cuaca saat ini maupun prakiraan cuaca beberapa hari ke depan. Btw, BMKG juga udah punya aplikasi tersendiri loh.

Pencarian Google pun bisa kita gunakan untuk mencari informasi cuaca. Saat ini Google telah terhubung ke beberapa perangkat pendukung pada Smartphone, termasuk layanan GPS dan prakiraan cuaca. Jadi, Sahabat jangan sampai lupa untuk mengawali pagi dengan mengecek ramalan cuaca.

2. Sedia Payung atau Jas Hujan

Sedia Payung Sebelum Hujan, pepatah lama yang selalu kita dengar. Tanpa memahami betul makna dari pepatah tersebut, faktanya kita memang harus selalu sedia payung di musim penghujan seperti ini.

Setelah mengetahui ramalan cuaca via Smartphone, Sahabat jangan lupa untuk menyiapkan senjata untuk beraktvitas di luar rumah. Payung atau jas hujan harus selalu tersedia di dalam tas dan bagasi motor. Dengan begitu, aktivitas Sahabat hari ini tidak akan terhambat karena hujan.

3. Perbanyak Asupan Vitamin C

Aktvitas diluar maupun di dalam rumah tentu saja akan memakan banyak tenaga, terutama saat musim penghujan yang suhu udara akan menjadi dingin dan akan dengan mudah membawa virus flu. Untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat harus memperhatikan asupan Vitamin C yang dapat membantu memperkuat antibodi dan mengurangi gejala flu pada tubuh.

Sahabat bisa memulainya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan beberapa macam sayuran pada menu makanan hari ini. Tetap sehat di musim yang tak menentu seperti sekarang ini.

4. Segera Mandi setelah Terkena Hujan

Selain menjaga asupan gizi dan vitamin, Sahabat juga harus memperhatikan keadaan tubuh. Mandi air hangat sesaat setelah terkena hujan wajib untuk dilakukan. Hal ini merupakan tips untuk meningkatkan dan melindungi daya tahan tubuh dari bakteri atau kuman yang dibawa oleh musim hujan.

5. Makan dan Minum Air Hangat

Selalu hangatkan tubuh dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat. Sahabat bisa manfaat termos portable untuk selalu sedia minuman hangat dimanapun. Teh, coklat panas atau kopi merupakan pilihan terbaik dan kesukaan semua orang. Selain itu, semangkuk sup panas juga sangat baik untuk menjadi pengisi perut di saat lapar musim hujan.

Cara ini akan membantu Sahabat untuk terhindar dari penyakit umum musim hujan, yaitu masuk angin atau infeksi lainnya akibat kuman dan virus serta dapat menjaga perubahan suhu tubuh.

6. Jangan Terlalu Lengah saat Mager (Malas Gerak)

Musim hujan akan menjadi musim malas bagi hampir semua orang. Bahasa kerennya sekarang sih Mager alias Malas gerak. Pada momen ini, seseorang akan cenderung lebih banyak tinggal di dalam rumah dan menutup seluruh pintu serta jendela agar terasa lebih hangat. Meskipun terlihat berpengaruh pada suhu udara, namun keadaan seperti ini tidak baik bagi tubuh dan sirkulasi udara serta kebersihan dalam ruangan.

Untuk mengatasi sejumlah masalah yang timbul akibat Mager, Sahabat Damai jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dalam ruangan dan usahakan sirkulasi udara baik-baik saja. Dengan begitu keinginan untuk menghangatkan diri di dalam rumah dapat berjalan dengan lancar dan tetap menjaga kesehatan.

Nah, itulah sederet tips sederhana ala Duta Damai untuk pembaca sekalian dalam menghadapi musim penghujan. Ingat, jangan sampai perubahan cuaca mengubah semangat aktivitas Sahabat sekalian. Tetap produktiv, mari kita tumbuh bersama dan saling menguatkan.

A Sofyan NA

0