Mecca Nurhadi
11 May 2020 at 20:49


Dengan meningkatnya jumlah pasien yang terpapar virus Corona atau Covid-19, keadaan ini membuat pemerintah semakin bergegas untuk lebih waspada. Akhirnya beberapa dari pemimpin daerah di  negeri ini menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Untuk bertahan di tengah situasi pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang luar biasa. Adanya pembatasan sosial yang membuat masyarakat tak leluasa untuk bekerja, dan banyaknya pemutusan hubungan kerja atau PHK juga menjadikan keadaaan ekonomi dikalangan masyarakat genting. Bukan hanya itu saja, dikalangan pengusaha pun demikian. Banyak yang mengalami kerugian dan juga terpaksa harus memutuskan kontrak kerja dengan beberapa karyawannya.

Dengan keadaan seperti ini tentunya banyak dari kalangan masyarakat mulai resah. Semakin banyaknya pengangguran dan juga menurunnya penghasilan, sebagian dari mereka mulai berpikir keras untuk bisa tetap bertahan.

Nah, ini dia beberapa tips agar kita tetap bisa bertahan ditengah keadaan pandemi ini, diantaranya adalah ;  

1.      Menjaga Kesehatan

Dengan keadaaan ekonomi yang belum stabil, dan untuk sebagian orang yang berpenghasilan tidak menentu. Tentunya menjaga diri agar tetap sehat menjadi kunci utama agar bisa tetap bertahan ditengah pandemi ini. Dengan keadaan sehat juga tentunya kita masih bisa bekerja dan mencari penghasilan untuk tetap bertahan.

 

Tapi jika kita jatuh sakit, kita tidak bisa bekerja, dan pengeluaran pun bertambah karena biaya pengobatan kita. Hal ini akan membuat kita semakin sulit untuk bertahan, karena keadaan ekonomi yang tidak stabil.  

 

2.      Bekerja dengan Baik

Banyaknya pengangguran dan pemutusan pekerja oleh beberapa perusahaan, tentunya membuat kita harus benar-benar lebih serius lagi dalam bekerja agar bisa tetap dipertahakan oleh perusahaan. Karena perusahaan pun tidak mau merugi saat keadaan pandemi saat ini.

 

Maka dari itu selalulah bekerja dengan kinerja yang terbaik. Jangan sampai kita malas-malas dan tidak serius dalam bekerja. Karena perusahaan mungkin bisa saja memberhentikan beberpa karyawannya yang terlihat kurang produktif.     

 

3.      Mengatur Keuangan.

Pandemi Corona atau Covid-19  ini tidak bisa kita prediksi akan berakhir kapan. Dan tentunya pekerjaan serta penghasilanpun tidak bisa kita pastikan akan terus berjalan dengan baik. Maka dari itu dengan cara mengatur biaya pengeluaran akan menjadi salah satu cara kita bisa bertahan dikemudian hari.

 

Karena keadaan ekonomi yang belum stabil tidak dapat memastikan kalau kita bisa terus bertahan dengan keadaan sekarang. Berhemat dan menahan diri untuk tidak membeli sesatu yang memang tidak perlu mungkin bisa jadi salah satu cara kita mengatur keuangan yang ada. 

 

4.      Membangun usaha baru

Banyaknya pengangguran karena pemutusan kerja oleh perusahaan, serta tidak sedikit para pengusahan yang gulung tikar karena merugi ditengah keadaan pandemi. Tentu saja ini menimbulkan rasa khawatir dikalangan masyarakat, karena tingkat kejahatan mulai meningkat saat kebutuhan ekonomi tersendat.

 

Tapi berbeda untuk sebagian orang yang justru memanfaatkan keadaan ini dengn cara membuka usaha baru menyesuaikan dengan keadaan. Ada dari mereka yang mencoba usaha baru dengan menjual masker, penyemprot antiseptic dan lainya yang memang sedang diperlukan oleh banyak orang saat ini.

 

Mungkin langkah ini bisa kita coba untuk tetap bertahan ditengah pandemi virus corona ini. Karena peluangnya begitu besar dan usahanya pun cukup mudah untuk dilakukan. Bagaimana?

 

5.      Merubah strategi marketing

Pergeseran kebutuhan mulai dapat dirasakan oleh sebagian pengusaha, karena masa pandemi yang belum bisa dihentikan begitu saja. Sampai tidak sedkit dari mereka yang gulung tikar, dan bahkan ada yang mulai membanting stir untuk membuka usaha barunya menyesuaikan dengan peluang dengan situasi terkini.

 

Tapi hal itu tidak berlaku bagi sebagian pengusaha. Justru dengan keadaan seperti ini mereka melakukan perubahan pada strategi marketing dan pelayanan mereka. Dengan cara melakukan diskon besar-besaran bagi para pengusaha fashion, dan melayani pelayanan seperti pengiriman gratis ke tempat tujuan bagi para pengusaha kuliner. Tentunya ini tidak akan mengurangi minat konsumen dan justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan.

 

Nah, tunggu apalagi? Mungkin beberapa langkah ini bisa kamu coba untuk bisa terus bertahan ditengah pandemi corona atau covid-19 ini. Karena banyak sekali dari kalangan masyarakat yang mulai resah dan pasrah dengan keadaan ini. Bahkan dari mereka tetap beraktifitas seperti biasanya walaupun sudah ada larang dari pemerintah. Yuk kita mulai taati aturan dan mulai berdiam diri dirumah saja jika memang tidakada keperluan yang mengharuskan kita untuk keluar.#SaveYourself #StayAtHome #WorkFromHome

 

 

0