Novy Listiana
31 Dec 2020 at 18:27


OPINI – Kalau bicara terkait HAM, kebanyakan orang akan membayangkan pemerintahan, seakan-akan HAM itu hanyalah hubungan antara Pemerintah dan Warga Negaranya.

HAM sebenarnya melingkupi interaksi kita antar individu dalam kehidupan sehari-hari. Sadar atau tidak sobat damai, berikut yang termasuk ke dalam perbuatan melanggar HAM.

  1. Posesif terhadap orang terdekat

HAM melekat pada diri setiap manusia sejak dia dilahirkan salah satunya hak untuk hidup bebas. Selama yang dia lakukan tidak membahayakan atau merugikan, kalian jangan posesif yaa apalagi kalau orang tersebut orang terdekat kalian.

 

  1. Melarang orang lain untuk berpendapat

Pernah atau tidak, sobat damai melarang saudara sobat damai sendiri untuk berkomentar atau mengeluarkan pendapatnya terkait sobat damai? Hm.. jangan dibiasakan ya sobat damai. Biarkan mereka memberikan pendapat. Pendapat itu dapat membangun loh. Kalau sobat damai melarang mereka untuk berpendapat, malah bisa jadi mereka tidak respect terhadap sobat damai. Ini juga perbuatan yang dapat melanggar hak saudara sobat damai sendiri.

 

  1. Mengabaikan orang lain

Jeng jeng jeng! Sikap mengabaikan orang lain juga termasuk pelanggaran HAM, lho. Sebab setiap manusia juga berhak atas perlakuan menyenangkan dan mendapat kasih sayang.

 

  1. Diskriminasi

Perbuatan membeda-bedakan atau diskiriminasi ini juga termasuk pelanggaran HAM. Dampaknya, seseorang akan merasa diperlakukan tidak adil dan melukai kebebasan hidupnya loh sobat damai! (Nov)

0