Gusveri Handiko
25 Apr 2020 at 05:48


Pertama-tama izinkan penulis mengucapkan selamat datang bulan suci ramadhan 1441 H dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi sobat damai seluruh Indonesia maupun dunia. Semoga bulan suci ramadhan kali ini Allah S.W.T memberikan keberkahan pada kita semua dan mudah-mudahan hadiah yang akan kita terima ketika selesai melaksanakan inbadah puasa selama 30 hari nantinya adalah dihilangkannya Pandemi virus Covid-19.

Berbicara bulan suci Ramadhan seluruh umat Islam di dunia sepakat bahwa bulan suci Ramadhan adalah ajang bagi umat Islam untuk meningkatkan ketaatannya pada Allah S.W.T. Tidak hanya lewat ibadah yang dilaksanakan secara pribadi dengan sang pencipta namun juga ibadah yang mengharuskan umat islam untuk saling bahu membahu melaksanakannya.

Akan tetapi ibadah yang harus dilaksanakan secara masal atau diharuskan secara bersama-sama seperti shalat Tarwih berjamaah di mesjid atau mushalla harus di tahan untuk sementara waktu. Alasannya jelas, untuk menghambat mata rantai penyebaran Covid-19 di indonesia.

Memang pada Ramadhan kali ini umat Islam di seluruh dunia merasakan ada sesuatu yang kurang dan tidak mengenakkan namun apa itu menjadi alasan bagi umat Islam untuk tidak menikmati bulan puasa kali ini? Jawabannnya "Tidak".

Masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh umat Islam saat pandemi kali ini. Tentunya hal ini jika umat Islam menganggap Covid-19 adalah ujian dalam hidup namun jika umat islam mengganngap pandemi ini sebagai musibah bagi seluruh dunia bisa dipastikan jalan keluar tidak akan pernah ditemui oleh umat islam dalam pandemi corona yang mewabah di seluruh dunia.

Apa hal yang perlu di muhasabah oleh umat islam kali ini? Diantaranya adalah mensyukuri nikamat beribadah yang diberikan oleh Allah S.W.T selama ini. Jika dihari-hari biasa umat Islam dengan santainya untuk tidak melaksanakan ibadah jumat atau shalat berjamaah, kali ini Allah mencabut hal tersebut lewat tangan pemerintah dalam mengeluarkan aturan pelarangan melaksanakan ibadah di tempat ibadah.

Jika sebelum ada wabah umat Islam di Indonesia dengan santainya membelanjakan uang yang dimiliki untuk hal-hal yang bersifat lux atau mewah. Pada tahun ini umat islam harus berfikir ulang menggunakan uang yang dimilikinya karena takut jika pandemi makin meluas akan berakibat buruk pada keadaan ekonomi mereka.

Masih banyak lagi apa yang menurut penulis ingin ditampakkan oleh Allah S.W.T pada umat Islam di indonesia seperti pentingnya tata krama dalam batuk, tata krama dalam bergaul, tata krama dalam bertetangga, kepedulian pada sesama dan kepedulian pada orang yang kita cintai di kampung halaman dengan tidak mudik.

Satu hal yang penulis ingin garis bawahi adalah pada pandemi corona jenis baru ini sang pencipta ingin menunjukkan pada umat Islam di seluruh dunia agar selalu mengingat nama-Nya dengan selalu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Dimasa pandemi kepeludian sosial akan terus di uji seperti kami yang menunjukkan kepedulian sosial kami dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video demi menjaga Bhineka tunggal Ika di tanah Indonesia.

0