Hafizah Fikriah Waskan
06 Oct 2020 at 20:56


OPINI-Panda merupakan salah satu hewan yang dikenal dengan kelucuan dan tingkahnya yang menggemaskan. Warna bulunya yang kontras yakni hitam dan putih, serta badannya yang bulat membuat kita ingin memeluknya.

 

Eitts...

 

Tapi kalau VANDAlisme? Hmm....

 

Vandalisme mungkin terdengar mirip dengan panda, tapi tentu ini sangat jauh dari kelucuan yang dimiliki panda. Tapi vandalisme juga menggemaskan loh! Masa? Iyaa.. Membuat kita gemas untuk memarahinya.

 

Dari tadi ngomongin vandalisme, tapi tahukah kalian apa itu Vandalisme?

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya). Selain itu vandalisme juga diartikan sebagai perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.

 

Waduh!

 

Pernah lihat coretan-coretan di dinding jembatan atau rumah orang? Nah ini bisa jadi salah satu contoh dari vandalisme loh guys!

 

Gak cuma corat-coret, vandalisme juga dapat berbentuk perusakan terhadap barang-barang berharga milik orang lain. Kita pasti pernah melihat tawuran yang sampai merusak mobil dan motor orang-orang yang lewat di kawasan mereka tawuran.

 

Motif vandalisme juga bermacam-macam, mulai dari masalah pribadi sampai kepentingan politik.

 

Contohnya saja yang baru-baru ini terjadi di Banten, seorang pemuda berumur 18 tahun melakukan vandalisme di mushala. Dilansir dari Kompas.com, Kapolresta Tanggerang Kombes Ade Ary Syam Indari menyatakan bahwa kejadian ini didasari oleh perasaan tertekan yang dirasakan pelaku karena di larang keluar rumah oleh orangtuanya.

 

"Tersangka melakukan perbuatannya tersebut karena tertekan, dilarang keluar rumah oleh orangtua tersangka setiap hari, sehingga tersangka emosi dan melampiaskan kekesalan dengan cara perbuatan tersebut," kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indardi kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Jumat (2/10/2020).

 

Yuk sharing di kolom komentar, adakah vandalism yang terjadi di sekitar kalian?

(HFW/NOV)

0