Rifa Qutratunisa
23 Mar 2021 at 22:26


Tahun 2019 sudah berlalu, namun pandemi COVID-19 di tahun 2021 masih belum usai. Kiat-kiat protokol kesehatan terus dijalani, upaya proteksi diri dari virus COVID-19. Tak terkecuali masker. Alat proteksi virus ini cukup ampuh menangkal serangan virus dari area hidung dan mulut. Seperti yang dikatakan oleh Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, selama masa pandemi setiap orang wajib menggunakan masker. Terlebih lagi saat berada di ruang publik atau umum. Ada 3 jenis masker yang dapat digunakan sesuai kebutuhan yaitu masker kain, masker bedah dan masker N95. Tapi jauh sebelum COVID-19 menyerang rupanya ada serangan lain yang tak kalah kita harus waspadai. MASKNE atau masker acne, jerawat yang muncul akibat penggunaan masker. Pernahkah kamu mengalami maskne? Bagaimana caramu menghadapinya? Sebenarnya apa yang memicu timbulnya jerawat di wajah? Kebersihan masker atau kebersihan wajahmu sendiri?

Masker acne disingkat dengan maskne sudah menjadi keresahan masyarakat selama pandemi. Jerawat yang muncul di wajah, timbul seiring penggunaan masker yang terus menerus. Meski begitu, kita tidak bisa berhenti menggunakan masker untuk menghindari maskne. Yang perlu kita lakukan adalah mencegah timbulnya jerawat akibat penggunaan masker. Mari kita telisik bagaimana jerawat bisa muncul akibat dari penggunaan masker sehari-hari!

Ada beberapa hal yang memicu timbulnya jerawat dari penggunaan masker. Menurut ahli kulit Paru Chaudari, gesekan-gesekan antara wajah dengan permukaan masker memicu timbulnya jerawat. Sama seperti gesekan baju di badan yang akan menimbulkan jerawat di punggung. Kendati demikian, hal ini tidak terjadi pada setiap orang. Orang dengan tipe kulit yang sensitif dan berminyak menambah potensi timbulnya jerawat di wajah.

Saat menggunakan masker, udara yang telah dihirup akan terjebak. Ini membuat sirkulasi nafas tidak berjalan lancar. Selain meningkatkan kelembapan, kotoran yang tersaring ikut terjebak dan tidak bisa keluar. Tak heran bukan apabila jerawat muncul di area sekitar hidung serta mulut?

Setelah mengetahui penyebab-penyebab munculnya maskne, lantas seperti apa tindakan yang tepat untuk mencegahnya? Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan:

1.      Selektif memilih bahan masker

Pilih bahan masker sesuai kondisi tipe kulit wajah. Bahan masker kain tidak cocok digunakan untuk kulit wajah yang rentan berjerawat. Ini karena serat kain seperti poliester dapat menimbun keringat. Begitu juga dengan tipe kulit yang sensitif. Hindari masker bertekstur kasar pada permukaan bagian dalam. Agar meminimalisir gesekan, sebaiknya pilih kain masker bagian dalam yang lembut namun tetap tebal pada bagian luar untuk menangkal virus.

2.      Disiplin menggunakan masker

Jangan pernah menggunakan masker berulang-ulang kali. Selain karena faktor kebersihan, ada beberapa masker yang penggunaannya memang diperuntukkan satu kali pakai. Bila memiliki masker berbahan dasar kain, selalu ingat untuk mencucinya hingga bersih secara rutin.

3.      Jaga kebersihan wajah

Tidak hanya masker yang perlu dicuci, wajah kita pun perlu dicuci agar tetap terjaga kebersihannya. Lakukan sebelum dan selepas menggunakan masker. Namun, mencuci wajah tidak boleh melebihi anjuran kesehatan yakni dua kali dalam satu hari. Hal ini supaya minyak kulit di wajah tetap terkontrol baik. Selain itu perlu diketahui untuk wanita, penggunaan make up yang terlalu sering atau berlebih dapat memicu timbulnya jerawat. Karena bagian hidung dan mulut tertutup masker, make up dapat digunakan cukup pada area mata. Selain menghemat make up, kulit menjadi bersih dan sehat.

 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi maskne. Meski banyak keluhan, kita tetap harus menggunakan masker. Semua itu kita lakukan demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19! Yuk disiplin menjalankan protokol kesehatan lainnya.


Penulis             : Rifa Qutratunisa

Ilustrator         : Achmad Zaenudin


Referensi

Fadli, R. (2020, Mei 28). Cara Mencegah Jerawat saat Memakai Masker. Retrieved March 19, 2021, from www.halodoc.com: https://www.halodoc.com/artikel/cara-mencegah-jerawat-saat-memakai-masker

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021, Maret 19). Begini Aturan Pemakaian Masker Kain yang Benar. Retrieved from www.kemkes.go.id: https://www.kemkes.go.id/article/view/20060900002/begini-aturan-pemakaian-masker-kain-yang-benar.html

Shafa, F. (2020, Agustus 9). 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Karena Masker Wajah. Retrieved March 16, 2021, from www.popmama.com: https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/faela-shafa/penyebab-dan-cara-mengatasi-jerawat-karena-masker-wajah/5

World Health Organization 2020. (2020, April 6). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks. Retrieved from https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19.pdf?sfvrsn=8a209b04_2


0