A Sofyan N
03 Apr 2022 at 08:37


Masa pandemi belum berakhir, bertambahnya variant baru Omicron memperpanjang berbagai kebijakan pemerintah terkait proses pencegahan penyebaran virus. Salah satunya ialah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tetap menjaga jarak di khalayak ramai. Selain itu, berbagai aktivitas di ruang publik pun sepenuhnya kembali normal atau seperti sedia kala.

Keadaan yang belum membaik sepenuhnya dan juga suasana lingkungan buruk akan membawa perasaan tidak menyenangkan. Pada masa ini, berbagai suasana hati merundung hampir semua orang. Untuk itu, kita dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan jiwa maupun raga, termasuk kesehatan mental di masa pandemi ini.

Salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan ialah mendengarkan musik. Satu kebiasaan atau hobi yang disukai hampir semua orang. Mendengarkan musik dapat dilakukan saat bersantai maupun ketika bekerja, dengan kata lain musik akan dapat menjadi teman beraktivitas.

Secara mental, mendengarkan musik dapat memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat dari mendengarkan musik bagi kesehatan.

1. Menghadirkan kembali Kenangan yang Menyenangkan

Sebuah lagu dapat membawa kita kembali ke masa lalu, mendengarkan satu lagu yang makna atau musiknya sangat terhubung dengan kenangan lalu. Bisa juga, kita memiliki sebuah momen dengan salah satu lagu dan ketika mendengarkannya, kita akan terbawa pada suasana kenangan yang dulu.

Pada tahun 2019, dr. Kelly Jakubowski dari Durham University melakukan riset mengenai lagu atau musik dan menemukan fakta bahwa, lagu dapat membawa kembali ingatan seorang lansia ke masa lalu. Terutama pada lagu-lagu yang mereka dengarkan di rentan usia 10 hingga 30 tahun, lengkap dengan kenangan dari masa itu.

2. Menumbuhkan Perasaan Senang dan Bahagia

Ketika seseorang memilih untuk mendengarkan musik, tentu saja ia akan memutar lagu yang sangat disukai. Hal ini berkaitan dengan perasaan senang yang kita miliki pada lagu itu, secara sadar hati pun merespon dan memberikan suasana bahagia pada hati. Saat mendengarkan lagu tersebut pun, jiwa seakan dibawa menuju dunia kita, tempat yang membuat kita nyaman.

Faktanya, musik memang dapat menstimulasi bagian tertentu pada otak. Lalu, saat seseorang mendengarkan musik, elemen tak terduga akan muncul di diri dan tentu saja salah satunya ialah perasaan senang dan bahagia.

3. Membantu Mengekspresikan Perasaan Hati

Pada saat tertentu, entah itu senang ataupun sedih, ada kemungkinan kita akan mendengarkan satu genre atau judul musik tertentu tergantung emosi yang sedang kita rasakan. Mendengarkan lagu dapat membantu proses suasana hati dan mengekspresikan perasaan yang kita alami.

Misalnya saat sedih, lalu kita mendengarkan musik dengan nuansa lembut atau lagu yang memiliki makna sedih dan sangat berkaitan dengan perasaan hati. Diketahui, lagu sedih yang kita dengarkan dapat membantu mengatur suasana hati dan memberikan perasaan yang tenang, lega atau bahkan nyaman.

4. Membantu Mengurasi Stress

Musik telah terbukti sebagai media penolong bagi seseorang yang mengelami masalah serius dengan stress. Musik atau lagu dapat digunakan sebagai media meditasi, menenangkan pikiran dan membantu seseorang untuk merasa relaks. Seseorang yang mendengarkan musik disaat stress cenderung pulih lebih cepat dibanding orang yang tidak melakukan apa-apa. Hal ini berkaitan dengan sistem saraf otonom pada otak manusia yang merespon rasa stress pada manusia.

5. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Faktanya banyak sekali orang yang mengalami kesulitan tidur atau yang lebih kita kenal dengan Insomnia. Ini merupakan masalah serius masyarakat modern dan sangat mengganggu aktivitas seseorang.

Meski ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah ini, mendengarkan musik merupakan cara yang paling efektif dan sering digunakan. Musik klasik dengan alunan melodi yang menenangkan dapat menjadi obat tidur yang aman dan terjangkau untuk mengatasi Insomnia.

Nah, itu tadi beberapa manfaat musik bagi kesehatan kita, termasuk kesehatan mental. Sahabat Damai dapat mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun, entah itu ketika sedih ataupun senang, karena musik akan memberikan sejuta manfaatnya bagi kalian.

Selain mendengarkan musik, jangan lupakan juga berbagai aktivitas menyenangkan lainnya yang akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan mental Sahabat.

0