Asiska Jane Puspitasari
31 Dec 2020 at 19:15


OPINI  Kalau sebelumnya kita bahas terkait ciri-ciri diabetes, selanjutnya kita bakal bahas terkait langkah mengantisipasi agar terhindar dari diabetes nih, Sobat Damai! Hal ini penting, mengingat penderita diabetes di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. World Health Organization memperkirakan jumlah pasien diabetes di Indonesia khususnya tipe 2 akan meningkat signifikan hingga 16,7 juta pada tahun 2045.

Salah satu penyebabnya kurangnya kesadaran masyarakat bahwa diabetes bisa menyerang remaja bahkan anak – anak. Padahal diabetes ini sendiri merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Oleh sebab itu, perlunya mencegah diabetes sejak dini.

Nah, berikut Duta Damai kasih cara untuk mencegah diabetes yang bisa dilakukan sejak dini :

  1. Minum air putih yang cukup

Air putih merupakan minuman yang banyak manfaatnya salah satunya mencegah diabetes air putih tidak mengandung gula, pengawet, dan bahan kimia lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes dengan menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Selain itu dapat terhindar dari dehidrasi, mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, membantu tubuh.

  1. Melakukan Olahraga Rutin

Melakukan aktivitas seperti olahraga juga dapat mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan olahraga bisa meningkatkan sensivitas sel tubuh terhadap insulin. Jadi, ketika tubuh terus bergerak, tubuh hanya memerlukan sedikit hormon insulin agar menjaga gula darah tetap terkontrol. Olahraga yang dilakukan sangat beragam dan cenderung mudah dilakukan, sepeti latihan kekuatan, latihan aerobik, dan latihan interval intensitas tinggi.

  1. Mengurangi asupan gula

Ketika tubuh mengonsumsi berbahan gula, tubuh akan menghancurkannya menjadi molekul-molekul gula berukuran kecil yang masuk ke dalam aliran darah. Para ahli meyakini, minuman dan makanan bergula tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes melitus (diabetes tipe II), baik secara langsung maupun tak langsung.

  1. Mengurangi makanan yang manis

Banyak kaum muda yang tidak mengontrol makanannya terutama dengan makanan yang manis. Makan manis terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Jika berat badan terus naik akan terjadi obesitas yang akan mengganggu kerja metabolisme dan membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik yang berujung pada diabetes.

  1. Menjaga Pola Makan

Di zaman yang serba modern ini, makanan pun mengalami perubahan. Perubahan tersebut ialah banyaknya makanan instan dan beku yang beredar. Untuk mencegah diabetes dapat dengan mengatur dan menjaga pola makan dengan mengatur jadwal makan, memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral.

 

Nah, bagaimana Sobat Damai. Gampang, bukan? Mari sejak dini kita menjaga. Karena menjaga lebih baik daripada mengobati. Salam Sehat! (Ajp/Nov)

0