Khoirul Zaman Dongoran
29 Aug 2022 at 11:43


  Dibagian utara kota mekah berdirilah sebuah kota yang ada sebelum islam datang, dengan tanah yang subur dan memiliki bentangan alam bebatuan hitam gunung merapi yang mengelilingi kota yang dikenal dengan kota yatsrib. Saat ini kota yatsrib berubah nama seiring masuknya islam dengan nama kota Madina al-munawarah kota yang bercahaya.

    Dikota ini juga islam mengalami peradaban yang begitu pesat setelah Nabi Muhammad SAW hijrah dari mekah ke yastrib. orang yang pertama masuk islam adalah kelompok 70  orang salah satu dari mereka adalah Habib Bin Zaid yang masih belia. ayah habib bernama Zaid bin Ashim dan ibu habib bernama Ummu Umarah Nasibah Al-Maziniyah mereka bertiga pemeluk islam yang taat dan mereka melakukan syahadat di aqabah pada malam hari.

   Habib belia yang lucu dan menggemaskan tumbuh dilingkungan yang penuh dengan nilai-nilai keislaman dan keimanan, manakala peperangan yang diikuti Nabi Muhammad habib belum diikutkan dalam peperangan, satu ketika nabi Muhammad mendapat surat dari seorang yang mengaku Nabi utusan allah atau nabi untuk islam yang bernama Musailamah bin Habib Al-Hanafi adapun alasannya murtad dari ajaran nabi dengan motif kekuasaan untuk menguasai Negeri Arab yang tertulis dalam suratnya” Teriring salam untuk Anda. Adapun sesudah itu... Sesungguhnya aku telah diangkat menjadi sekutu Anda. Separuh bumi ini adalah untuk kami, dan separuh lagi untuk kaum Quraisy. Tetapi kaum Quraisy berbuat keterlaluan." yang diantarkan oleh dua orang utusan Musailamah.

   Habib tumbuh menjadi dewasa yang beriman setia kepada Nabi Muhammad dan Allah SWT pada satu saat Nabi memberikan tugas kepada habib untuk mengantarkan surat perdamaian kepada Musailamah yang semakin meresahkan islam dan habib sang pembawa pesan perdamaian terbunuh oleh musailamah. kabar kematian habib pun terdengar pada telinga Nabi Muhammad padahal ketika utusan Musailamah menghadap Nabi bertanya “Bagaimana pendapat kalian (mengenai pernyataan Musailamah ini)?" dan mereka menjawab "Kami sependapat dengan Musailamah!" jawab mereka. Rasulullah bersabda, "Demi Allah, seandainya tidak dilarang membunuh para utusan, sesungguhnya ku penggal leher kalian."

  Dari sabda Nabi Muhammad kita belajar bahwa utusan atau pembawa pesan perdamaian sejak dahulu dilindungi karena mereka hanya menjalankan tugas yang diperintahkan, dari biografi singkat habib kita belajar bahwa pembawa pesan perdamaian memiliki tantangan dan rintangan akan tetapi teman-teman duta damai bahwa kita sebagai pembawa pesan perdamaian juga dilindungi oleh sabda Nabi Muhammad.

Referensi:

1. https://www.republika.co.id/berita/ow7kto313/pembawa-pesan-rasulullah

2. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5593109/apa-nama-kota-madinah-sebelum-nabi-muhammad-saw-datang. 




1

Avatar
Arwin darwis
Wow... Keren tulisannya bang Daman...
4 months ago