Hafizah Fikriah Waskan
27 Apr 2020 at 14:20


Work from Home (WFH) – bisa jadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang belum terbiasa bekerja dari rumah. Nah, sebagai sensei yang sudah berpengalaman dalam bidang kerja dari rumah, nganggur (eh enggak kok, kerja beneran kok hehe tenang aja. Takut dimarahin netizen ngasih tips tapi sendirinya gak pernah ngelakuin).

Ok, jadi tips ini beneran perlu kalian coba! Ciyus, aku gak bohong. Kan Duta Damai, anti hoaks dong ya kan.

Tips ini cocok untuk kamu yang kerja dari rumah, ya judulnya aja WFH masa buat kamu yang gak kerja (*eh). Udah lah, lanjut ke tips aja, nanti tambah emosi netizen bacanya. Kan gak bagus buat kesehatan mental, sabar ya bulan puasa ini. Hehe


Tip number #1: START YOUR DAY WITH MORNING ROUTINE

Mulai hari kamu dengan kebiasaan yang kamu lakukan saat bekerja di kantor. Jangan habis bangun, langsung buka laptop. It’s a big NO.

Mandi dan dandan, pakai baju bagus dan rapi, semua itu bisa membuat kamu lebih produktif loh. Iya, kek kita memberitahu otak kita kalau kita dalam mode kerja. Mandi juga bikin badan segar dan lebih nyaman untuk beraktifitas.

Cara kita berpakaian bisa membantu kita menjalani hari dengan lebih ambisius loh, yang artinya kita bisa lebih produktif. Coba deh!


Tip number #2: FIND YOUR SPACE

                Ada yang punya anak?

                Ada yang punya anak kucing? Atau mamanya deh sekalian? Atau binatang peliharaan lainnya di rumah? Pasti banyak kan yang punya.

                Nah, kadang mereka suka banget gangguin kita. Bikin kita terdistraksi dan bawaannya pengen main sama mereka, eh kerjaan malah ditinggalin. Jadi kita perlu mencari tempat yang aman dari gangguan makhluk halus tersebut (iya kan mereka kecil di banding kita, jan marah woy!). Intinya cari tempat yang nyaman buat kalian bekerja!


Tip number #3: TIME BLOCKS (LIST OF PRIORITY)

                Buat daftar apa yang mau dikerjakan di hari itu. Kadang ketika WFH, kita gak sadar sama waktu karena kita gak perlu pindah tempat dari rumah ke kantor.

                Paling gampang sih, bikin note kecil gitu. Tempet di dinding depan meja kerja kalian. Bisa juga, set alarm di hp. Terutama jam masuk dan pulang kerja, karena kesadaran ini perlu dibangun loh biar kita gak sembarangan kerjanya.

                Misal, hari ini harus menyelesaikan laporan A, B, dan C. Mungkin gak semua selesai, but you are closer to that stage. Kalian lebih dekat dengan tujuannya, dengan bikin list mana yang harus dikerjakan duluan.

                Bikin juga jadwal istirahat, dan manfaatkan untuk istirahat. Just like in office.


Tip number #4: MOVE YOUR BODY

                Gerak!!! Kerja di depan laptop seharian bisa bikin saraf tegang loh. Masalah kesehatan mulai bermunculan jika kamu kelamaan kerja gitu-gitu aja.

                Do something that move your body! Misal, setiap 2 jam sekali, bangkit dari kursi (bukan dari kubur ya) dan jalan keliling rumah. Jangan ke dapur, soalnya kalau puasa bisa-bisa digodain setan yang sudah ada di dalam diri kita wkwk

                Jalan keluar rumah, menghirup udara segar juga membantu banget. Tingkat stress berkurang. Ingat banget tuh ada seorang psikolog yang bilang, “every sport that make you sweat, somehow can help you to heal your depression.”

Ya mungkin kita gak sampai depressed ya, tapi stress itu juga harus diatasi. Olahraga dulu 15 menit, biar lebih segar dan happy.


Tip number #5: HAVE A GOOD SLEEP

                Satu lagi yang gak boleh ketinggalan nih, tidur yang cukup dan nyenyak harus jadi prioritas setelah melakukan pekerjaan melelahkan. Karena kualitas tidur juga mempengaruhi produktifas loh!

                Ya, kalau malamnya begadang, pagi kerja ya ngantuk. Capek duluan, eh ujung-ujungnya produktifitas menurun. Bener gak??

                Jangan sampai kalian mengorbankan waktu tidur untuk kesenangan yang akan membuat kalian sengsara ya. Haha


Tip number #6: GIVE YOURSELF A REWARD

                Last but not least.

                Berikan hadiah untuk diri kalian. Entah itu, waktu main game, sosial media atau bikin dalgona coffee ala anak tiktok viral.

                Lakukan hobi yang kalian suka. Masak misalnya, ya siapa tau habis selesai pandemi kalian bisa buka rumah makan sendiri. Yekan, gak perlu takut dipecat lagi. Kan bosnya. Hehe

 

Itu tadi 6 Tips untuk kalian yang menjalani kerja dari rumah. Kalau kalian ada tips lain, kuy lah dishare, jangan pelit!!


Penulis: Hafizah Fikriah Waskan

1

Avatar
Resta Pranata
Coba dulu ya kak, thank you tipsnya. Betewe kakaknya ganteng deh.
1 month ago