NGOPI PAY
15 Feb 2023 at 10:00


Kategori Organisasi

Regional Duta Damai Lampung

Tanggal 2023-01-05 - 2023-01-05

Lokasi Kota Metro Lampung

NGOPI PAY (Ngobrol Pintar Perdamaian Yuk)


adalah program bincang-bincang atau obrolan santai penuh makna, membahas budaya, pemuda dan isu radikalisme.


Podcast Ngopi Pay kali ini bincang-bincang tentang kepemudaan dengan pendekatan ilmu tasawuf. 

Bersama Gus Jakfar Shodiq Ketua Pengurus Wilayah Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An-nahdliyyah Provinsi Lampung. 

 

Membahas tentang semangat pemuda yang produktif, dan antisipasi jangan sampai ghirah atau semangatnya dimanfaatkan kaum radikal. Maka para pemuda seharusnya memegang 5 asas, atau dalam bahasa arabnya adalah Asasul Khomsah, yakni;


1. Tafaqquh fi al-din

Adalah semangat belajar, pengasahan kemampuan dan ketajaman intelektual dalam upaya meningkatkan kualitas sumbar daya manusia seutuhnya ilmu pengetahuan, tanpa adanya pemisahan antara ilmu agama dengan ilmu umum.

2. Iltizamut thoat

Adalah semangat yang didasarkan ketaatan kepada;

a.  Allah SWT sebagai Tuhan pencipta, pembimbing dan pendidik manusia.

b.  Baginda Rasul Muhammad Saw, selaku pembawa risalah kebenaran dan panutan umat manusia.

c.  Ulil amri, yaitu ulama dan umara.

3. Tashfiyat al-qulub wa Tazkiyat al-nafsi

Adalah semangat yang didasarkan upaya pembersihan hati dan pensucian diri, baik lahiriyah maupun batiniyah dari segala bentuk sifat dan perbuatan yang tidak baik.

4.Hifdz al-aurad wa al-adzkar

Adalah semangat yang di dasarkan atas upaya menjaga keseluruhan waktunya diniatkan untuk beribadah kepada Allah Swt dengan mendatangkan kemanfaatan, kebaikan dan pahala dari Allah Swt, baik untuk diri sendiri, orang lain maupun masyarakat luas (bangsa dan Negara)

5. khidmah lil-ummah

Adalah semangat untuk memberikan darma bhakti kepada ummat manusia, kepada bangsa dan negara sebagai wujud pengabdian kepada Allah Swt secara menyeluruh.

Luar biasa! Sobat damai bisa menyaksikan Video NGOPI PAY di Chanel Youtube Duta Damai Lampung pada link https://youtu.be/e_x7CEvARSM