Vitra Yuqadhirza
06 Jan 2023 at 19:28


PENTINGNYA POSYANDU SEBAGAI PUSAT INFORMASI KESEHATAN MASYARAKAT

Apakah sikecil pernah ditimbang berat badannya di posyandu balita? Fasilitas ini umumnya tersedia disetiap desa, kelurahan, atau Rw, dan berada dalam wilayah kerja suatu puskesmas. Posyandu adalah salah satu bentuk fasilitas Kesehatan yang diutamakan untuk ibu dan anak khususnya balita. Posyandu menjadi perpanjang tangan dari puskesmas untuk memberikan pelayanan dan pemantauan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan yang dilaksanakan dapat berupa imunisasi, Pendidikan gizi, serta pelayanan Kesehatan ibu dan anak. Penyelenggaraannya dikelola diri, dan untuk masyarakat dengan dibantu petugas kesehatan.

Dasar pelaksanaan posyandu adalah surat keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI, dan Kepala BKKBN, yaitu SK Menteri Dalam Negeri No. 23 Tahun 1985, SK Menteri Kesehatan No. 21/ Men. Kes/Inst.B/IV/1985, dan SK Kepala BKKBN No. 112/HK-011/A/1985 tentang penyelanggaraan posyandu terutama untuk melayani balita dan orang lanjut usia.

Tujuan penyelenggaran posyandu sangat banyak, diantaranya adalah: Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (Ibu Hamil, Melahirkan dan Nifas), Membudayakan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera), Meningkatkan peran serta dan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

Posyandu juga berfungsi sebagai wahana Gerakan reproduksi keluarga sejahtera. Gerakan ketahanan keluarga dan Gerakan ekonomi keluarga sejahtera serta menghimpun potensi masyarakat untuk berperan serta secara aktif meningkatkan Kesehatan dan kesejahteraan ibu, bayi balita dan keluarga serta mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita. Pelayanan posyandu balita bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya sehingga tidak membebani masyarakat. Namun, tidak seperti puskesmas yang memberi pelayanan setiap hari senin-jum’at, Posyandu melayani setidaknya satu kali dalam sebulan. Jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan, memantau pertumbuhan anak, imunisasi dan makan sehat (contoh: bubur, telur, susu dls)

Di gampong Meutia, 6 Desember 2022 merupakan jadwal adanya kegiatan bulanan posyandu bayi dan balita. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00. kegiatan dimulai dengan menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan untuk mengetahui proses perkembangan bayi atau balita, selanjutnya dilakukan kegiatan imunisasi sesuai umur bayi atau balita tersebut. Dan ditutup dengan pembagian makan sehat dan sosialisasi untuk ibu-ibu bayi atau balita.

Oleh karna itu, posyandu sangat penting dan harus diikuti rangkaiannya untuk mengetahui tumbuh kembang anak.   Karena posyandu menjadi pusat informasi dengan dukungan sistem informasi yang handal. Sistem informasi posyandu adalah rangkaian kegiatan untuk menghasilkan data dan informasi tentang pelayanan terhadap proses tumbuh kembang anak dan pelayanan kesehatan dasar ibu dan anak yang meliputi cukupan program, pencapaian program, kontinuitas penimbangan, hasil penimbangan data partisipasi masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan secara tepat guna dan tepat waktu bagi pengelola posyandu.


Ditulis Oleh

NAMA                       : RAIHANNIL JANNAH

NIM                            : 1012019029

SEM/UNIT                : VII/1

PRODI                       : PAI

FALKULTAS             : FTIK 

0