Vitra Yuqadhirza
06 Jan 2023 at 15:13


TPQ DARUL TAQWA SEBAGAI SARANA MENUNTUT ILMU AGAMA ANAK-ANAK DI GAMPOENG ALUE LHOK

Kota Banda Aceh adalah ibukota Provinsi NAD. Dahulu kota ini bernama Kutaraja, kemudian sejak 28 Desember 1962 namanya diganti menjadi Banda Aceh. Secara geografis Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) terletak pada 20 – 60 LU dan 950 – 980 BT. Berbatasan (laut) dengan India, Myanmar, Thailand, dan Malaysia. Di sebelah Timur, Provinsi NAD berbatasan dengan laut dan darat dengan Provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Aceh memiliki 18 kabupaten dan 5 kota, salah satunya adalah Kabupaten Aceh Tamiang. Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten di provinsi AcehIndonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur dan terletak di perbatasan Aceh-Sumatra Utara.

Kabupaten ini berada di jalur timur Sumatra yang strategis dan hanya berjarak lebih kurang 250 km dari Kota Medan sehingga akses serta harga barang di kawasan ini relatif lebih murah daripada daerah Aceh lainnya. Di samping itu, kawasan ini relatif lebih aman semasa GAM berjaya dahulu. Ketika seruan mogok oleh GAM diberlakukan di seluruh Aceh, hanya kawasan ini khususnya Kota Kuala Simpang yang aktivitas ekonominya tetap berjalan.

Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah satuan pendidikan keagaman islam non formal yang menyelanggarakan pendidikan agama islam sebagai pelengkap siswa sekolah dasar dan menengah/sederajat. Salah satu Taman Pendidikan Qur’an di Kabupaten Aceh Tamiang adalah TPQ Darul Taqwa yang berada di Gampong Alue Lhok, Kecamatan Karang Baru.

Umi ika selaku pengurus TPQ Darul Taqwa mengatakan bahwa antusias anak-anak Gampong Alue Lhok sangat luar biasa untuk belajar agama, berkat dukungan masyarakat Gampong Alue Lhok dan juga pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sehingga para pengurus TPQ Darul Taqwa semangat untuk mengajarkan ilmu yang mereka miliki kepada anak-anak yang menempuh pendidikan di TPQ Darul Taqwa.

Para pengurus TPQ Darul Taqwa berharap semoga TPQ ini maju terus, sehingga bisa melahirkan anak-anak yang sholeh dan sholehah dan semoga mereka semua menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa, bangsa serta agama. Dan semoga anak-anak yang menempuh pendidikan di TPQ Darul Taqwa sekarang semoga kelak bisa menjadi pengurus TPQ Darul Taqwa dimasa yang akan datang.

Ditulis Oleh : Arfi Khairunnisa, Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Prodi Manajemen Keuangan Syariah.

Peserta KPM - KS 2023

0