Vitra Yuqadhirza
06 Jan 2023 at 14:47


ASIN SIH, TAPI BANYAK MANFAATNYA LOH

Tahukah kamu makanan asin yang mudah untuk dibuat dan banyak sekali manfaatnya? Jawabannya adalah telur asin. Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, mengapa demikian? sebenarnya telur asin bisa juga menggunakan telur ayam sebagai bahan utama, akan tetapi hampir semuanya menggunakan telur bebek atau telur itik. Telur bebek atau telur itik memiliki kualitas cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam sehingga lebih mudah untuk pengawetan, permukaan kulit telur mulus dan bersih dari kotoran, serta tidak tercium bau busuk pada telur dan warna cangkang telur tidak mengalami penyimpangan.  Selain itu, tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan gurih dari pada telur ayam.

Dalam kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan yang lebih tinggi terutama kandungan protein. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam   sehingga memiliki kepuasan yang lebih saat menyantapnya.   Pemilihan telur yang baik merupakan langkah awal dalam memproduksi telur asin yang berkualitas. Penambahan garam bertujuan untuk menyerap air bebas pada telur, sehingga kadar air akan mengalami penurunan dan aktivitas air / water activity (Aw) akan mengalami penurunan dan menghambat terjadinya kontaminasi oleh mikroba atau bakteri perusak. Penggunaan dari serbuk bata merah atau abu gosok memiliki tujuan sebagai media pembaluran agar garam dapat cepat meresap melalui pori-pori telur.   Sama halnya ketika kamu hendak memasak suatu makanan, dalam proses pengolahan telur asin ini pasti membutuhkan bahan khusus dan alat tetapi tetap mudah ditemukan di sekitar lingkunganmu. berikut adalah tata cara pengolahannya: 


Pengolahan Telur Asin Menggunakan Abu Gosok 

Bahan Pembuatan Telur Asin 

·         50 butir telur itik (jumlah opsional)

·         1 kg garam krosok atau garam gandu

·         2 kg abu gosok 

Alat dalam Pembuatan Telur Asin

·         Kompor

·         Baskom

·         Panci

·         Ulekan

·         Ember

·         Sendok  

Cara Membuat Telur Asin 

1.    Siapkan semua bahan dan alat yang hendak digunakan.

2.    Cuci telur bebek hingga bersih dengan amplas atau kawat pencuci piring secara hati-hati supaya telur tidak pecah.

3.    Siapkan garam krosok atau garam gandu kemudian tumbuk hingga halus. Lalu, campur dengan abu gosok.

4.    Pada campuran abu gosok dengan garam krosok tadi, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kental. Kemudian, balut telur dengan adonan tersebut kurang lebih setebal 3 cm.

5.    Taruh balutan telur dengan adonan campuran abu gosok beserta garam krosok tadi di wadah baskom. Diamkan selama kurang lebih 15 hari. Setelah waktu berlalu, segera bongkar adonan   balutan telur tadi dengan menuangkan sedikit air supaya adonan menjadi sedikit basah dan kering. Hal ini juga dapat menjadikan telur lebih aman dan tidak rusak.

6.    Cuci kembali telur asin yang telah lepas dari balutan adonan abu gosok dan garam krosok tadi hingga bersih.

7.    Kemudian masukkan telur ke rebusan air. Untuk mencegah adanya retakan atau pecahan pada telur, sebaiknya masukkan telur ke dalam panci yang telah diisi air sebelumnya. Panaskan air kurang lebih sekitar 30 menit dan telur siap direbus.

8.    Rebus telur selama 1 jam hingga matang. 

Telur asin sendiri tidak hanya memiliki rasa yang cukup unik, tetapi turut memberikan dampak yang baik pada asupan nutrisi bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi telur asin bagi tubuh:  


Manfaat Mengkonsumsi Telur Asin Bagi Kesehatan

1.      Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh 

Telur asin yang dibuat dari telur bebek ternyata mengandung banyak zat penting bagi tubuh, sebut saja protein, lemak, dan karbohidrat. Bahkan sebutir telur asin itu mengandung 0 gram protein berkualitas yang mana dapat berguna bagi tubuh terutama untuk menunjang kekebalan sistem imun dan menjaga kulit supaya tetap sehat.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memakan sebutir telur bebek yang diolah dalam bentuk telur asin ternyata mampu memenuhi 15% protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

2.      Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Perlu diketahui bahwa telur bebek dapat dikategorikan dalam salah satu makanan bergizi karena memiliki kandungan selenium dan zat besi. Selenium ini adalah zat yang mampu menunjang fungsi kekebalan tubuh supaya tetap sehat dan membantu memproduksi hormon tiroid. Sementara itu, keberadaan zat besi juga sangat penting bagi tubuh karena membantu sel darah merah supaya dapat mengalirkan oksigen sekaligus untuk memproduksi energi. Zat besi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala anemia atau kekurangan darah.

3.      Menjaga Kesehatan Tulang 

Telur bebek ternyata juga mengandung sejumlah zat penting yang berguna untuk kesehatan tulang, misalnya fosfor dan kalsium. Fosfor dan kalsium berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang, terutama untuk mencegah osteoporosis dan pertumbuhan tulang bagi anak-anak.

4.      Mengandung Berbagai Vitamin Baik 

Vitamin baik yang dimaksud adalah Vitamin A, B12, vitamin B kompleks, Vitamin D dan E.  Vitamin A sangat baik untuk membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh sekaligus dapat menjaga kesehatan mata. Sementara vitamin B12 dapat bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah.  Vitamin E adalah zat yang sangat berguna untuk kesehatan kulit, sehingga kulit dapat menjadi lebih cerah dan halus. Tidak hanya itu saja, keberadaan vitamin E dalam telur asin juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai gangguan kulit, misalnya ruam, infeksi, iritasi, jamur, eksim dan penyakit kulit lainnya.

Inilah beberapa manfaat yang didapat tubuh jika mengkonsumsi telur asin, namun yang harus diingat tetap mengkonsumsi makanan ini sesuai prosedur dan rekomendasi yang sesuai.


Ditulis Oleh Muhammad Fariz Adhifa
Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

0