Vitra Yuqadhirza
06 Jan 2023 at 14:32


PROGRAM IMUNNISASI PADA ANAK DI DESA ASAM PEUTEK


Menjaga kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan terutama untuk tubuh sehat dan lebih produktif. Desa Asam Peutek menjadi tempat terlaksananya program kegiatan posyandu balita yang diadakan puskesmas setempat bersama mahasiswa KPM. Sejak pagi, para balita dan ibu-ibu yang mengantar anaknya sudah mulai berdatangan satu-persatu. Pihak penyelenggara telah menghimbau para orang tua dan balita untuk tetap menaati protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ketika para orang tua balita tidak memakai masker, penyelenggara dan para mahasiswa memberikan masker gratis kepada mereka.

Imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kekebalan secara aktif terhadap suatu penyakit tidak hanya melindungi seseorang tetapi juga masyarakat, dan komunitas atau yang disebut dengan herd immunity. Imunisasi suatu proses yang membuat seseorang imun atau kebal terhadap suatu penyakit melalui pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi supaya kebal terhadap penyakit tertentu. Manfaat imunisasi bagi bayi dan anak jauh lebih besar dibandingkan risiko efek sampingnya.

Bayi dan balita yang datang bermacam-macam usianya, mulai dari usia 1 bulan hingga anak-anak yang sudah bersekolah PAUD sekitar usia 3 tahun. Kegiatan berlangsung dengan baik, para peserta diarahkan untuk melakukan pengukuran tinggi badan. Lalu mereka mengikuti proses imunisasi dan pemberian vitamin A. Vitamin A merupakan zat gizi yang sangat diperlukan oleh anak karena zat gizi ini sangat penting untuk pertumbuhan sel dan meningkatkan imunologis pada anak. Berbagai manfaat lainnya yakni meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit seperti diare dan campak, bahkan mencegah kelainan pada sel-sel dalam tubuh.

Program imunisasi ini diadadakan oleh pemerintah melalui posyandu desa Asam Peutek yang berguna sebagai pencegahan berbagai penyakit terhadap anak serta pemberian vitamin bagi anak dan balita. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan anak bangsa. Sebab dapat dikatakan keadaan ekonomi didaerah tersebut terbilang berasal dari kelurga kurang mampu yang mana kebanyakan masyarakat berprofesi sebagai petani sehingga diharapkan dengan adanya program imunisasi gratis akan meningkatkan daya tahan tubuh anak serta mencegah berbagai penyakit terhadap anak. Imunisasi ini digelar untuk meningkatkan kualitas hidup anak dan menurunkan angka cacat pada anak. Mahasiswa KPM berharap, “Semoga kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan terumatama kesehatan bayi dan balita”.

Kegiatan imunisasi berlangsung dengan baik diakhiri dengan penutupan dari salah satu anggota posyandu yang memberikan edukasi terkait pentingnya imunisasi bagi bayi dan balita serta pemberian bingkisan berupa biskuit bagi bayi dan balita. Selanjutnya pemberian tips mengenai anak aapabila sakit pada kondisi malam hari. Tentu hal ini sangat penting disimak oleh para ibu-ibu karena dapat dijadikan pegangan demi keselamatan bayi dan balita.

Menurut ibu Asih selaku salah satu penduduk desa Asam Peutek beliau sangat bersyukur adanya program pemerintah yakni posyandu karena dengan adanya program tersebut menjadikan para bayi dan balita didesa diperhatikan mulai dari fisik sampai dengan kesehatan bayi dan balita. “saya merasa bersyukur dengan adanya program imunisasi ini, dengan adanya program ini anak saya mendapatkan perhatian terkait pertumbuhan dia, Juga momen imunisasi ini juga kami sebagai ibu-ibu bisa bertanya secara langsung kepada ahlinya apabila sebelumnya ada yang terlihat aneh mengenai tumbuh kembang anak saya” ujar ibu Asih. 


Nama                : Sawaluddin

Nim                  : 4022019095

Prodi/semester : Ekonomi Syariah/7 

0