Vitra Yuqadhirza
05 Jan 2023 at 22:40


MENINGKATKAN KESADARAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN DESA TANOH ANOU KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR

Assalamualaikum,Wr.Wb. 

Saya Maisal Ridhayanti, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

Aceh Timur adalah sebuah kabupaten yang berada di sisi timur provinsi Aceh,Indonesia. Kabupaten ini juga termasuk kabupaten kaya minyak selain Aceh Utara dan Aceh Tamiang. Kawasan ini juga termasuk markas Gerakan Aceh Merdeka sebelum diberlakukannya Darurat Militer sejak Mei 2003. Sebelum penerapa Darurat Militer ini, kawasan Aceh Timur termasuk kawasan hitam, terutama di kawasan Peureulak dan sekitarnya.


Kabupaten Aceh Timur memiliki luas wilayah sebesar 6.040,60 KmĀ², secara administratif Kabupaten Aceh Timur terdiri dari 24 kecamatan, 54 mukim, 513 desa, 1 kelurahan dan 1.596 dusun. Nama-nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur adalah Kecamatan Simpang Ulim, Kecamatan Julok, Kecamatan Nurussalam, Kecamatan Darul Aman, Kecamatan Idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak, Kecamatan Rantau Selamat, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Serba Jadi, Kecamatan Rantau Peureulak, Kecamatan Pante Bidari, Kecamatan Madat, Kecamatan Indra Makmur, Kecamatan Idi Tunong, Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Peudawa, Kecamatan Peurelak Timur, Kecamatan Peureulak Barat, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpang Jernih, Kecamatan Darul Ihsan, Kecamatan Peunaron, Kecamatan Idi Timur, dan Kecamatan Darul Falah.

Pembangunan salah satunya seperti yang dilakukan di Desa Tanoh Anou, Kecamatan Idi Rayeuk. Salah satu Meunasah yang berada di lorong HTM yusuf, yang sebelumnya kondisinya rusak parah dan akan di bangun bangunan terbaru di dekat wilayah sebelumnya, Pembangunan Meunasah ini cukup penting mengingat akan Meunasah ini merupakan tempat masyarakat untuk menunaikan ibadah.

Seiring usia fisik bangunan yang telah bertahun-tahun lamanya, bangunan- bangunan tersebut memerlukan perbaikan atau bangunan terbaru agar dapat digunakan sebagaimana mestinya dengan amann dalam setiap pembangunan peribadatan oleh masyarakat Desa Tanou Anou. Salah satu bangunan Meunasah yang ada di Desa Tanou Anou tepatnya di lorong HTM yusuf sedang berlangsungnya perbaikan secara bertahap gotong royong dan sumbangan para masyarakat setempat dengan bertahap dan bergilir menyesuaikan kondisi bangunan.

Jalan yang berada di Desa Tanoh anoh dusun HTM  Yusuf yang sebelumnya kondisinya rusak parah, dibangun dengan memanfaatkan dana desa (DD). Pembangunan ruas jalan ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses perekonomian dan pertanian warga sekitar. Desa Tanoh anoe juga bukan hanya sedang membuat pembangunan meunasah saja tapi juga sedang memberbaiki jalan. Pembangunan jalan tersebut terang saja disambut gembira warga Tanoh anou, dengan adanya pembangunan jalan ini, warga tak perlu memutar sehingga jarak tempuh semakin dekat dan tidak butuh waktu lama untuk mengakses warga dari dusun istirahat ke dusun HTM Yusuf dan juga mempermudah warga yang mempunyai sawah atau kebun yang berada di antara kedua dusun tersebut. Pihak warga berharap dengan dibangunnya jalan ini, akses perekonomian masyarakat desa semakin mudah dan bisa membawa kemajuan perekonomian desa.

Ditulis Oleh :
- Maisal Ridhayanti Mahasiswa IAIN Langsa


0