Vitra Yuqadhirza
05 Jan 2023 at 22:30


Semangat ibu-ibu dalam mendalami  ilmu al-quran

Al-Quran merupakan pedoman dan tuntunan hidup umat islam, baik sebagai individual  maupun sebagai umat. Sebagai pedoman dan tuntutan hidup, al-Qur’an diturunkan  Allah bukan hanya untuk sekedar dibaca secara tekstual, tetapi al-Qur’an untuk dipahami, dihayati serta diamalkan dalam sosial kehidupan bermasyarakat.

Adapun fungsi Al-Quran dalam kehidupan  adalah sebagai berikut:

1.       Sebagai petunjuk (Al-Huda)

Al-Qur’an menjadi petunjuk bagi manusia secara umum,petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

2.       Sebagai pemisah (Al-Furqon)

Al-Qur’an memisahkan antara yang hak dan yang batil,atau antara yang benar dan yang salah.

3.       Sebagai Obat (Al-Asyifa)

Al-Quran menjadi obat penawar  jiwa  yang gelisah, pikiran yang  tak  menentu, dan jasmani yang kurang sehat.

4.       Sebagai Pengajaran (Al-Mau’izhah)

Al-Qur’an memberikan pengajaran tentang apa yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan oleh manusia, dan kemudian ia memberikan peringatan ketika manusia tidak mau mengindahkan ajaran-ajaran  Al-Qur’an.

 

Usia tidak memandang kita dalam mempelajari ilmu agama terutama dalam belajar membaca alquran. Di desa paya bujok seulemak adanya kegiatan pembelajaran alquran yang diadakan di suatu balai pembelajan agama,kegiatan ini dilakukan hampir setiap hari kecuali sabtu dan minggu.dan dipimpin sendiri oleh salah satu warga di paya bujok seulemak. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu maupun remaja-remaja dan tidak ada batasan usia, pengajian ini tidak menjadi patokan khusus warga paya bujok seulemak saja, siapa saja bisa menghadiri nya.

Acara pegajian ini biasanya diikuti kurang lebih 15 orang setiap harinya bahkan lebih . adapun pengajian ini dimulai dari membaca  doa sebelum membaca  al-Quran, dilengkapi dengan fotokopian  ilmu-ilmu tajwid beserta doa-doa ,zikir dan juga sholawat atas nabi.

Kegiatan ini tentunya sangat membantu masyarakat sekitar dalam  mendalami alquran, bahkan  secara  langsung , pengajian ini sangat mendukung  salah satu program dalam meningkatkan  nilai kereligiusan.  Kita berharap kepada seluruh masyarakat paya bujok seulemak, mudah-mudahan melalui pengajian ini dapat bermanfaat untuk menata hati dan menambah pemahaman serta wawasan  khususnya nilai-nilai keagamaan.

Ditulis Oleh

Agustina IAIN Langsa

 

0