Vitra Yuqadhirza
05 Jan 2023 at 07:25


      KUE LEGEND KHAS ACEH

      Saat masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, kue ini sering disajikan kepada tamu istimewa yang berkunjung. Selain itu, kue bhoi menjadi tolak ukur kasta keluarga seorang wanita saat akan melangsungkan pernikahan.Kue bhoi dicetak besar dan dihidangkan kepada calon mempelai pria, sebagai sebuah syarat adat  yang harus dipenuhi. Bhoi adalah sejenis kue bolu, berbahan tepung beras, telur bebek dan gula pasir. Seiring perkembangan zaman, bahan pembuat bhoi kini mulai disesuaikan dengan kesukaan masyarakat, yakni tepung beras digantikan dengan tepung terigu, dan telur bebek, digantikan dengan telur ayam.

     Kultur India dan China diakui turut mempengaruhi masyarakat pada proses penggunaan cetakan dan pembuatan motif penganan yang satu ini. Dari segi rasa tidak berbeda, hanya saja kalau bhoi berbahan tepung beras, teksturnya sedikit lebih kasar dan berderai dimulut ketika dikonsumsi. Tapi bhoi berbahan tepung beras akan tahan lama dan awet. Sedangkan kue berbahan tepung terigu, teksturnya lebih lembut dan lebih disukai.Tapi, seiring perkembangan zaman, kue dengan rasa manis ini sudah lebih mudah dijumpai di pasar, terutama disentra-sentra penjualan kue kering khas Aceh.

     Selain dijual sebagai oleh-oleh, kue bhoi juga sering dibeli masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari. Kue bhoi dijadikan bagian seserahan dari pengantin pria untuk pengantin wanita pada acara pernikahan. Disamping itu bhoi banyak jadi buah tangan saat berkunjung ke rumah saudara atau hajatan seperti khitan dan kelahiran, atau hidangan saat hari raya lebaran. Dengan adanya kue legend ini sangat membantu umkm masyarakat dan juga membantu melestarikan makanan yang sudah ada sejak zaman dahulu agar tidak terkubur dengan seiring perubahan zaman.

      Jika ingin membelinya saat berada di Aceh, kue bhoi bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Kue ini bisa juga diperoleh di toko khusus yang menjual souvenir Aceh. Tak hanya itu, ada juga gerai yang khusus menjual kudapan ini. Seperti halnya di Lampisang. Kedai-kedai yang berjejer di sepanjang jalan mengarah ke kawasan wisata Lampuuk, Aceh Besar, tersebut menjual beragam penganan tradisional Aceh, termasuk bhoi. Selain itu, gerai yang khusus menjual penganan tradisional tersebut juga dapat dijumpai di Pasar Aceh, Pasar Peunayong, dan Pasar Seutui,  toko-toko di daerah Lhoknga, Aceh Besar, dan lain-lain.

   Namun kalau Anda tidak sempat ke Aceh, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Berikut ini resep untuk membuat kue Bhoi.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 2 bungkus vanili
  • ΒΌ sendok soda

   Cara membuat:

1.     Masukkan telur dan tambahkan gula pada baskom atau wadah lain. Kocok sampai mengembang.

2.     Masukkan vanili dan soda, kemudian kocok lagi sampai menyatu.

3.     Setelah itu, masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata.

4.     Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang sampai matang.

 

PENULIS: KHAIRINA MAHFUZHA , PROGRAM STUDI : KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM IAIN LANGSA

 


0