Vitra Yuqadhirza
05 Jan 2023 at 07:22


PERAN MILENIAL DALAM LINGKUNGAN HIDUP SEHARI-HARI

      Ditengah era globalisasi saat ini permasalahan lingkungan dan sampah plastik telah menjadi isu global. Masalah lingkungan merupakan masalah yang tidak dapat dihindari lagi, saat ini sampah adalah masalah lingkungan cukup serius yang sedang dihadapi masyarakat Indonesia terutama sampah plastik yang sulit terurai. Sampah yang dibuang sembarangan di berbagai tempat menyebabkan rusaknya lingkungan yang di kemudian hari akan berdampak terhadap kehidupan sosial di masyarakat. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, semakin bertambah pula jumlah sampah yang dihasilkan dari tahun ke tahun.

      Pemerintah saat ini telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah sampah namun jumlah sampah di Indonesia sangat besar, sehingga pemerintah kesulitan menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikannya.Sampah pada umumnya terbagi menjadi 2 yaitu, pertama sampah organik yang berasal dari makhluk hidup baik itu tumbuhan maupun hewan yang dapat terurai kembali, contohnya seperti dedaunan, karton, kotoran hewan, dan lain sebagainya. Kedua sampah anorganik yaitu sampah yang sulit terurai, contohnya seperti styrofoam, kemasan plastik, logam.

      Masalah sampah plastik yang marak di Indonesia merupakan masalah yang harus disikapi oleh generasi muda atau milenial dengan meningkatkan pentingnya lingkungan yang bersih bagi kesehatan masyarakat. Peran kaum milenial dalam mengelola sampah plastik sangat dibutuhkan karna kaum milenial harus menjadi pionir dalam menyelesaikan masalah sampah demi menjaga masyarakat agar tetap bersih dan sehat di Indonesia yang bebas sampah. Para milenial saat ini bersikap acuh terhadap lingkungan sekitar dimana mereka sudah memiliki sifat individualistis, yang membuat mereka acuh terhadap lingkungan sekitar.

      Sifat individualistis ini disebabkan karena mereka sudah memiliki gadget dan merasa tidak bisa hidup tanpa gadget tentunya tidak peduli dengan lingkungan, apalagi kelestarian lingkungan.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menetapkan tujuan untuk mengurangi sampah plastik lebih dari 1,9 juta ton pada tahun 2019. Pengelolaan sampah plastik secara ekstensif adalah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle), dan alternatif lain yang banyak diteliti adalah daur ulang sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

      Generasi milenial saat ini perlu menyadari pentingnya lingkungan yang hijau, bersih dan sehat. Perlunya meningkatkan inisiatif milenial untuk menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi lingkungan, karna kemampuan dan kesadaran generasi muda sangat berpengaruh besar terhadap lingkungan bersih. Generasi milenial harus memiliki sikap peduli terhadap lingkungan dengan menerapkan beberapa kebiasaan seperti mengurangi pembelian air mineral botol dan gantikan dengan membawa tumblr saat berpergian, mengurangi kebiasaan buang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

      Mari kita menjaga, memelihara dan meningkatkan fungsi lingkungan bersama-sama, kalau bukan siapa lagi yang akan menjaga lingkungan agar terlihat bersih dan kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat agar sama-sama menjaga lingkungan yang dihuni berbagai makhluk hidup karena dizaman yang seperti sekarang ini sangat sulit untuk kita jika hanya beberapa saja yang memelihara kebersihan jadi mari kita bersatu membangun hidup sehat mulai dari lingkungan terdekat.

PENULIS: KHAIRINA MAHFUZHA PROGRAM STUDI: KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM IAIN LANGSA


0