Vitra Yuqadhirza
03 Jan 2023 at 20:04


DAYA TAHAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA PRODUKSI TELUR ASIN

Dalam upaya mewujudkan negara yang maju dan mandiri serta adil dan makmur, Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan dan sekaligus peluang. Tantangan paling fundamental adalah upaya Indonesia untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan serta berkesinambungan. Usaha mikro kecil dan menengah merupakan salah satu bidang usaha yang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi.

Usaha kecil menengah mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena itu merawat daya tahan ekonomi menjadi tantangan bagi masyarakat. Demikian pula yang terjadi di desa meurandeh dayah, meurandeh dayah adalah sebuah gampong yang terletak di kecamatan langsa lama, kota langsa, Aceh, Indonesia. Gampong ini dibentuk pada tahun 2010 dari pemekaran gampong meurandeh. Bahwa sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya pada usaha kecil, tentunya ada suatu produk yang diproduksi oleh masyarakat sekitar.

Salah satu usaha yang ditekuni oleh warga gampong meurandeh dayah adalah membuat usaha produksi telur asin. Telur merupakan hasil ternak yang mempunyai andil besar dalam mengatasi masalah gizi yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Zat-zat gizi yang dimiliki oleh telur sangat mudah dicerna dan dimanfaat oleh tubuh. Salah satu olahan telur yaitu dijadikan sebagai telur asin, pengasinan telur dikatakan berhasil dengan baik jika telur asin yang dihasilkan bersifat stabil dan dapat disimpan lama tanpa banyak mengalami perubahan, aroma dan rasa telur asin terasa dengan nyata dan penampakan putih dan kuning telur yang baik.

Terdapat beberapa warga gampong meurandeh dayah yang membuka usaha produksi telur asin diantaranya adalah Ibu Rohani. Berdasarkan wawancara dengan ibu rohani yang mempunyai usaha produksi telur asin, bahwa usaha ini telah dilakukan pada tahun 2018 sampai saat ini. Mula-mula usaha membuat telur asin ini hanya sekedar mengisi  waktu luang dan membuat telur asin hanya keperluan sendiri, tetapi karena ada beberapa tetangga yang tertarik dengan produk telur asin maka pembuatan telur asin terus dijalankan. Lambat laun pembuatan telur asin ini menjadi usaha sambilan sebagai tambahan pendapatan. Saat ini usaha produksinya juga terus berkembang rata-rata produksinya 50 butir perharinya, saat ini telur asin dijual dengan harga Rp.3000. Setelah telur asin selesai di produksi, telur asin tersebut akan dipasarkan dan pesanan juga terus bertambah, khususnya dari warung-warung yang ada di pemukiman warga setempat  dan ada juga di berbagai daerah yang memesannya.

Telur asin yang merupakan usaha yang bergerak dibidang usaha dagang. Usaha telur asin ini dengan bahan baku telur bebek pilihan dan berkualitas baik. Sehingga akan menghasilkan telur asin yang enak dan berkualitas, telur asin juga makanan ciri khas Indonesia sendiri memiliki cara unik dalam pembuatannya, pertama cuci terlebih dahulu telur menggunakan air bersih. Kemudian keringkan, lalu setelah kering amplas telur agar pori-pori terbuka. Disinilah hal unik yang terdapat dalam pembuatan telur asin yaitu menggunakan adonan berupa abu gosok, adonan abu gosok di campurkan garam yang bertujuan membuat telur menjadi asin, setelah itu telur dibaluri oleh adonan, kemudian disimpan di dalam wadah. Dalam proses penyimpanannya yang cukup lama. 

Beliau juga menjelaskan produk telur asin ini terbuat dari telur itik yang dipelihara dengan cara diangon lebih berkualitas karena kuning telur lebih besar dan warnanya lebih orange. Secara tampilan telur bebek berukuran lebih besar daripada telur ayam dan warnanya berwarna hijau kebiruan.

Berdasarkan beberapa uji kandungan gizi telur asin mengandung gizi yang baik. Dirjen Gizi Departemen RI menyebutkan bahwa kandungan protein telur asin sangat tinggi yaitu 12,8%-13,1%, telur juga mengandung air 70,8%-74%; lemak 11,5%-14,3%; komponen lain yaitu karbohidrat, kalori, kalsium, dan fosfor.

Dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, terdapat beberapa manfaat telur asin bagi kesehatan :

1. Membantu Regenerasi Sel

Protein membantu tubuh membentuk sel-sel baru dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Dengan mengonsumsi telur asin, regenerasi sel akan meningkat secara optimal, begitu juga dengan metabolisme tubuh.

2. Bantu Cegah Anemia

Zat besi yang tinggi yang terkandung dalam telur asin membantu tubuh untuk mencegah gejala anemia. Misalnya mual, pusing, sakit kepala, dan mudah lelah. Mengonsumsi telur asin untuk beberapa alasan dapat mencegah gejala anemia ini.

3. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Manfaat lain dari telur asin adalah meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini karena telur asin memiliki kandungan vitamin A dan B, yang mampu melindungi mata dari kekeringan, mencegah katarak, dan juga penyakit mata terkait usia.

4. Kaya Antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai penangkal radikal bebas. Ini membantu tubuh untuk tetap sehat dan juga mencegah kanker. Antioksidan biasanya didapat dari teh, apel, dan buah-buahan segar lainnya. Manfaat ini juga bisa didapat dari telur asin.

5. Memperlancar Peredaran Darah

Telur asin memiliki berbagai kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk melancarkan peredaran darah tubuh dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Omega 3 dalam telur asin dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak, serta mencegah masalah sel-sel otak. Ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil atau anak di 3 tahun pertama kehidupan mereka.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari telur asin adalah kekebalan tubuh yang optimal. Hal ini karena telur asin mengandung selenium, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Mencegah Masalah Tulang

Telur asin mengandung fosfor dan kalsium yang cukup untuk menjaga dan membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, telur asin dapat digunakan sebagai pencegahan osteoporosis. Kalsium membantu pertumbuhan tulang terutama bagi anak-anak dan remaja, sehingga sangat dianjurkan bagi remaja untuk mengonsumsi telur asin untuk membantu pertumbuhannya.

Prospek dalam usaha telur asin dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui usaha telur asin dapat mendatangkan keuntungan yang bombastis. Usaha bergelut dengan olahan telur asin memiliki prospek sangat bagus dalam jangka kedepan. Bisnis telur asin yang sejak 2018 hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen. Ibu Rohani mengatakan keuntungan dari hasil penjualan telur asin yang didapat perharinya mencapai angka kurang lebih Rp 300.000.

 Oleh Suvina Dewi (4012019135),Mahasiswi Perbankan Syariah IAIN Langsa. KPM-DR MEDSOS

0