Vitra Yuqadhirza
03 Jan 2023 at 20:01


Budidaya Ikan Lele Sebagai Mata Pencaharian Masyarakat  Gampong Seulalah Baru

Seulalah Baru merupakan sebuah gampong yang terletak di kecamatan Langsa Lama, kota Langsa, Aceh, Indonesia . Gampong ini dibentuk pada tahun 2010 dari hasil pemekaran gampong seulalah berdasarkan Qanun kota Langsa Nomor 4 Tahun 2010. Adapun batas-batas wilayah gampong seulalah baru yaitu bagian selatan berbatasan dengan PTPN-1 Kebun Lama, bagian Utara berbatasan dengan Krueng Langsa, bagian Timur berbatasan dengan Gampong Pondok Pabrik dan disisi Barat berbatasan dengan Gampong Seulalah. Atas pemekaran ini Gampong Seulalah Baru memiliki tiga dusun yaitu Cendana, Melati dan Dusun Kenanga.

Jumlah penduduk Gampong Seulalah Baru kurang lebih mencapai 2.332 jiwa yang salah satu masyarakatnya membuka usaha budidaya ikan. Kak Rina adalah seorang wanita berusia 26 tahun yang mempunyai hobi membudidaya ikan. Hobi yang sekaligus membawa keuntungan dan dapat juga dijadikan bisnis. Salah satu jenis ikan yang dibudidayakan adalah ikan lele.

Ikan lele atau yang dikenal dengan nama latin Clarias adalah jenis ikan dengan tubuh memanjang. Jenis ikan tersebut terbilang licin, lincah juga mempunyai 4 pasang kumis atau bernama misai pada bagian ujung mulutnya. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Ada 3 jenis lele lokal, yaitu lele hitam, lele putih, dan lele merah. Di antara ketiganya, hanya lele hitam yang layak untuk dikonsumsi, sedangkan lele putih dan merah dibudidayakan sebagai ikan hias.

Ikan lele termasuk jenis ikan hibrida yang memiliki pertumbuhan tubuh lebih cepat dibanding jenis ikan air tawar lainnya, termasuk protein hewani alternatif dengan harga yang murah, mudah di olah, bergizi tinggi serta rasa yang enak, oleh sebab itu ikan lele dengan mudah menjadi populer di kalangan masyarakat.

Budidaya ikan lele merupakan kegiatan pemeliharaan pembesaran ikan lele dari yang berukuran kecil (benih) sampai ukuran konsumsi. Terdapat dua segmen usaha budidaya ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi. Budidaya ikan lele menjadi salah satu mata pencaharian yang dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Gampong Seulalah Baru yaitu Kak Rina.

Kak Rina memiliki kurang lebih 10 kolam ikan lele yang digunakan untuk membudidayakan ikan lelenya. Terdapat 3 kolam besar untuk tempat pembenihan ikan lele, 2 kolam digunakan untuk ikan lele yang baru menetas, sisanya digunakan untuk ikan lele yang sudah berusia 1 hingga 3 bulan.

Kak Rina membibitkan ikan lelenya sendiri dengan cara mengawinkan ikan lele tersebut, dari hasil pembenihan ikan lele yang berlangsung selama 8-9 minggu dengan ukuran benih lele 5-7 cm. Dalam satu pembibitan Kak rina bisa menghasilkan kurang lebih 1000 benih ikan lele. Setelah benih ikan lele menetas Kak Rina memberi makan ikan ikan tersebut dengan makanan ikan cair yang dibuat khusus untuk bayi ikan. Setelah usia ikan satu minggu ikan ikan tersebut diberi makanan dari anakan udang air asin yang baru menetas. Setelah melewati usia satu minggu ikan ikan tersebut diberi makan pelet dan usus ayam yang sudah direbus.

Siklus panen ikan lele berkisar pada usia 3 hingga 4 bulan, biasanya ikan lele yang sudah siap dipanen berjumlah 8 hingga 11 ekor perkilonya dengan berat per ekor sekitar 100 gram dengan panjang per ekor sekitar 30 cm. Setelah ikan ikan tersebut dipanen Kak Rina memasarkannya ke berbagai penjual ikan di pasar ikan di kota Langsa, ke pedagang ikan keliling , para masyarakat di sekitar, selain itu Kak Rina juga bekerja sama dengan pedagang pecel lele, tempat makan dan restoran.

Menurut Kak Rina tidak terlalu sulit dalam membudidayakan ikan lele ini dikarenakan ikan lele tahan akan serangan penyakit, ikan lele juga memiliki daya tahan hidup yang kuat dan meminimalisir risiko kerugian dikarena rendahnya jumlah ikan lele yang mati. Kak Rina juga mengatakan ternak lele merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan. Selain itu ikan lele juga mempunyai berbagai manfaat untuk dikonsumsi.

Adapun keuntungan dari membudidaya ikan lele :

1.      Kemudahan dalam membudidayakannya

2.      Pembudidayaan dapat dilakukan di berbagai tempat

3.      Karakteristik ikan lele yang mudah beradaptasi dan memiliki daya tahan tubuh kuat

4.      Merupakan ikan favorit masyarakat

5.      Memiliki pangsa pasar yang luas

6.      Perawatan yang relatif mudah

7.      Cepat panen

8.      Perputaran uang cepat

Adapun manfaat mengkonsumsi ikan lele yaitu :

1.    Menurunkan berat badan

Ikan lele merupakan sumber protein padat nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan. Nutrisi ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih atau mengonsumsi camilan yang bisa menambah berat badan.

 

 

 

2.    Menjaga kesehatan otak

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan lele baik untuk menjaga kesehatan otak serta dapat mencegah pikun, depresi, dan gangguan kognitif. Meski demikian, manfaat ikan lele untuk menjaga kesehatan otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3.    Mencegah anemia

Ikan lele merupakan salah satu sumber makanan kaya vitamin B12 yang penting untuk mencegah anemia. Tak hanya mencegah, ikan lele juga bisa menjadi pilihan menu sehat untuk penderita anemia.

4.    Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya baik bagi kesehatan otak, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan lele juga baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung  koroner. Selain itu, jenis asam lemak sehat ini juga dapat mengurangi tekanan darah. Asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, untuk mendapat berbagai manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega-3, termasuk ikan lele.

5.    Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Dengan kandungan lemak baik, omega-3 (dan omega-6) diduga erat kaitannya dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit kanker tertentu.

6.    Mengatasi peradangan

Mengkonsumsi ikan lele juga bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan dalam tubuh. Ini berkat asam lemak omega-3 di dalamnya, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama dengan cara melawan peradangan. Kandungan omega-3 juga membantu mengurangi kondisi peradangan seperti rheumatoid artritis.


Artikel Ditulis Oleh Indira Larasati Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa

0