Patrichia Angelica Bemey
02 Jan 2023 at 10:42Hidup sudah semestinya berjalan dengan harmonis. Relasi di antara sesama manusia harus terjalin sedemikian rupa demi membangun koneksi yang kuat. Dalam hal itu pula, anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik supaya agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara anda dan orang lain.
Dalam
komunikasi antarmanusia, anda pasti berhadapan dengan lawan bicara Ketika anda
dan dia membahas suatu kepentingan, persoalan ataupun hal – hal ringan. Tentu saja
anda tidak mau sekadar menjadi pendengar. Anda justru harus mampu menguasai
keadaan dan menyeimbangkan bahkan menguasai topik percakapan dengan lawan
bicara.
Jadi
mari kita lihat terlebih dahulu makna komunikasi secara harfiah memiliki makna
sebagai percakapan, pembicaraan, pemberitahuan, pertukaran pikiran, dan
hubungan. Dengan demikian, secara luas
komunikasi merupakan suatu kegiatan menyampaikan suatu pesan dari seseorang
kepada orang lain baik secara langsung maupun melalui media. Melalui komunikasi
, anda dapat mengirim pesan tentang apa
yang anda butuhkan dan rasakan kepada orang lain.
Berbicara
merupakan komunikasi yang paling dasar sekaligus merupakan penghubung manusia
yang paling erat. Tanpa berbicara, mustahil anda dapat berhubungan dengan orang
lain. Komunikasi dapat membantu anda mengembangkan dan membina hubungan baik
dengan keluarga, temen, serta orang – orang di sekitar anda. Bahkan dengan
kemampuan komunikasi yang efektif, anda dapat meminimalkan kesalahan –
kesalahan yang biasa terjadi pada saat anda berkomunikasi, seperti salah paham,
pesan yang tidak jelas, atau asumsi terhadap suatu hal.
KAMU HARUS TAHU !
Saat melakukan komunikasi, membangun karisma serta persona
sangat penting untuk memberikan pengaruh kepada orang lain. kamu harus
memperhatikan beberapa hal untuk masuk dalam kategori orang yang berkarisma,
yaitu memiliki empati, keterampilan mendengarkan, kontak mata, antusias, dan
kepercayaan diri. Berikut ini hal – hal yang dapat membuat kamu menjadi pribadi
yang lebih karismatik.
Ø 1. Belajar
untuk bertanya
Semua percakapan yang baik dimulai dengan
sebuah pertanyaan. Berikan beberapa pertanyaan kepada lawan bicara untuk membangun
hubungan yang baik melalui komunikasi
Ø 2. Memulai
dengan kejujuran
Orang yang berkarisma cenderung terbuka
dan sangat jujur dengan lawan bicara mereka. Kejujuran yang disampaikan mampu
menarik lebih banyak orang. Bersikap jujur artinya anda melihat diri sendiri
memiliki kesalahan dan kekurangan bersamaan dengan keahlian dan bakat yang
dimiliki. “ Orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal: kepercayaan,
cinta, dan rasa hormat-Ali Bin Abi Thalib”
Ø 3. Mengistimewakan
lawan bicara
Ketika anda berkomunikasi dengan lawan bicara,
mulailah dengan senyum tulus. Lakukan kontak mata dengannya. Anda tidak boleh
hanya mendengarkan. Anda harus tertarik dengan apa yang dikatakan dan terlibat
penuh dalam percakapan. Ingat detail kecil dalam percakapan yang disukai oleh
lawan bicara, hal detail tersebut membuat lawan bicara merasa dihargai dan
istimewa.
Ø 4. Kualitas
informasi
Informasi tidak akan terpisahkan dari proses
komunikasi . namun kualitas informasi akan mempengaruhi komunikasi.
Ø 5. Gunakan
kata “Saya” secara tepat
Menggunakan kata “Saya” secara tepat akan memberikan
efek yang positif terhdapat komunikasi anda. Kata “Saya” dapat digunakan untuk
memberdayakan, mendengarkan secara aktif, dan akuntabilitas.
Ø 6. Kreatif
Dengan media komunikasi yang semakin
interaktif, anda dituntut untuk bertindak cepat dan penuh inisiatif. Pastikan anda
selalu mendapatkan informasi yang tepat dan penuh manfaat sehingga anda dapat
mengkomunikasikan informasi itu dengan jelas, benar, dan baik.
Ø 7. Berlatih
Mengembangkan kemampuan yang baik dimulai dengan interaksi yang sederhana. Kemampuan komunikasi dilatih setiap hari. Kemampuan membutuhkan waktu untuk di tingkatkan.
TRIK
CEPAT Kemahiran public speaking yang
diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda berbicara di depan umum,
badan anda harus merasa nyaman. Lakukan Teknik pernafasan yang baik untuk
mengurangi rasa gugup. Yang tidak
kalah penting adalah menaklukan audiens melalui penggunaan kata – kata yang
kuat ( powerful words). Berbicaralah seperti anda sedang bercerita dengan
artikulasi yang jelas, terdengar dan sederhana. Gunakanlah pemilihan kata yang
sesuai dengan lawan bicara anda. Selanjutnya
berikanlah kesan pertama yang menarik bagi lawan bicara. Lima menit pertama adalah
rentang waktu yang sangat penting untuk mengambil hati audiens. Usahakan jangan
sampai melakukan kesalahan. Agar menarik, anda bisa menggunakan kalimat pembuka
yang mengejutkan, mengeluarkan Quote, fakta unik, data statistik, bahkan humor. |
CARA
BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK
- Pemilihan
kata. Pilihlah kata – kata yang mudah atau sederhana dan tidak sulit diucapkan
serta dihapalkan.
- üRagam
Bahasa. Anda harus menggunakan ragam Bahasa sesuai tempat. Jika anda berbicara kepada
tukang becak, gunakanlah ragam Bahasa yang berbeda dengan ragam Bahasa saat
anda bicara dengan seorang mahasiswa.
- ü Kekuatan
suara. Gunakan intonasi, nada suara, jeda, tempo, dinamika dan ekspresi suara
yang baik dan benar. Ketika berbicara, usahakan suara napas tidak terdengar.
- ü Menjadi
pendengar aktif. Komunikasi yang efektif akan terwujud jika ada keseimbangan
antara pembicara dengan pendengar.
- ü Hilangkan
ambiguitas. Ambiguitas adalah kata – kata yang mengandung banyak makna atau
tafsir. Gunakan Bahasa yang lugas dan mudah dipahami.
- ü Bertanya.
Jika ada kalimat atau Bahasa dari pembicara yang tidak anda pahami, sebaiknya
anda sampaikan tanyakan langsung kepada lawan bicara.
- ü Catat
poin – poin penting.
- ü Jangan
menimpali.
- ü Saling
menghargai.
- ü Selingi
dengan humor. Anda perlu menyelingi dengan candaan atau gurauan agar para
pendengar tidak merasa bosan atas informasi yang anda sampaikan.
- ü Kontak
mata. Saat percakapan pandanglah lawan mata lawan bicara anda apapun posisi
anda.
- ü Berfikir
sebelum berkata.
- ü Amati
Bahasa tubuh. Bahasa tubuh bisa menunjukan apa yang dipikirkan seseorang
meskipun berbeda dari yang diucapkan.
- ü Gunakan
Bahasa yang baik.
- ü Tunjukan
kekaguman
- ü Tersenyulah.
Senyum bisa memberikan aura positif pada setiap orang . senyum adalah pesan.
- ü Akhiri
percakapan dengan sopan. Cara berkomunikasi efektif yang terakhir adalah
setelah melakukan serangkaian percakapan. Akhirilah dengan kesan baik, yakni
dengan salam dan sopan santun.
Itulah
beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menebarkan pesan positif kepada banyak
orang melalui komunikasi yang baik sehingga bukan hanya memikat hati namun dapat
mempengaruhi pendengan dapat membuat perubahan.
0