Patrichia Angelica Bemey
02 Jan 2023 at 10:42


Hidup sudah semestinya berjalan dengan harmonis. Relasi di antara sesama manusia harus terjalin sedemikian rupa demi membangun koneksi yang kuat. Dalam hal itu pula, anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik supaya agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara anda dan orang lain.

Dalam komunikasi antarmanusia, anda pasti berhadapan dengan lawan bicara Ketika anda dan dia membahas suatu kepentingan, persoalan ataupun hal – hal ringan. Tentu saja anda tidak mau sekadar menjadi pendengar. Anda justru harus mampu menguasai keadaan dan menyeimbangkan bahkan menguasai topik percakapan dengan lawan bicara.

Jadi mari kita lihat terlebih dahulu makna komunikasi secara harfiah memiliki makna sebagai percakapan, pembicaraan, pemberitahuan, pertukaran pikiran, dan hubungan.  Dengan demikian, secara luas komunikasi merupakan suatu kegiatan menyampaikan suatu pesan dari seseorang kepada orang lain baik secara langsung maupun melalui media. Melalui komunikasi , anda dapat mengirim pesan tentang apa  yang anda butuhkan dan rasakan kepada orang lain.

Berbicara merupakan komunikasi yang paling dasar sekaligus merupakan penghubung manusia yang paling erat. Tanpa berbicara, mustahil anda dapat berhubungan dengan orang lain. Komunikasi dapat membantu anda mengembangkan dan membina hubungan baik dengan keluarga, temen, serta orang – orang di sekitar anda. Bahkan dengan kemampuan komunikasi yang efektif, anda dapat meminimalkan kesalahan – kesalahan yang biasa terjadi pada saat anda berkomunikasi, seperti salah paham, pesan yang tidak jelas, atau asumsi terhadap suatu hal.

 

KAMU HARUS TAHU !

            Saat melakukan komunikasi, membangun karisma serta persona sangat penting untuk memberikan pengaruh kepada orang lain. kamu harus memperhatikan beberapa hal untuk masuk dalam kategori orang yang berkarisma, yaitu memiliki empati, keterampilan mendengarkan, kontak mata, antusias, dan kepercayaan diri. Berikut ini hal – hal yang dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih karismatik.

Ø 1.  Belajar untuk bertanya

Semua percakapan yang baik dimulai dengan sebuah pertanyaan. Berikan beberapa pertanyaan kepada lawan bicara untuk membangun hubungan yang baik melalui komunikasi

Ø 2.  Memulai dengan kejujuran

Orang yang berkarisma cenderung terbuka dan sangat jujur dengan lawan bicara mereka. Kejujuran yang disampaikan mampu menarik lebih banyak orang. Bersikap jujur artinya anda melihat diri sendiri memiliki kesalahan dan kekurangan bersamaan dengan keahlian dan bakat yang dimiliki. “ Orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat-Ali Bin Abi Thalib”

Ø  3. Mengistimewakan lawan bicara

Ketika anda berkomunikasi dengan lawan bicara, mulailah dengan senyum tulus. Lakukan kontak mata dengannya. Anda tidak boleh hanya mendengarkan. Anda harus tertarik dengan apa yang dikatakan dan terlibat penuh dalam percakapan. Ingat detail kecil dalam percakapan yang disukai oleh lawan bicara, hal detail tersebut membuat lawan bicara merasa dihargai dan istimewa.

Ø  4. Kualitas informasi

Informasi tidak akan terpisahkan dari proses komunikasi . namun kualitas informasi akan mempengaruhi komunikasi.

Ø  5. Gunakan kata “Saya” secara tepat

Menggunakan kata “Saya” secara tepat akan memberikan efek yang positif terhdapat komunikasi anda. Kata “Saya” dapat digunakan untuk memberdayakan, mendengarkan secara aktif, dan akuntabilitas.

Ø  6. Kreatif

Dengan media komunikasi yang semakin interaktif, anda dituntut untuk bertindak cepat dan penuh inisiatif. Pastikan anda selalu mendapatkan informasi yang tepat dan penuh manfaat sehingga anda dapat mengkomunikasikan informasi itu dengan jelas, benar, dan baik.

Ø  7. Berlatih

Mengembangkan kemampuan yang baik dimulai dengan interaksi yang sederhana. Kemampuan komunikasi dilatih setiap hari. Kemampuan membutuhkan waktu untuk di tingkatkan.


TRIK CEPAT

Kemahiran public speaking yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda berbicara di depan umum, badan anda harus merasa nyaman. Lakukan Teknik pernafasan yang baik untuk mengurangi rasa gugup.

Yang tidak kalah penting adalah menaklukan audiens melalui penggunaan kata – kata yang kuat ( powerful words). Berbicaralah seperti anda sedang bercerita dengan artikulasi yang jelas, terdengar dan sederhana. Gunakanlah pemilihan kata yang sesuai dengan lawan bicara anda.

Selanjutnya berikanlah kesan pertama yang menarik bagi lawan bicara. Lima menit pertama adalah rentang waktu yang sangat penting untuk mengambil hati audiens. Usahakan jangan sampai melakukan kesalahan. Agar menarik, anda bisa menggunakan kalimat pembuka yang mengejutkan, mengeluarkan Quote, fakta unik, data statistik, bahkan humor.


CARA BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK

  • Pemilihan kata. Pilihlah kata – kata yang mudah atau sederhana dan tidak sulit diucapkan serta dihapalkan.
  • üRagam Bahasa. Anda harus menggunakan ragam Bahasa sesuai tempat. Jika anda berbicara kepada tukang becak, gunakanlah ragam Bahasa yang berbeda dengan ragam Bahasa saat anda bicara dengan seorang mahasiswa.
  • ü  Kekuatan suara. Gunakan intonasi, nada suara, jeda, tempo, dinamika dan ekspresi suara yang baik dan benar. Ketika berbicara, usahakan suara napas tidak terdengar.
  • ü  Menjadi pendengar aktif. Komunikasi yang efektif akan terwujud jika ada keseimbangan antara pembicara dengan pendengar.
  • ü  Hilangkan ambiguitas. Ambiguitas adalah kata – kata yang mengandung banyak makna atau tafsir. Gunakan Bahasa yang lugas dan mudah dipahami.
  • ü  Bertanya. Jika ada kalimat atau Bahasa dari pembicara yang tidak anda pahami, sebaiknya anda sampaikan tanyakan langsung kepada lawan bicara.
  • ü  Catat poin – poin penting.
  • ü  Jangan menimpali.
  • ü  Saling menghargai.
  • ü  Selingi dengan humor. Anda perlu menyelingi dengan candaan atau gurauan agar para pendengar tidak merasa bosan atas informasi yang anda sampaikan.
  • ü  Kontak mata. Saat percakapan pandanglah lawan mata lawan bicara anda apapun posisi anda.
  • ü  Berfikir sebelum berkata.
  • ü  Amati Bahasa tubuh. Bahasa tubuh bisa menunjukan apa yang dipikirkan seseorang meskipun berbeda dari yang diucapkan.
  • ü  Gunakan Bahasa yang baik.
  • ü  Tunjukan kekaguman
  • ü  Tersenyulah. Senyum bisa memberikan aura positif pada setiap orang . senyum adalah pesan.
  • ü  Akhiri percakapan dengan sopan. Cara berkomunikasi efektif yang terakhir adalah setelah melakukan serangkaian percakapan. Akhirilah dengan kesan baik, yakni dengan salam dan sopan santun.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menebarkan pesan positif kepada banyak orang melalui komunikasi yang baik sehingga bukan hanya memikat hati namun dapat mempengaruhi pendengan dapat membuat perubahan.

0