Vitra Yuqadhirza
31 Dec 2022 at 20:53


Menerapkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Yang Ideal  Di Dayah Darul Ihsan

Kota Langsa - Pendidikan Islam ideal adalah membentuk manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, mampu menggunakan logikanya secara baik, berinteraksi sosial dengan baik dan bertanggung jawab terutama di Kota Langsa. Dengan kata lain, pendidikan Islam ideal adalah membina potensi spiritual, emosional dan intelegensia secara optimal.



Islam yang ideal mencerminkan sosok muslim yang ideal itu syariah atau ibadahnya kuat. Termasuk ke dalamnya adalah kuat dalam ibadahnya, kuat dalam belajarnya, kuat dalam sedekahnya, disiplin, tepat waktu, cinta orang tua, cinta guru dan lain-lain. Sebagai salah satu bentuk perwujudan untuk meningkatkan pendidikan agama islam yang ideal adalah dengan didirikan Dayah Darul Ihsan desa Matang Seulimeng.

 

Didirikannya Dayah Darul Ihsan ini bertujuan untuk ,mengenalkan dasar-dasar Islam sejak dini, seimbangkan dengan memberikan pendidikan ilmiah, mengajarkan santriwan dan santriwati akhlak terpuji, memberi contoh yang baik bagi santriwan dan santriwati,mengajarkan santriwan dan santriwati sikap disipin dan pantang menyerah,dan mengajarkan santriwan dan santriwati lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dapat diketahui bahwa setiap Lembaga Pendidikan baik dayah, madrasah dan sekolah umum mempunyai peranan penting, kelebihan serta kekurangan . Namun hakikatnya ini merupakan suatu kesempurnaan dalam bidang Pendidikan sebab setiap individu dapat memilih ilmu yang akan dipelajari secara mendalam .

Oleh karena itu, diantara aktivis dayah, madrasah dan sekolah umum, jangan saling menghina dan menjatuhkan lantaran demikian ialah etika yang dilarang dalam dunia Pendidikan. Padahal sebenarnya, apabila setiap lembaga pendidik bergerak sesuai dengan kurikulumnya tetapi tetap serta berganding tangan niscaya akan lahir Lembaga Pendidikan yang maju dan syariat islam berjalan secara sempurna . Namun fakta dilapangan banyak orang mengkritik dan kontra terhadap Lembaga Pendidikan salaf\tradisional sebab dianggap sudah kuno dan tidak relevan dizaman sekarang .

Lantaran demikian, maka tidak akan tercapai kemajuan pada Lembaga pendidik dan berpengaruh pada penerapan syariat islam . Sebab sebenarnya berbeda system pengajaran dan kurikulum bagaikan sekelompok manusia yang berbeda profesi . Maka tugas kita adalah memantapkan pekerjaan masing-masing dan saling mengikat hubungan satu sama lain agar tergapai harapan yang kita inginkan , bukan memveto dan menyalahkan pekerjaan orang lain . Contohnya seperti membangun sebuah rumah , mesti ada Kerjasama antara pemilik selaku yang mendanai dengan pekerja ( tukang ) yang membuat rumah supaya rumah siap diwaktu telah ditentukan . Seandainya pemilik rumah dipaksa untuk menjadi posisi sebagai pekerja atau pekerja didesak untuk menjadi sebagai pemilik niscaya rumah tidak akan pernah siap . Tetapi cara terbaik adalah tetap pada kinerja masing-masing serta saling bekerja sama .

Di Dayah Darul Ihsan ini mempelajari bersumber dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti: ilmu Tauhid, Tasawuf, fiqh, Tafsir, ushul fiqh, ulumul quran, Hadits, balaghah, Tarikh, nahwu, saraf, Tajwid. Tujuan kita mempelajari perbedaan dalam dunia Pendidikan islam yang ideal khususnya Aceh ialah untuk mengetahui, memahami pertumbuhan dan perkembangan Pendidikan serta mengambil manfaat dalam memecahkan masalah probematika Pendidikan islam di era melenial .

Tujuan pendidikan dayah pada sasarannya sama dengan tujuan dakwah Islam yang disampaikan oleh Rasulullah Saw, yaitu agar manusia dapat mengabdikan diri dihadapan Allah Swt. sehingga tetap relevan dengan tujuan penciptaan manusia itu sendiri. Yang membedakannya adalah, di dayah terjadi pengelompokan atau jenjang pendidikan yang disesuaikan dengan tingkat kematangan dan usia santri. Dengan demikian diharapkan kedepan pada saat murid telah dewasa, ia akan mampu mengabdikan dirinya dihadapan Allah Swt. Dayah dihidupkan sebagai tempat untuk mendidik dan mengajar generasi Islam agar mapan dalam agama Islam.

Pendidikan di dayah tidak semata-mata untuk memperkaya pikiran santridengan penjelasan-penjelasan, tetapi juga untuk meningkatkan spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap dan tingkah laku yang jujur serta bermoral, dan menyiapkan santri untuk bersih hati maupun hidup sederhana. Setiap santri diajar agar menerima etika agama Islam sebagai landasan dan acuan hidup masyarakat muslim. Hal inilah yang menjadikan dayah lebih dekat dengan masyarakat, mudah diteriam dan tetap hidup.

Komponen keilmuan sangat lengkap didapatkan santri di dayah modern, tidak hanya satu disiplin ilmu saja namun multi disiplin ilmu.

Semua disiplin ilmu yang didapatkan santri selama menetap di dayah dapat menjadi cahaya penerang mereka dalam mengarungi kehidupan dalam masyarakat dunia nantinya.

Perkembangan bentuk Dayah bukan berarti telah kehilangan jati dirinya. Hal ini Dayah tetap merupakan lembaga pendidikan Islam original yang tumbu dan berkembang dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat.

 

Ditulis oleh : Lia Maulida (4012019017)

Mahasiswa IAIN Langsa, Prodi Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

4

Avatar
Nickolas
Anyone who has ever ever been in a partnership kjows that they could be both exciting and tiring. In the first utterflies of the new love on the convenience of an extended-term partnership, interactions can be found iin all shapes and sizes. https://myeclass.academy/blog/index.php?entryid=545784
1 year ago
Avatar
Taylor
https://oplata-servisov.ru
1 year ago
Avatar
Doreen
Take A Look At The Steve Jobs Of The Accident Claim Compensation Industry automobile Accident Attorneys
3 months ago
Avatar
Leanna
It's The Good And Bad About Porn Stars pornstar
1 month ago