Vitra Yuqadhirza
26 Dec 2022 at 19:50


(Siswa-siswi SD Negeri Bukit)

                CIPTAKAN BUDAYA BERSIH DAN KARYA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN SD NEGERI BUKIT

(20-12-2022) Asam Peutek adalah sebuah gampong yang terletak di kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh. Desa ini memiliki jumlah penduduk 182.424 (DKCS 2021). Didesa ini memiliki satu lembaga pendidikan dasar dengan nama sekolah yaitu SD Negeri Bukit. Memiliki banyaknya  penduduk ± 100 orang siswa/i. Sekolah ini termasuk kedalam kategori biasa, dilingkungan yang minim akan fasilitas seperti tempat pembuangan sampah, sehingga para siswa/i kurang memahami “bagaimana membuang sampah yang baik dapat melestarikan lingkunagn hidup”.

Edukasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan patut di terapkan di lingkungan sekolah tersebut, khususnya kepada siswa dan siswi SD N Bukit. Kebersihan  merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kta sebagai manusia. Dikarenakan manusia selalu berhubungan dengan lingkungan untuk beraktivitas sehari-hari. Begitu juga dengan menjaga kebersihan sekolah maka siswa maupun guru akan nyaman dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan karena tidak hanya berdampak terhadap manusia, tetapi juga berdampak terhadap lingkungan dan makhluk hidup yang lainnya. Menjaga kebersihan sama dengan menciptkan lingkungan yang sehat sehingga jauh dari sarang penyakit dan tidak mudah terkena penyakit.

“ Kami sudah berencana untuk membuat bank sampah dan mengedukasikan kepada siswa/i cara membuang sampah yang benar dengan membedakan sampah organic dan non-organik tapi tidak sempat karena banyaknya kegiatan yang dilakukan saat ini “ ujar kepala sekolah (Raihcatul jannah).mendengarhal tersebut kami mahasiswi IAIN Langsa berinisiatif untuk membuat bank sampah organic dan non-organik. 


Bentuk salah satu bank sampah organic dan non-organik

                  Ditulis Oleh : Rizka Aprillia ,Ulfa Umayra (Mahasiswi IAIN COT KALA LANGSA)



1

Avatar
Warren
message19646 My partner and I stumbled over here coming from a different page and thought I should check things out. I like what I see so now i'm following you. Look forward to exploring your web page for a second time.
1 year ago