Vitra Yuqadhirza
25 Dec 2022 at 20:57


EDUKASI LITERASI KEUANGAN AKAN PENTINGNYA MENABUNG PADA ANAK USIA DINI

Masa kini siapa yang tidak mengetahui prihal literasi, literasi ialah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

            Uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat pembayaran. Mengelola uang dengan tepat menjadi hal yang penting apalagi bagi anak-anak. Literasi keuangan dan pendidikan anak usia dini sangat penting karena dapat membentuk perilaku dan kebiasaan keuangan anak saat dewasa. Hal yang perlu didorong sejak dini adalah literasi keuangan merupakan keterampilan hidup yang penting untuk dimiliki karena dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga tidur, kita tidak lepas dari transaksi keuangan.

Kita ketahui bahwasanya anak sangat muda dalam meniru semua hal yang ada disekitarnya. Orang tua merupakan orang yang selalu ada didalam hidup mereka apa yang di lakukan oleh orang tua mampu di tiru dengan mudah oleh anaknya. Menabung sudah tidak asing bagi kita dan juga orang tua, anak anak di lingkungan tempat saya tinggal dari 10 orang hanya 3 yang melakukan untuk menabung atau menyisihkan uang sakunya untuk di tabung.

Hal ini sangat sedikit dengan anak anak di daerah perkotaan besar di luar sana. Sehingga ini sebuah tantangan besar bagi kita selaku mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian masyarakat yang dibuat oleh kampus iain langsa. Edukasi dan literasi yang sangat penting dalam mensosialiasai kegiatan ini karena kita lihat semua anak memiliki sekarang sibuk main dengan gajet nya.

Anak anak sendiri mampu bermain gajet nya selama 10 jam, namun Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), waktu ideal menatap layar gadget bagi anak-anak terutama balita disarankan agar tidak lebih dari satu jam. Pasalnya, anak memerlukan aktivitas fisik agar tumbuh kembangnya optimal. Nah dari sini bisa kita lihat idealnya promosi tentang edukasi menabung iyalah dengan media social, seperti you tube, facebook, tik tok, dll.

Peran orang tua sangat perlu dalam membentuk dan membina karakter anak agar menjadi anak yang lebih baik dan tau kegunaan uang itu sendiri. Dengan memberikan celengan untuk menabung uangnya dengan menyisihkan uang sakunya hanya 1000 rupiah dapat melatih anak untuk menabung. Menjelaskan sedikit apa manfaat dari menabung. Dengan menabung, segala kebutuhan hari tua nanti bisa tercukupi serta bisa mengamankan uang dari inflasi. Selain itu, menabung juga dapat membuat nilai uang semakin tumbuh, baik dalam jangka waktu singkat maupun panjang.

Begitu besar manfaat yang akan di dapat karena mereka mau menabung hal ini membuat akan termotivasi untuk mensisihkan keuangan mereka. Juga di ajarkan pada anak selalu berbagi atau bersedekah kepada orang yang membutuhkan dari kita. Dengan ini akan menumbuh kan rasa empati pada dalam tubuh anak ini sendiri.

Hal yang dinilai kecil dan sepele namun akan berdampak dalam perkembangan anak anak pada masa yang akan mendatang dan akan menjadi kebiasaan baik yang tidak akan terlupakan. Masa yang tepat dalam mengajarkan hal hal baik iyalah sejak dini mungkin sehingga dia bisa mengaplikaskan seluruh apa yang telah di ajarkan oleh orang tuanya.

Dalam penerapan pembelajarann dapat kita mulai dengan cara memilih tontonan anak di kanal youtube seperti edukasi tentang keuangan sejak dini, mengurangi tontonan anak yang tidak mendidik. Memarahi nya dengan menjelaskan apa kesalahan yang dilakukannya, tidak langsung membentaknya tapi beri apresiasi dan sedikit pemahaman agar anak menjadi lebih cepat dewasa karena edukasi yang cukup.

Anak mudah merekam bagaimana pelajaran yang diberikan oleh orang tua seperti orang tua yang tempramen maka anak akan juga mengikuti tempramen orang tuanya. Jadi kita harus lebih berhati hati dalam mendidik anak. Edukasi yang paling tepat iyalah membuat games yang akan melatih motoric otak anak dengan mewarnai dan bercertia. Selalu kita awasi dan kita jaga setiap tumbuh kembang anak, sehingga anak akan menjadi orang hebat dimasa masa yang akan mendatang.



Dari sini dapat kita simpulkan sesungguh nya mahasiswa dapat menjadi contoh bagaimana menerapkan teori teori pembelajaran karena pembelajaran di jurusan perbankan syariah sangat luas. Jadi ketika melakukan pengabdian masyarakat saya berinisiatif untuk memberikan edukasi kepada anank - anak Kita terapkan dari hal yang mudah tentang mengedukasi dengan literasi menabung di mulai sejak dini merupakan langkah awal yang besar.

Memberikan edukasi melalui video agar anak - anak tidak merasa bosan ketika belajar. Mengajarkan anak - anak pentingnya menabung melalui sebuah gambar, kertas tersebut berisi gambar orang sedang menabung kemudian diberi warna oleh anak – anak agar anak tidak bosan ketika belajar.

Sebuah trobosan yang luar biasa dalam membangun sebuah peradapan. Islam sendiri mengajarkan melarang hal hal yang dilakukan berlebihan karena berlebihan merupakan hal yang tidak baik kalau bisa pun di hindarkan. Semoga apa yang kami lakukan dalam pengabdian ini mendapatkan dukungan. Saya selaku penulis pamit undur diri.

 

Nur Halimah, 4012019022 Mahasiswa IAIN Langsa Prodi Perbankan syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

0