Vitra Yuqadhirza
23 Dec 2022 at 16:29


Pentingnya Ilmu Tauhid Dasar Pada anak Usia Dini

Sebagai umat beragama khususnya agama islam, agama yang juga mementingkan keilmuan. Karna dengan adanya ilmu sikap kita sebagai manusia akan semakin baik. Dan hal ini perlu ditanamkan dalam diri kita sejak usia dini agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, yang dapat berhubungan baik. Baik itu hubungan dengan Allah SWT maupun hubungan dengan sesama manusia. Fokus pada pembahasan saya ialah pentingnya ilmu tauhid dasar pada anak usia dini ini sangat penting dikarenakan hal ini lah yang akan menjadi dasar dari karakter dan keimanan seorang anak saat mereka tumbuh dan kembang nantinya.

            Banyak sekali contoh dari dampak negatif kurang ditanamkannya tauhid pada anak usia dini sekarang dan hal itu sangat sering terjadi dan bukanlah sebuah hal yang jarang atau langka ditemukan di sekitar kita sekarang.

            Kita sebagai manusia juga harus meyakini bagaimana peran dan pentingnya ilmu tauhid terkhususnya pada anak usia dini. Banyak sekali hal yang terjadi yang tidak mengenakkan terjadi di lingkungan kita. kita Sebutkan saja sedikit dari  permasalahan kurangnya akhlak yang terjadi di sekitar kita seperti perzinaan sesama anak dibawah umur atau pun belum menjadi mahramnya, anak yang sikap dan sopan santunnya tidak ada dan berani melawan orang tua. Hal ini bisa menjadi salah satu akibat dari kurangnya ilmu taudi yang ada pada anak. Jadi kita sebagai oragntua harus mendidik anak usia dini kita dengan baik dan benar.

            Ilmu tauhid dasar ialah ilmu yang sangat penting di tanamkan dalam diri anak, dikarenakan dengan ilmu tauhid inilah anak akan memiliki pertahanan yang kokoh dalam agama agar dia tidak terjerumus kedalam hal yang tidak di inginkan. Tidak cukup dengan penanaman ilmu tauhid hanya dengan memberikan materi kepada si anak tetapi kita juga harus mengajak si anak untuk memperagakan ilmu yang telah dia pelajari contoh nya seperti ilmu taharah atau pun bersuci disitu anak di beritahu cara –cara bersuci dengan praktek yang membuat si anak mengerti bagaimana cara bersuci, contoh lain seperti berpuasa di bulan ramadhan, bagi anak yang masih di bawah umur. Orang tua melatih meraka untuk berpuasa dengan bertahap agar si anak terbiasa dan lama kelamaan si anak akan terbiasa dan berpuasa dalam satu hari penuh. Contoh lain yang bisa diambil ialah shalat lima waktu yang kita lakukan sehari –hari hal ini juga sangat banyak  menjadi masalah bahkan pada kita orang dewasa, kalau buka sejak keci jadi kapan lagi kita melatih shalat dengan cara mulai dari diaksakan si anak untuk shalat sehingga nanti dia menjadi terbiasa dan menjadi rutinitas yang tidak bisa dia tinggalkan di saat dia beranjak dewasa.contoh lain bisa kita dapatkan perbaikan tutur kata. Hal ini bisa kita perbaiki dengan cara mengajarkan anak sejak dini untuk berbicara dengan sopan dan santun. Agar disaat dia menjadi dewasa dia tidak akan terbiasa dengan perkataan kotor. Hal ini diakibat kan alah bisa karena biasa jadi, setiap perbuatan yang kita lakukan harus kita biasakan dari sejak kita kecil. Dan hal inilah yang mengharuskan orang tua sebagai mentor atau pendidik sang anak disaat meraka masih dini atau bisa di bilang pendidik pertama seorang harus menanamkan kebiasaan yang baik pada anak.

            Dari urain di atas bisa disimpulkan bahwasanya alah bisa karna biasa adalah hal yg harus ditanamkan kepada anak usia dini. Dan hal yang harus di tanamkan pada mereka yang paling utama adalah ilmu tauhid dasar seperti mengenal nama-nama Allah, Rasul, Malaikat. Hal ini semua ada terangkum di rukun iman dan rukun islam. Selain hal ini kita juga harus menanamkan sifat- sifat Allah, nabi dan rasul secara bertahap kepada anak. Selain sifat, rukun iman dan islam kita juga harus mengajarkan mereka tentang amal makruf nahi mungkar agar mereka tidak mencela sesama, tidak mengkambing hitamkan orang lain dan perbuatan tercela lainnya. Dan hal ini juga nanntinya akan menghindari mereka dari perbuatan dosa besar dan kecil seperti, mengupat, mencaci maki orang yang lebih tua dari mereka, melakukan perbuatan zina dan lain sebagainya.

            Jadi bagaimana solusi agar anak menjadi memahami betapa penting nya ilmu tauhid pada anak yaitu dengan cara selalu merealisasikan rukun iman dn islam kepada anak. Membawa ketempat pengajian yang dimana tidak berfokus hanya pada peningkatan ilmu fikih, dan terus menjaga si anak agar tidak berbuat hal yang tidak baik karena dengan kebiasaan buruk itu dia akan melakukan keburukan dan apabila dia membiasakan yang baik insya Allah dia akan terus membiasakan yang baik seumur hidupnya.

Penulis : 
Muhammad farhan                                   




0