Vitra Yuqadhirza
22 Dec 2022 at 19:14


Kegiatan pecan imunisasi nasional polio tetes manis bagi anak-anak gampong meurandeh dayah

IMUNISASI VAKSIN POLIO SEBAGAI PENCEGAHAN PENYAKIT POLIO BAGI ANAK-ANAK DI GAMPONG MEURANDEH DAYAH

Virus Polio adalah Virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus Polio terdiri dari 3 strain yaitu strain-1 (Brunhilde), strain-2 (Lansig), dan strain-3 (Leon), termasuk family Picornaviridae. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

Virus polio adalah virus yang termasuk dalam genus Enterovirus C dan famili Picornaviridae. Virus polio merupakan penyebab penyakit poliomielitis. Virus ini memiliki diameter ~30 nm, tahan pada keadaan asam, dan berbentuk ekosahedral. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya/lumpuhnya sistem pernapasan. 

Poliomielitis atau polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh poliovirus. Di sekitar 0,5% dari kasus polio terdapat kelemahan otot yang mengakibatkan kelumpuhan. Hal ini dapat terjadi selama beberapa jam sampai beberapa hari. Kelemahan paling sering terjadi pada kaki tetapi kadang-kadang terjadi pada otot-otot kepala, leher dan diafragma. Banyak tapi tidak semua orang sepenuhnya pulih.

Poliovirus biasanya menyebar dari orang ke orang melalui feses yang terinfeksi yang memasuki mulut. Poliovirus juga dapat menyebar melalui makanan atau air yang mengandung kotoran manusia dan kadang-kadang dari air liur yang terinfeksi. Mereka yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit selama enam minggu bahkan jika tidak ada gejala. Penyakit ini dapat didiagnosis dengan menemukan virus di feses atau mendeteksi antibodi terhadap poliovirus dalam darah. Penyakit ini hanya terjadi secara alami pada manusia.

JENIS-JENIS POLIO

Polio Non-Paralisis

SuntingPolio non-paralisis menyebabkan demam, muntah, sakit perut, lesu, dan sensitif. Terjadi kram otot pada leher dan punggung, otot terasa lembek jika disentuh.

Polio Paralisis Spinal

Strain poliovirus ini menyerang saraf tulang belakang, menghancurkan sel tanduk anterior yang mengontrol pergerakan pada batang tubuh dan otot tungkai. Meskipun strain ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, kurang dari satu penderita dari 200 penderita akan mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan paling sering ditemukan terjadi pada kaki.

Polio Bulbar

Polio jenis ini disebabkan oleh tidak adanya kekebalan alami sehingga batang otak ikut terserang. tanpa alat bantu pernapasan, polio bulbar dapat menyebabkan kematian. Lima hingga sepuluh persen penderita yang menderita polio bulbar akan meninggal ketika otot pernapasan mereka tidak dapat bekerja. Kematian biasanya terjadi setelah terjadi kerusakan pada saraf kranial yang bertugas mengirim 'perintah bernapas' ke paru-paru.

Indonesia sebelumnya telah ditetapkan sebagai negara bebas polio oleh WHO delapan tahun lalu. Poliomielitis atau polio merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio.

Virus polio pertama kali ditemukan di indoensia pada 13 maret 2005 di kecamatan cidahu kabupaten suka bumi, jawa barat. Dalam kurun jangka waktu dua tahun kasus virus polio terus meningkat di Indonesia sebanyak 305 orang, tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.   
Kemudian dilakukan Outbreak Response Immunization (ORI), dua kali mop-up, lima kali PIN, dan dua kali Sub-PIN, KLB dapat diberantas sepenuhnya. Kasus Virus Polio Liar (VPL) yang mengalami kelumpuhan, terakhir ditemukan pada 20 Februari 2006 di Aceh.

Di Aceh sendiri awal November 2022 kemaren ditemukan satu kasus polio di Kabupaten Pidie, awal mula penemuan ini adalah pada bulan oktober 2022. Seorang anak berusia sekitar tujuh tahun mengalami penggecilan paha dan betis dan tidak memiliki riwayat vaksin.

Dengan kejadian ini kementerian kesehatan republik Indonesia kota banda aceh melakukan pekan imunisasai nasional polio tetes manis untuk anak  yang berusia 0 sampai 12 tahun di seluruh provinsi aceh untuk mencegah penyebaran virus polio ini. Di langsa kegiatan pekan imunisasai nasional polio tetes manis di lakaksanakan di bebrapa desa, salah satunya di lakukan di desa gampong meurandeh dayah kecamatan langsa lama  pada hari jumat 16 desember 2022.


Ibu bidan memberi imunisasi polio bagi salah sat anak yang di damping ibunya

Kegiatan ini disambut baik oleh warga desa gampong meurandeh dayah khususnya ibu – ibu yang memiliki anak berusia 0 sampai 12 tahun, banyak yang membawa anak mereka untuk imunisasai vaksin polio di balai kantor geucik meurandeh dayah untuk di vaksin. Pelaksaan vaksin ini berlangsung dari jam 08.00 WIB pagi sampai 12.00 WIB siang.

Banyak anak – anak yang takut saat akan di vaksin walaupun sudah di damping oleh orang tua, agar mereka tidak takut diimingi-imingi hadiah beruapa keu, syarat untuk melakukan vaksin polio adalah setiap ibu – ibu harus membawa photocopy kartu keluarga atau KK dua lembar tujuannya untuk melihat nomor NIK setiap anak dan akan di daftar online secara otomatis di situs dinas kesehatan.

Imunisasi vaksin ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus polio di gampong meurandeh dayah.

Ditulis Oleh

Haryati (4012019013)

Mahasiswa KKN-Kerja Sosial Gampong Meurandeh Dayah

 

0