Vitra Yuqadhirza
22 Dec 2022 at 17:07


Mengajari Anak-Anak Menulis Di Kuala Langsa


Bangsa yang baik adalah bangsa yang mampu melahirkan benih-benih generasi muda yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut. Untuk membangun bangsa, khusus Indonesia harus dilakukan dalam berbagai bidang. Namun, satu aspek penting yang harus dikedepankan dan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu adalah pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu hal untuk membentuk karakter bangsa. Namun, apa jadinya jika anak-anak negeri ini tidak semuanya dapat merasakan pendidikan yang layak. Masih banyak anak-anak di pelosok negeri ini yang belum merasakan pendidikan. Potret lain yang tidak bisa kita pungkiri yaitu kurangnya tenaga pengajar di daerah-daerah pelosok negeri. Padahal seperti kita semua tahu bahwa ruhnya pendidikan terletak dipundak para pendidik atau biasa kita panggil guru.

Permasalahan yang terjadi pada anak-anak di Desa Kuala Langsa yaitu masih terdapat beberapa anak SD yang belum bisa menulis . Maka program bimbingan belajar ini pun memfokuskan pada bagaimana caranya agar anak-anak dapat membaca, lancar menulisdengan baik.

Selama beberapa hari disana, Anak-anak yang kami ajar di Madrasah Al-Mubarokah ada sekitar 10 orang, anakanak tidak selalu datang ke madrasah beberapa kadang tidak hadir, karena sistem madrasah pun masih sangat sederhana, dan tidak ada absensi sehingga kehadiran anak-anak madrasah pun bersifat sukarela dan tidak ada tuntutan untuk selalu hadir.

Kami mengajar anak-anak selama kurang lebih satu bulan setiap hari senin dan  kamis, sedangkan pada hari lainnya mengikuti program lain. Biasanya kegaiatan awal dibuka dengan membaca doa mau belajar bersama-sama dan juga membaca surat Al-Fatihah, kemudian kami mengajarkan cara menulis angka, huruf, dan huruf hijaiyah. Meskipun waktu yang kami habiskan bersama anak-anak sangat singkat, namun pengalaman dan juga kesempatan yang kami dapatkan untuk bisa mengajar anak-anak di desa tersebut sangat berkesan,

Permasalahan Dari penjelasan diatas dapat dilihat bahwa kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Program bimbingan belajar yang penulis lakukan memiliki tujuan untuk membuat anak-anak yang semula tidak dapat membaca, tidak lancar menulis dan mengaji menjadi bisa membaca, lancar menulis. Sehingga pada awal pertemuan banyak anak-anak yang mulai lupa dengan penulisan huruf huruf dan angka yang sudah dipelajari, dan beberapa sedikit kaku dalam menghafal huruf dan angka. Dari itu semua maka kegiatan belajar mengajar yang dilakukan penluis bisa dikatakan lancar dan juga cukup berhasil, karena tujuan dari program ini dapat tercapai dan terlaksana cukup baik. Meskipun karena keterbatasan waktu, masih belum optimal dalam membantu anak-anak sampai mahir dan lancar membaca, menulis dan menghafal huruf.

Mengapa kemampuan menulis sangat penting bagi anak? Menulis mendorong siswa memproduksi gagasan-gagasan baru secara kreatif. Menulis melatih siswa menyeleksi bahan atau data atau temuan yang paling relevan untuk dihadirkan. Menulis melatih siswa mengabstraksikan kenyataan atau data konkret menjadi pernyataan-pernyataan ilmiah menulis dengan tangan memiliki banyak manfaat karena mengasah berbagai keterampilan seperti berpikir kritis, daya ingat, dan motorik.

Menurut pendapat salahsatu orangtua anak yang kami ajarkan ialah “Kegiatan belajar menulis ini sangat membantu dan juga mendukung anak untuk menguasai huruf dan fonemik, memperkata kosa kata, dan meningkatkan kemampuan anak dalam menangkap pelajaran,”

Itulah sebabnya keterampilan menulis sangat penting, berperan besar dan dapat menentukan kompetensi anak secara keseluruhan, prestasi akademik maupun pencapaian di kegiatan lainnya.

Salah satu guru sekolah yang berada di desa tersebut mengatakan, menulis merupakan cara komunikasi yang sangat baik antara anak dan orang tua dan keterampilan menulis dapat diasah dengan menanamkan kebiasaan menulis pada anak.

Menurutnya, terdapat tiga manfaat utama menulis pada anak berdasarkan hasil penelitian, yaitu meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan daya ingat.

Dan manfaat lain juga yaitu anak tersebut bisa belajar Mengeluarkan Pendapat dengan Cara Bijak. Dengan menulis, Anak juga berlatih menyunting tulisannya sendiri. Tulisan yang telah dituangkan dapat ditulis ulang lagi hingga mendapatkan bentuk kalimat yang pas. Beda dengan berbicara yang setelah terucapkan tidak  bisa ditarik kembali

Menulis juga bisa Menjadi Bekal buat Masa Depan. Karena, satu profesi pun di dunia yang tidak butuh menulis. Jika anak sudah terbiasa menulis sejak kecil mereka akan sangat tertolong saat harus menulis tugas sekolah, makalah atau skripsi saat sudah kuliah kelak.

Kemudian, bisa Menambah Ilmu dan Wawasan bagi anak, Anak yang suka menulis biasanya akan suka membaca. Dengan menggabungkan dua kemampuan ini, otomatis ilmu dan wawasan anak juga akan berkembang.

 

Untuk saran kedepannya jika diadakan lagi KKN di Desa ini, kami berharap program dalam bidang pendidikan tetap dilakukan, namun lebih dioptimalkan.

 Di Tulis Oleh Nurhayatun Nufus

Mahasiswi Program Studi Hukum Keluarga Islam

Fakultas Syariah

2

Avatar
ppu-prof_Ei
Наша группа искусных исполнителей проштудирована предъявить вам передовые средства, которые не только подарят прочную покров от заморозков, но и подарят вашему дому трендовый вид. Мы трудимся с современными строительными материалами, ассигнуруя продолжительный время эксплуатации и выдающиеся выходы. Изоляция внешнего слоя – это не только экономия энергии на огреве, но и забота о окружающей природе. Энергоспасающие методы, какие мы применяем, способствуют не только вашему, но и сохранению экосистемы. Самое основное: <a href=https://ppu-prof.ru/>Стоимость утепления и штукатурки фасада</a> у нас начинается всего от 1250 рублей за м2! Это доступное решение, которое метаморфозирует ваш хаус в истинный тепличный район с минимальными затратами. Наши работы – это не только изолирование, это составление пространства, в котором все элемент показывает ваш уникальный образ. Мы берем во внимание все твои желания, чтобы осуществить ваш дом еще еще более комфортным и привлекательным. Подробнее на <a href=https://ppu-prof.ru/>http://www.ppu-prof.ru/</a> Не откладывайте занятия о своем квартире на потом! Обращайтесь к специалистам, и мы сделаем ваш дворец не только более теплым, но и стильнее. Заинтересовались? Подробнее о наших услугах вы можете узнать на веб-ресурсе. Добро пожаловать в сферу удобства и качества.
2 months ago
Avatar
Seo-Ul-raP
Мы эксперты специалистов по продвижению в интернете, занимающихся продвижением вашего сайта в поисковых системах. Наша команда получили заметные достижения и расширим ваш кругозор нашим опытом и знаниями. Какие преимущества вы получите: • <a href=https://seo-prodvizhenie-ulyanovsk1.ru/>оптимизация сайта цена</a> • Комплексный анализ вашего сайта и разработка индивидуальной стратегии продвижения. • Модернизация контента и технических аспектов вашего сайта для оптимальной работы. • Регулярный анализ результатов и мониторинг вашего онлайн-присутствия для его улучшения. Подробнее <a href=https://seo-prodvizhenie-ulyanovsk1.ru/>https://seo-prodvizhenie-ulyanovsk1.ru/</a> У наших клиентов уже есть результаты: увеличение посещаемости, улучшение позиций в поисковых запросах и, конечно же, рост своего бизнеса. У нас вы можете получить бесплатную консультацию, для обсуждения ваших потребностей и разработки стратегии продвижения, соответствующей вашим целям и финансовым возможностям. Не упустите шанс улучшить свои результаты в интернете. Свяжитесь с нами немедленно.
4 days ago