Vitra Yuqadhirza
22 Dec 2022 at 16:54


PERAN USAHA KERUPUK KULIT KERBAU DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BISNIS DI DESA PAYA BUJOK BEUROMO

Kerupuk kulit adalah makanan ringan yang biasa dijadikan lauk pauk pendamping makan. Kerupuk kulit salah satu cemilan yang sangat enak, dan cemilan satu ini paling banyak diminati karena rasa nya yang gurid dan lezat. Karna banyak yang menyukai kerupuk kulit maka dari itu, kerupuk kulit bisa menjadi peluang usaha yang besar bagi masyarakat. Proses pembuatan kerupuk kulit ini sangat mudah dan simple, akan tetapi harus melewati proses pembuatan yang sangat panjang. Usaha kerupuk kulit ini sangat menguntukan bila dijadikan usaha akan tetapi bahan baku pembuatan kerupuk kulit ini sangat langka. Bahan  baku pembuatan kerupuk kulit ini yaitu dengan menggunakan kulit kerbau.

Proses pengolahan dari kulit mentah hingga menjadi kerupuk yang  siap makan, tentunya membutukan waktu yang sangat panjang. Dimulai dari perendaman kulit kerbau dalam air lalu bulu-bulu kerbau yang dihilangkan, lalu kulit kerbau yang diiris tipis-tipis sebelum proses penjemuran. Jika kerupuk kulit ini disukai banyak kalangan maka harus membuat kerupuk kulit yang nikmat dan, berikan banyak pilihan rasa agar produk banyak dimintai banyak orang. Menggunakan kemasan kerupuk kulit yang cantik dan baik, berikan nama produk dan cantumkan kode kadarluasa serta no BPOM.  Bahan pembuatan kerupuk kulit ini tidak gampang ditemui di pasaran, bahan bakunya harus kita pesan dari aceh utara.

Bahan Baku Kerupuk Kulit Kerbau

Bahan baku untuk membuat kerupuk kulit kerbau di beli didaerah aceh utara yang banyak di jumpai dipasar tradisional ataupun kerja sama dengan pengusaha jagal kerbau. bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk kulit kerbau diantaranya : kulit kerbau asli, air kapur, bawang putih, gula pasir, garam, minyak, dan sebagainya. Bahan untuk kerupuk kuli ini perlu berkualitas supaya mendapatkan produk kerupuk kulit yang disukai oleh banyak orang dengan cita rasa yang khas. 

Lokasi Usahaa Kerupuk Kulit Kerbau

Usaha kerupuk kulit kerbau ini dapat dijalankan di rumah, seperti yang dilakukan oleh seorang pengusaha kecil di desa paya bujok beuromo dengan memanfaatkan dapur rumah sebagai tempat usaha yang sesuai untuk menjalankan bisnis. Proses pembuatan kerupuk kulit kerbau ini akan membutuhkan tempat yang luas guna proses penjemuran dan sebagainya.

Konsumen Kerupuk Kulit Kerbau

Kerupuk kulit kerbau memiliki rasa enak dan gurih jadi akan disukai banyak kalangan, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa dapat menikmatinya saat bersantai dan melakukan aktivitas bersama keluarga. Harga kerupuk kulit pun terjangkau sehingga kerupuk kulit kerbau akan disukai banyak kalangan. Usaha pun dapat berjalan dengan lancar serta mudah karena terdapat banyak konsumen yang suka. Kerupuk kulit kerbau ini menjadi salah satu kerupuk untuk menjadi sebuah oleh oleh bagi para peminatnya.

Pemasaran Kerupuk Kulit Kerbau

Agar usaha kerupuk kulit dapat berjalan dengan lancar maka untuk proses pemasaran bisa dilakukan dengan membuat spanduk dan memberi nama unik supaya mudah dikenal masyarakat. Dengan membuat spanduk dengan tampilan menarik dengan menyertakan gambar.

Analisa Usaha Kerupuk Kulit Kerbau Di Desa Paya Bujok Beuromo

Pada saat menjalankan usaha kerupuk kulit kerbau maka yang harus dilakukan dengan baik mengenai pengetahuan analisa usaha pada peluang bisnis kerupuk kulit kerbau dibawah ini :

·         Masa penggunaan pisau selama waktu 3 tahun

·         Masa penggunaan talenan selama waktu 2 tahun

·         Masa penggunaan kompor dan gas selama 4 tahun

·         Masa penggunaan oven selama waktu 3 tahun masa penggunaan wadah selama 1 tahun

·         Masa penggunaan penghalus bambu selama waktu 3 tahun

·         Masa penggunaan mesin pengemas selama waktu 4 tahun

·         Masa penggunaan peralatan selama 3 tahun

Peralatan

Harga

Pisau

Rp. 35.000

Telanan

Rp. 65.000

Kompor dan gas

Rp. 435.000

Oven

Rp. 1.850.000

Wadah

Rp. 150.000

Penghalus bambu

Rp. 200.000

                       

Mesin pengemas

Rp. 175.000

Peralatan tambahan

Rp. 250.000

Jumlah investasi

Rp. 3.160.000

                                               

Pendapatn perbulan

50 kemasan x Rp. 2.000 = Rp. 100.000 x 30 hari =  Rp. 3.000.000

Penulis Artikel

Nama               : Eva Yuniar Purba 1012019047

Prodi               : Pendidikan Agama Islam

Gmail           : [email protected]

0