Vitra Yuqadhirza
22 Dec 2022 at 13:46


Bahasa Inggris Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini

Mempelajari bahasa Inggris dapat membantu pikiran anak untuk melihat dari sudut pandang lain dan mengekspresikan diri mereka. Dengan memiliki saluran komunikasi lainnya untuk menyampaikan ide dan perasaan mereka, anak akan memiliki banyak pilihan untuk menyuarakan pendapat mereka. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling umum digunakan oleh semua orang dalam skala internasional. Hampir semua orang di dunia mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa asli mereka. Artinya, kemana pun kamu pergi, bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang umum dijumpai. Dengan menguasainya, bepergian ke negara apa pun akan lebih mudah dan lebih cepat karena tidak terhalang oleh kesulitan komunikasi. Apalagi di area jaman sekarang ini dimana-mana banyak yang menggunakan bahasa asing yaitu bahasa inggris yang semakin meningkat, belajar bahasa Inggris sejak dini merupakan modal dasar untuk persiapan di masa depan nanti.

Mengajarkan si kecil berbahasa Inggris sejak dini idealnya menjadi kesadaran bagi parents untuk membantu anak lebih siap bersaing di era global saat dewasa kelak. Tak hanya melalui pendidikan formal, tetapi bahasa Inggris pun dapat dipelajari melalui berbagai hiburan seperti menonton video dan membaca buku. Nah, jika si kecil sudah terbiasa berbahasa Inggris sejak dini, dia akan lebih memahami dan enjoy dengan segala bentuk hiburan berbahasa Inggris sehingga skill-nya pun akan semakin meningkat seiring usianya bertambah nanti.

Kenapa belajar Bahasa Inggris itu penting? Sebab, belajar bahasa Inggris bisa membuat kita menjadi lebih mudah memahami berbagai macam hal di sekitar kita. Apalagi, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini, termasuk untuk kepentingan akademis. Apa jadinya jika kita tidak mengerti bahasa Inggris sementara semua ilmu pengetahuan dan hasil riset terbaru diterbitkan dalam bahasa Inggris? Kita yang rugi kan! Bahasa menjadi salah satu alat untuk manusia berkomunikasi, dengan bahasa manusia akan lebih mudah untuk berkomunikasi. Manusia merupakan mahluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.Komuniaksi digunakan untuk menyampaikan maksud tertentu dari seseorang kepada orang lain melalui bahasa, baik itu secara lisan, tulisan maupun bahasa isyarat.Tanpa bahasa kita akan sulit untuk berkomunikasi dan menyampaikan maksud ataupun tujuan kita kepada orang lain serta berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Desa meurandeh yang terletak dikecamatan langsa lama, Kabupaten kota langsa, sebanyak 403 kepala keluarga dan  jumlah penduduk  1. 328 terbagi menjadi bebrapa dusun. Ada 1 SD/ Sederajat dan 1 TK namun tidak ada sekolah Menengah Pertama di desa tersebut. Sehingga para orang orang tua harus menyekolahkan anaknya dari luar gampong terssebut untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Dalam pandangan warga gampong meurandeh, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang rumit untuk dipelajari. Bahkan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi pendorong pentingnya menguasai bahasa inggris bagi anak-anak di gampong meurandeh. Selain itu di gampong meurandeh terlihat masih minim dalam pendidikan terutama dalam pendidikan bahasa inggris bagi anak-anak.

 Di desa tersebut ada mahasiswa KKN akhirnya mendorong penulis utuk mengadakan program kegiatan les belajar bahasa inggris dilakukan tempat di TPA Meurandeh Dayah, jatuh pada hari dan waktu selasa, kamis dan sabtu jam 13.30-16.00 WIB. Di tempat yang sama ada juga mengadakan program ngaji malam sehabis sholat Maghrib sampai dengan sholat isya sebanyak 40 murid Meurandeh Dayah. Melihat siswa yang sangat semangat untuk mengikuti kegitan les belajar bahasa inggris  membuat si penulis semakin bertambah semangat untuk mengajar mereka tersebut. Bahkan bukan hanya belajar bahasa inggris  aja yang mereka mau tetapi pelapajaran umum lainnya juga mereka minta contohnya seperti Matematika, Ppkn,Ilmu pengetahuan sosail,dan lain sebagainya. Kendala mereka untuk belajar ialah ketika musim hujan belajar pun diliburkan begitu juga dengan malam ketika hujan malam belajar ngaji juga di liburkan. Maka dari itu penulis  membuat program les belajar bahasa inggris tersebut sehingga bisa belajar bahasa ataupun umum dalam kegiatan tersebut. Kemudian warga Meurandeh Dayah tersebut juga  mendukung atas program yang kami laksanakan di TPA tersebut. Karena membuat anak-anak mau belasjar lebih giat dan aktif lagi bukan hanya belajar dirumah saja tetapi ada belajar diluar seperti dalam kegiatan les belajar tersebut.

pendidikan bahasa Inggris untuk anak usia dini membutuhkan metode dan proses pengajaran yang tepat dan efektif. Ada beberapa metode dan teknik yang sesuai untuk pengajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini antara lain dalam konteks yang komunikatif meliputi konteks situasi sosial, kultural, permainan, nyanyian dan musik, pembacaan cerita, pengalaman-pengalaman kesenian, kerajinan tangan dan mengutamakan gerakan fisik. Dan diantara metode dan teknik tersebut maka pendekatan dengan lagu nyanyian dan gerak adalah metode yang sangat sesuai dan berhasil dalam pendidikan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Karena pada dasarnya anak suka menyanyi dan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan bagi mereka.

Karena setiap hari anak mendapatkan kosa kata baru Bahasa Inggris dan dilakukan secara berulang saat berkomunikasi kepada penulis  maupun teman-temannya. Pengucapan kosa kata berbahasa Inggris pun sangat di tekankan terbukti saat anak salah mengucapkan kata berbahasa Inggris, penulis  akan memperbaikinya secara berulang dan menanyakan nya beberapa kali. Respon anak saat pengajaran Bahasa Inggris, ada beberapa anak yang paham kerena memang di rumah sudah diajarkan sama orang tuannya sehingga dia mudah memahami apa yang di ajarkan. Namun ada beberapa anak yang belum paham karena bahasa yang di  gunakan sehari-hari saat berada di rumah menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Aceh.Yang diajarkan selama proses pembelajaran adalah yang pertama greeting, lalu karakter building yaitu 5 magic word (sorry, help, excuse me, please, and thank you) dan yang terakhir pembelajaran yang dilakukan harus sesuai dengan tema.

Kendala saat pembelajaran pengenalan Bahasa Inggris kepada anak yaitu ada yang basicnya 0 yaitu anak yang menggunakan Bahasa Indonesia - Aceh dan dari parents karena tidak bisa menguasai Bahasa Inggris. Reaksi anak di dalam ruangan  saat pembelajaran Bahasa Inggris ada anak yang bosan karena dirumah anak sudah di ajarkan materi yang sama seperti di sekolah, ada anak yang antusias karena suka dengan pembelajaran Bahasa Inggris dan ada anak yang acuh tak aceh. Solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu mencari ketertarikan anak (anak suka mewarnai maka biarkan anak mewarnai), banyak mencari referensi, harus mengenali anak yang berperilaku super, dan mengetahui kemampuan anak. Cara penulis menentukan tingkat ketercapaian anak yaitu ketika anak dapat mengerjakan tugas dengan baik dan benar. Harapan penulis semoga dalam program les belajar bahasa ingris dengan metode pembelajaran ini diharapkan menambah semangat belajar anak-anak, menambah kosa kata baru dan mampu berkomunikasi bersama satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Selama pelaksaan program ini, penulis sangat bangga dengan anak-anak di gampong meurandeh tersebut karena mereka semua datang dengan tepat waktu dan semengat untuk belajar.

Ditulis Oleh :
Nama : selami ( 1042019013) fakultas FTIK

           

 

0