Vitra Yuqadhirza
22 Dec 2022 at 13:46Bahasa Inggris Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini
Mempelajari bahasa
Inggris dapat membantu pikiran anak untuk melihat dari sudut pandang lain dan
mengekspresikan diri mereka. Dengan memiliki saluran komunikasi lainnya untuk
menyampaikan ide dan perasaan mereka, anak akan memiliki banyak pilihan untuk
menyuarakan pendapat mereka. Bahasa
Inggris merupakan bahasa yang paling umum digunakan oleh semua orang dalam
skala internasional. Hampir semua orang di dunia mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa kedua setelah bahasa asli mereka. Artinya, kemana pun kamu
pergi, bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang umum dijumpai. Dengan
menguasainya, bepergian ke negara apa pun akan lebih mudah dan lebih cepat
karena tidak terhalang oleh kesulitan komunikasi. Apalagi di area jaman sekarang
ini dimana-mana banyak yang menggunakan bahasa asing yaitu bahasa inggris yang
semakin meningkat, belajar bahasa Inggris sejak dini merupakan modal dasar
untuk persiapan di masa depan nanti.
Mengajarkan si
kecil berbahasa Inggris sejak dini idealnya menjadi kesadaran bagi parents
untuk membantu anak lebih siap bersaing di era global saat dewasa kelak. Tak
hanya melalui pendidikan formal, tetapi bahasa Inggris pun dapat dipelajari
melalui berbagai hiburan seperti menonton video dan membaca buku. Nah, jika si
kecil sudah terbiasa berbahasa Inggris sejak dini, dia akan lebih memahami dan
enjoy dengan segala bentuk hiburan berbahasa Inggris sehingga skill-nya pun
akan semakin meningkat seiring usianya bertambah nanti.
Kenapa belajar
Bahasa Inggris itu penting? Sebab, belajar bahasa Inggris bisa membuat kita
menjadi lebih mudah memahami berbagai macam hal di sekitar kita. Apalagi,
bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini,
termasuk untuk kepentingan akademis. Apa
jadinya jika kita tidak mengerti bahasa Inggris sementara semua ilmu
pengetahuan dan hasil riset terbaru diterbitkan dalam bahasa Inggris? Kita yang
rugi kan! Bahasa menjadi salah satu alat untuk manusia berkomunikasi, dengan
bahasa manusia akan lebih mudah untuk berkomunikasi. Manusia merupakan mahluk
sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.Komuniaksi digunakan untuk
menyampaikan maksud tertentu dari seseorang kepada orang lain melalui bahasa,
baik itu secara lisan, tulisan maupun bahasa isyarat.Tanpa bahasa kita akan
sulit untuk berkomunikasi dan menyampaikan maksud ataupun tujuan kita kepada
orang lain serta berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.
Desa meurandeh
yang terletak dikecamatan langsa lama, Kabupaten kota langsa, sebanyak 403
kepala keluarga dan jumlah penduduk 1. 328 terbagi menjadi bebrapa dusun. Ada 1
SD/ Sederajat dan 1 TK namun tidak ada sekolah Menengah Pertama di desa
tersebut. Sehingga para orang orang tua harus menyekolahkan anaknya dari luar
gampong terssebut untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Dalam
pandangan warga gampong meurandeh, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang rumit
untuk dipelajari. Bahkan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi
pendorong pentingnya menguasai bahasa inggris bagi anak-anak di gampong
meurandeh. Selain itu di gampong meurandeh terlihat masih minim dalam
pendidikan terutama dalam pendidikan bahasa inggris bagi anak-anak.
Di desa tersebut ada mahasiswa KKN akhirnya
mendorong penulis utuk mengadakan program kegiatan les belajar bahasa inggris dilakukan
tempat di TPA Meurandeh Dayah, jatuh pada hari dan waktu selasa, kamis dan
sabtu jam 13.30-16.00 WIB. Di tempat yang sama ada juga mengadakan program
ngaji malam sehabis sholat Maghrib sampai dengan sholat isya sebanyak 40 murid
Meurandeh Dayah. Melihat siswa yang sangat semangat untuk mengikuti kegitan les
belajar bahasa inggris membuat si
penulis semakin bertambah semangat untuk mengajar mereka tersebut. Bahkan bukan
hanya belajar bahasa inggris aja yang
mereka mau tetapi pelapajaran umum lainnya juga mereka minta contohnya seperti
Matematika, Ppkn,Ilmu pengetahuan sosail,dan lain sebagainya. Kendala mereka
untuk belajar ialah ketika musim hujan belajar pun diliburkan begitu juga
dengan malam ketika hujan malam belajar ngaji juga di liburkan. Maka dari itu
penulis membuat program les belajar
bahasa inggris tersebut sehingga bisa belajar bahasa ataupun umum dalam
kegiatan tersebut. Kemudian warga Meurandeh Dayah tersebut juga mendukung atas program yang kami laksanakan
di TPA tersebut. Karena membuat anak-anak mau belasjar lebih giat dan aktif
lagi bukan hanya belajar dirumah saja tetapi ada belajar diluar seperti dalam
kegiatan les belajar tersebut.
pendidikan bahasa
Inggris untuk anak usia dini membutuhkan metode dan proses pengajaran yang
tepat dan efektif. Ada beberapa metode dan teknik yang sesuai untuk pengajaran
bahasa Inggris bagi anak usia dini antara lain dalam konteks yang komunikatif
meliputi konteks situasi sosial, kultural, permainan, nyanyian dan musik,
pembacaan cerita, pengalaman-pengalaman kesenian, kerajinan tangan dan
mengutamakan gerakan fisik. Dan diantara metode dan teknik tersebut maka
pendekatan dengan lagu nyanyian dan gerak adalah metode yang sangat sesuai dan
berhasil dalam pendidikan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Karena pada
dasarnya anak suka menyanyi dan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan
bagi mereka.
Karena setiap hari
anak mendapatkan kosa kata baru Bahasa Inggris dan dilakukan secara berulang saat
berkomunikasi kepada penulis maupun
teman-temannya. Pengucapan kosa kata berbahasa Inggris pun sangat di tekankan terbukti
saat anak salah mengucapkan kata berbahasa Inggris, penulis akan memperbaikinya secara berulang dan
menanyakan nya beberapa kali. Respon anak saat pengajaran Bahasa Inggris, ada
beberapa anak yang paham kerena memang di rumah sudah diajarkan sama orang
tuannya sehingga dia mudah memahami apa yang di ajarkan. Namun ada beberapa
anak yang belum paham karena bahasa yang di gunakan sehari-hari saat berada di rumah
menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Aceh.Yang diajarkan selama proses
pembelajaran adalah yang pertama greeting, lalu karakter building yaitu 5 magic
word (sorry, help, excuse me, please, and thank you) dan yang terakhir
pembelajaran yang dilakukan harus sesuai dengan tema.
Kendala saat
pembelajaran pengenalan Bahasa Inggris kepada anak yaitu ada yang basicnya 0
yaitu anak yang menggunakan Bahasa Indonesia - Aceh dan dari parents karena tidak
bisa menguasai Bahasa Inggris. Reaksi anak di dalam ruangan saat pembelajaran Bahasa Inggris ada anak yang
bosan karena dirumah anak sudah di ajarkan materi yang sama seperti di sekolah,
ada anak yang antusias karena suka dengan pembelajaran Bahasa Inggris dan ada
anak yang acuh tak aceh. Solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut
yaitu mencari ketertarikan anak (anak suka mewarnai maka biarkan anak
mewarnai), banyak mencari referensi, harus mengenali anak yang berperilaku
super, dan mengetahui kemampuan anak. Cara penulis menentukan tingkat
ketercapaian anak yaitu ketika anak dapat mengerjakan tugas dengan baik dan
benar. Harapan penulis semoga dalam program les belajar bahasa ingris dengan
metode pembelajaran ini diharapkan menambah semangat belajar anak-anak, menambah
kosa kata baru dan mampu berkomunikasi bersama satu sama lain dalam kehidupan
sehari-hari dengan baik dan benar. Selama pelaksaan program ini, penulis sangat
bangga dengan anak-anak di gampong meurandeh tersebut karena mereka semua
datang dengan tepat waktu dan semengat untuk belajar.
Ditulis Oleh :
Nama : selami ( 1042019013) fakultas FTIK
0