Vitra Yuqadhirza
22 Dec 2022 at 13:37


KUE BINGKANG, PENDONGRAK EKONOMI RUMAH TANGGA IBU DESA LHOK BANIE

Kota Langsa – Gampong Lhok Bani merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Langsa Barat kabupaten Kota Langsa. Di desa ini ibu – ibu rumah tangga memebantu perekonomian rumah tangga nya dengan memproduksi kue Bingkang, yang di pasarkan dengan cara meletakkannya di kedai kedai kopi di sekitaran gampong dan memajang nya di depan rumah pinggir jalan raya Medan – Banda Aceh.

Kue Bingkang merupakan camilan khas dari Aceh, Kue ini biasa disebut juga dengan bingkang Aceh. Ada dua varian dari Kue Bingkang ini yaitu Bingkang tepung yang berbahan dasar terigu dan ada Bingkang ubi yang berbahan dasar singkong. Usaha pembuatan Kue Bingkang juga tidak butuh proses produksi yang rumit, begitu juga dengan peralatan yang digunakan, karena pembuatan kue ini cukup sederhana, campurkan tepung terigu atau parutan singkong dengan santan, gula dan telur serta sedikit air daun pandan di aduk rata kemudian dimasukkan loyang lalau dipanggang di dalam oven.

Kue Bingkang ini, sekarang bukan hanya cemilan masyarakat setempat saja namun sudah menjadi oleh-oleh favorit bagi pengguna jalan yang kebetulan melintasi kawasan kota Langsa. Karena sudah menajdi oleh oleh khas aceh Supaya kue tradisional ini bisa tampil lebih “elit” dan layak untuk ditenteng sebagai oleh-oleh, ibu rumah tanggani kemudian mengemas kue buatannya dalam kotak kue lengkap dengan mereknya dengan desain yang cukup menarik perhatian. Sebelumnya, Kue Bingkang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan atau jika sedang ada pesta-pesta perkawinan, dan hanya bisa ditemukan didaerah Kota Langsa. Tetapi sejak tahun 2005, Kue Bingkang bisa ditemukan di daerah lain termasuk Banda Aceh. Terlebih setelah kejadian Tsunami Aceh pada tahun 2006 lalu, banyaknya organisasi non pemerintah yang membantu bisnis rumahan bagi korban gempa dan tsunami Aceh untuk mengembangkan bisnis mereka. Terutama bisnis makanan khas Aceh seperti Kue Bingkang.

Bagi anda yang baru pertama kali datang ke Aceh, kue bingkang merupakan salah satu menu andalan yang wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun, untuk yang tahan lama baru tersedia dia beberapa tempat tertentu seperti daerah Mereudu dan Banda Aceh. Namun, di seluruh aceh kue bingkang bisa ditemukan pada hampir setiap warung kopi karena sudah menjadi usaha ibu-ibu di daerah tersebut. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa kue bingkang sudah mampu mendongkrak perekonomian ibu rumah tangga. Tidak hanya mendongkrak perekonomian, kue bingkang juga sudah menjadi bagian dari sejarah dan kebudayaan Aceh itu sendiri.

Ditulis Oleh

Putri Rukniza (4022019055) 

Alya zahwa (4022019055) 

T. Mukhlisin (4022019125) 

Prodi : Ekonomi syariah

DPL : Ikhsan Kamilan Latif, M.H

0