Lam Ganda Sari Sitinjak
22 Dec 2022 at 07:06


Pagi itu saya dan teman-teman memutuskan untuk berkunjung ke Hutan mangrove yang ada di Rendani, Manokwari, Papua Barat. Perjalanan kesana memakan waktu 20 menit dari tempat kami menggunakan motor. Perlu kita ketahui bahwa Mangrove adalah semak atau pohon yang tumbuh di pantai air asin atau payau. Mangrove secara taksonomi beragam, sebagai hasil dari evolusi konvergen di beberapa famili tumbuhan.

Mengutip dari dlhk.bantenprov.go.id, beberapa fungsi hutan Mangrove sebagai berikut: Dapat menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, penyerap gas karbon dioksida dan penghasil oksigen, tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan.
Fungsi Fisik yakni menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dan sungai daerah erosi dan abrasi, menahan angin kencang dari laut, menahan proses penimbunan lumpur, menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan, mengolah limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida

Fungsi Biologis yakni menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan bagi plankton sehingga dapat menunjang rantai makanan, tempat memijah dan berkembang biak ikan, kerang, kepiting, dan udang, tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain. Habitat alami bagi berbagai jenis biota.

Fungsi Ekonomis Menghasilkan kayu untuk bahan bakar, arang, dan bahan bangunan. Menghasilkan bahan baku industri seperti pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, dan lain sebagainya. Menghasilkan bibit ikan, nener, kerang, kepiting, dan berbagai biota lain. Tempat wisata, penelitian, dan pendidikan.

Wah wah wah ternyata fungsi hutan mangrove seluar biasa itu. Nah ditempat ini kami menemui beberaap jenis mangrove ada Rhizophora Apiculata, Rhizophora Stylosa, Sonneratia Alba. Waduhh nama-namanya lumayan susah ya.

Setelah melihat keindahan hutan mangrove kami memutuskan untuk masuk ke dalam hutan tersebut. Sembari kami memgamati jenis-jenis mangrove kami disuguhkan dengan satu biota yang tak lain dan tidak bukan yaitu kerang, dengan sangat excited kami mencari kerang tersebut. Beberapa kerang sudah kami temukan (tidak mudah mendapatkat kerang tersebut, pakaian dan sepatu kami kena lumpur) tapi kami senang dan kami melanjutkanya meskipun lumpur dimana-mana.

Ternyata Tuhan sedah menyediakan hal-hal yang luar biasa bagi mahluk di bumi ini. Salah satunya HUTAN MANGROVE yang punya sejuta manfaat bagi bumi dan seisinya. Tugas kita sebagai manusia adalah menjaga dan merawat. Jangan sesekali kita rusak. Demi keberlangsungan hidup mari kita sama-sama bergandengan tangan menjaga Bumi dan seisinya.

Salam Lestari


0