Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 23:06


Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar

Kota Langsa merupakan kota yang sangat luas yang terdapat banyak wilayah. Dalam wilayah tersebut terdapat beberapa desa, salah satunya Desa Batee Puteh. Dalam desa tersebut terdapat beberapa dusun.

Lingkungan adalah semua jenis baik flora maupun fauna berkombinasi menjadi satu, semua makhluk baik yang bernyawa ataupun tidak. Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yangg ada di muka bumi, termasuk manusia, hewan dan tumbuhan. Maka dari itu harus kita jaga kelestariannya. Kenapa kita sebagai manusia begitu pentingnya unuk menjaga lingkungan sekitar ?  karena agar lingkungan di sekitar kita bersih, aman, nyaman, dan tentram tentunya. Bayagkan jika tidak membersihkannya pasti kita akan diserang oleh penyakit salah satunya seperti demam berdarah, dan lain sebaginya.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar tidak hanya dengan membuang sampah pada tempatnya saja, tetapi ada banyak hal yang kita harus lakukan agar lingkungan sekitar kita menjadi bersih yaitu dengan cara menguras bak mandi minimal seminggu sekali, ngepel rumah, sapu halaman, membersikan selokan, membuat gotong royong, dan lain sebaginya,bahkan kalau bisa sampah sekecil di jalan pun kita harus ambil. Dalam QS. Al-Zalzalah Allah SWT berfirman yang artinya “Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya Allah akan membalasnya, dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar biji dzarrah, niscaya Allah akan mebalasnya”.

Banyak masyarakat di lingkungan sekitar kita tidak tahu-menahu masalah kebersihan seperti membuang sampah ke sungai, sehingga sungai tersebuat meluap apalagi di saat hujan turun dengan sangat deras, dari situlah bisa menyebabkan kebanjiran. Jadi, kita sama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak tercemar.

Kita sebagai orang dewasa harus mengajari anak-anak untuk belajar membuang sampah pada tempatnya, Supaya terbiasa di saat dia tumbuh menjadi dewasa nantinya.

Lingkungan yang ada di sekitar kita harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Lingkungan yang bersih dan rapi akan memberikan dampak positif bagi kita, misalnya kesehatan akan senantiasa terjaga.

Kebersiha lingkungan dimulai dari lingkungan ruma dan tempat kita bekerja. Untuk kebersian lingkungan sekitar rumah, kita lakukan dengan membersihkan halaman seperti yang di atas tadi. Mari biasakan diri dengan pola hidup bersih. Sampah yang dihasilkan rumah tangga selanjutnya kita pilah menjadi tiga, sampah organik, sampah non organik dan sampah botol atau pecah belah. Dengan pemilahan jenis sampah ini akan sangat bermanfaat, sampah organik bisa kita jadikan kompas sehingga beranfaat untuk menyuburkan tanah dan tanaman. Sampah  non organik kita kumpulkan dan kita jual ke pengepul unuk didaur ulang sehingga memberikan nilai lebih. Sementara itu, untuk tempat kerja, ciptakan susasana ruang kerja yang bersih, rapi dan indah sehingga kita nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Dewwasa sekarang ini sampah sudah mmenjadi ancaman bagi ekosisem, baik di darat maupun di laut., khususnya Indonesia. Setiap ahn sebanyak 1.290.000 ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara ke lautan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13.000 plastik mengapung disetiap kilometer persegi setiap tahunnya yang menasbihkan Indonsia menjadi negara nomor dua di dunia denan produksi sampah lastik terbanyak di lauutan. Maka dari itu perlu sekali pemahaman dan pengenalan secara mendetail mengenai lingkungan.

Seluruh manusia mempunyai kewajiban yang kurang lebih sama untuk menjaga dan memerhatikan kemaslahatan lingkungan. Yaitu dengan melakukan hal-hal yang bermafaat bagi lingkungan dan masyarakat luas, sekaligus menghindari hal-hal yang bersifat negatif terhadap lingungan dan kehidupan bersama.

Islam sangat memperhatikan kemaslahatan manusia, terutama kemaslahatan yang berdampak luas bagi kehidupan masyarakat. Dalam islam, gagasan kemaslahatan dimaksudkan untuk mendorong umatnya agar senantiasa melakukan kebaikan sebannyak mungkin. Walaupun kebaikan tersebut menyangkut hal-hal sederhana. Dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, masyarat sesungguhnya telah berperan besar dalam upaya menjaga kemaslahatan ruang publik.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan, sebenarnya masih ada satu cara dalam melakuka kegiatan yang bertujuan untuk kebersihann lingkungan, yaitu dengan cara enanam tanaman. Semakin sedikitnya lahan hijau di Indonesia juga menjad permasalahan yang tidak dapat diabaikan.

Sekarang kita perlu bangkitkan kemabli guna mencegah penyakit-penyakit menular. Karena melestarikan lingkungan harus dimulai dari tinggkat ang terkecil yaitu lingkungan terdekat atau lingkngan tempat tinggal. Kecintaan terhadap lingkungan yang di tandai dari trjaganya kebersihan lingkungan masing-masing akan membawa dampak sangat besar terhadap keberlangsungan hidup generasi kita. Kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Seperti banjir dan merebahnya penyakit. Melalui adanya gotonyaroyon kebersihan lingkungan dapat terjaga, dengan lingkungan yangg bersih dan sehat dapat kita raih bersama-sama dengan warga sekitar.

Sebagaimana yang dikatan dalam hadits :

النظافة من اﻹيمان

Artinya : “ Kebersihan itu sebagian dari iman”

Oleh Nurul Afifah  (1022019036 ) Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Bahasa Arab ( IAIN Langsa – Aceh), Peserta KKNT-DR Berbasis Media Sosial Tahun 2022.

0