Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 22:57


“Meningkatkan Vocabulary Menggunakan HP”

         Pada dasar nya manusia tidak hanya disebut makhluk individu, tetapi manusia juga disebut sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk  dapat berkomunikasi dengan adanya bahasa dan berinteraksi dengan manusia yang lainnya.“Bahasa adalah sarana atau alat yang menghubungkan  komunikasi antara anggota di dalam  masyarakat yang terhimpun dari individu-individu” (dalam Nurbiana, 2007:11).  Pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia diperkenalkan dengan bahasa-bahasa asing salah satunya adalah bahasa Inggris.Seiring berjalannya waktu bahasa Inggris tidaklah lagi dianggap sebagai bahasa asing bagi masyarakat Indonesia, karena bahasa Inggris sudah diresmikan sebagai bahasa internasional karena digunakan di negara-negara seluruh dunia untuk berkomunikasi.

        Pesatnya perkembangan akan kebutuhan  teknologi di era globalisasi ini masyarakat di  Indonesia di tuntut untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Dengan sebab  itu mempelajari dan menguasai bahasa Inggris sebagai alat komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk merespon tuntutan kemajuan zaman. Besarnya kebutuhan dan tuntutan untuk menguasai bahasa internasional di era globalisasi ini menyebabkan kurikulum pendidikan mulai mengalami perubahan. Awalnya pelajaran bahasa Inggris mulai diperkenalkan dari siswa kelas SMP, tetapi sekarang pelajaran bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan dari siswa kelas SD bahkan siswa yang masih duduk di usia Taman Kanak-kanak atau Play Group juga sudah mulai dipekenalkan dengan bahasa Inggris dengan konteks pembelajaran belajar sambil bermain.

      Anak usia dini merupakan masa awal yang sangat penting dan paling mendasar dalam pertumbuhan dan perkembangan dalam periode awal kehidupannya. Pada periode ini merupakan periode yang fundamental pada kehidupan anak selanjutnya sampai periode akhir dari perkembangannya.Pendidikan di usia dini merupakan usia emas yang paling peka dan sangat mudah menyerap apa yang didengar dan diucapkannya. Menurut Lenneberg (dalam Mandel 1993:116) mengatakan: There wasa neurologically based on “critical period” which complete mastery of language, but it is no longer possible, because it will end around the onset of puberty. That is why learning English as the second language must be started early. Maksudnya individu mempunyai masa penting (periode sensitif) untuk dapat dengan mudah dan cepat menguasai bahasa yang disebut dengan “critical period” yaitu saatusia seseorang belum memasuki masa pubertas. Ketika masa pubertas itu datang maka “critical period” akan memudar dan ada banyak kendala yang dihadapi sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal, terutama dalam menguasai pronunciation atau lafal dalam mengucapkan kosa kata bahasa asing.

   Meurandeuh merupakan salah satu desa yang terletak di langsa lama yang terbentuk dari tahun 2010 hasil pemekaran dari meurandah di desa ini terdapat beberapa sekolah untuk anak-anak usia dini salah satunya PAUD di sebelah kantor geuchiek pada sekolah ini tidak banyak terdapat murid sehingga untuk mengajarkan anak bahasa inggris melalui hp akan lebih mudah karna tidak banyak murid dan akan lebih kondusif pada tahap pertama anak-anak akan duduk diam sambil guru menyiapkan hp yang sudah tersedia berbagai video dan game yang bisa dimainkan semuanya menggunakan bahasa inggris yang akan terus di putar sehingga setiap kosa kata yang ada di hp akan terekam di memory si anak sehingga hal ini akan membuat si anak lebih banyak menguasai bahasa inggris dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari saat melihat warna merah anak akan spontan mengatakan “RED” yang berarti merah dalam bahasa inggris serta mobil “CAR” anak-anak di usia dini lebih menyukai metode seperti ini sehingga bisa di terapkan dalam pembelajaran walaupun tidak setiap hari mungkin bisa sebagai selingan dari pelajaran lain.

         Sekarang tugas guru untuk dapat memanfatkan kecanggihan alat elektronik di masa kini yaitu HP sebagai salah satu alat untuk media pembelajaran terutama pada anak usia dini karna Selama masa kanak-kanak, menengah dan akhir, anak-anak membuat banyak kemajuan dalam kosakata serta tata bahasa mereka. Kosa kata dan tata bahasa cara anak memikirkan kata-kata yang berubah selama masa kanak-kanak menengah dan akhir. Kosakata adalah himpunan atau perbendaharaan kata-kata yang dapat disusun menjadi kalimat.Di butuhkan kreatifitas dari guru yang akan  membimbing anak-anak agar dapat melaksanakan program ini .guru di tuntut untuk bisa mengajak anak belajar sambil bermain agar anak lebih releks.

     fungsi bahasa bagi anak usia dini sebagai sarana untuk berpikir, mendengarkan, berbicara, dan merupakan sarana untuk anak mampu membaca dan menulis. Kemampuan bahasa bukan saja dilihat dari kemampuan anak membaca, tetapi dilihat dari kemampuan lainnya seperti kemampuan dalam penguasaan kosa kata, kemampuan dan pemahaman komunikasi pada anak.Oleh karena anak di meurandeuh dayah sudah mulai dibiasakan untuk mulai mengenal kosa kata yang sederhana dari bahasa inggris

.

 

Penulis : Khairunnisa dan Fadia Ikrima Putri

KKN-DR Medsos artikel 2 Fakultas:FTIK

0