Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 21:45


UPAYA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN OLEH MASYARAKAT DI DESA GAMPONG SIDODADI

ABSTRAK

 Lingkungan yang terpelihara baik di Desa Gampong Sidodadi dapa memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup masyarakatnya. Untuk itu, diperlukan kerja sama dalam kegiatan gotong royong dengan warga Desa Gampong Sidodadi. Hasil penelitian menunjukkan, nilai-nilai learifan lokal yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat Desa Gampong Sidodadi dpat menjadikan lingkungan alam tetap lestari. Nilai-nilai kearifan lokal pemeliharaan lingkungan di Gampong Sidodadi adalah adaptasi lingkungan, nilai tanggung jawab, nilai kesadaranlingkungan dan nilai kerja sama. Sebagai upaya pemeliharaan lingkungan tercermin dari aktifitas warga dalam memelihara sumber mat air, memelihara kelestarian hutan rakyat, memelihara kebersihan lingkungan dan semangat gotong royong masyarakat.


Manusia dan lingkungannya merupakan satu kestuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, manusia memerlukan lingkungan sebagai atempat untuk hidup dan berkehidupan begitupun lingkungan membutuhkan manusia agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan sempurna. Keserasian hidup antara manusia sendiri sebagai pemimpin di muka bumi untukmenjaga dan merawat lingkungan sebagai tempat manusia itu berada.

Manusia hidup di bumi tidak sendirian, melainkan bersama-sama makhluk lain, yaitu tumbuhan, hewan dan jasad renik. Makhluk hidup yang lain itu bukanlah seedar kawan hidup yang hidup bersama secara netal atau psif terhadap manusia, melainkan hidup manusia itu terkait erat pada merekaa. Soemarwoto, (1991:48) menyatakn bahwa: “seyogyanya kita sebagai manusia yang membuuthkan makhluk hidup yang lain untuk kelangsungan kita dan bukannya mereka yang membutuhkan kita untuk kelangsungan hidup mereka”. Tumbuhan dan hewan hidup di lingkungan sekitar manusia, sehingga sangat penting sekali peran manusia untuk menjaga dan memelihara keberadannya. Manusia membutuhkan tumbuhn dan hewan sebagai sumber makanan sehingga manusia dapat beraktifitas dengan tenaga yang kuat. Peran aktif manusia untuk menjaga ligkungannya berhubungan dengan budaya yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Perilaku manusia kepada lingkungan bisa dipengaruhi oleh kesadaran pentingnya lingkungannya bagi kelangsungan hidup yang dimiliki oleh tiap individu. Orang yang memahami arti pentingnya lingkungan, baik itu lingkungan hidup atau lingkungan tak hidup bagi kelangsungan hidup manusia itu sendiri akan dengan sadar dan ikhlas memelihara dan menjaga lingkungan tersebut sehingga hidupnya pun akan terjaga dan terpelihara denga n baik.

Kesadaran pentingnya eksistensi lingkungan tidak hanya menciptakan lingkungan tersebut yang indah dan bersih di lingkungan sendiri saja, tetapi harus bersifat menyeluruh dimanapun manusia itu berada. Sering kita jumpai seseorang yang merasa dirinya banyak mempunyai uang, mengekploitasi sumberdaya yang ada di suatu wilayah dengan tidak memperhatikan kelestarian lingkungannya. Hak orang lain untuk hidup dengan lingkungan yang serasi seolah-olah dirampas oleh kesewenang-wenang seseorang.

Gampong Sidodadi merupakan salah satu gampong yang berbatasan sebelah utara berbatasan dengan Sungai/Gampong Jawa, Sidorejo sebelah timur berbatsan dengan Gampong Teungoh , Ggampong Meurandeh Dayah, sebelah selatan berbatsan deengan Gampong Meurandeh Dayah dan sbelah barat berbtasan degan PTPN I. Gampong Pondok Pabrik dalam Kemukiman Langsa Lama, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Jarak dengan pusat kecamatan 1 km.

Lingkungan yang terpelihara dan terjaga kelestariannya juga dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Masyarakat yang memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya lingkungan bagi kehidupan, mereka akan menjaga, memelihara dan melestarikan lingkungan.

Berawal dari permasalahan pembuangan sampah yang sembarangan oleh warga  Gampong Sidodadi maka para pengurus desa dan mahasiswa yang sehubung tengah melaksanakan KKNT Kerja Sosial di Desa Gampong Sidodadi ikut melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Timbulnya kesadaran ini membawa Mahasiswa KKNT Kerja Sosial bersama dengan beberapa warga melakukan kegiatan gotong royong.

Gotong royong adalah bekerja sama-sama atau saling tolong- menolong dalam mengerjakan sesuatu antara satu dengan yang lainnya. Gotong-royong sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama mereka yang membentuk komunitas-komunitas, karena dalam komunitas seperti ini akan terlihat dengan jelas. Gotong-royong terjadi dalam beberapa aktivitas kehidupan, seperti gotong-royong dalam bentuk kerjabakti, dilakukan untuk kepentingan bersama;  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bergerak dalam kegiatan sosial.kemasyarakatan dalam perbaikan di gampong sidodadi kecamatan Langsa Lama.

Kegiatan gotong-royong yang dilakukan mahasiswa/i KKN dari IAIN Langsa bersama Masyarakat di desa sidodadi tepatnya di lorong 2, dimulai dari membersihkan mushola yang ada di lorong 2 desa sidodadi, membersihkan gorong-gorong, menebang pohon yang menghalangi jalan, serta bekerja sama dengan tim pemadam kebakaran dalam membersihkan selokan yang tersendat akibat sampah yang menumpuk.

Nilai leluhur hidup bergotong royong dalam mengatasi suatu masalah yang diterapkan di dalam kehidupan warga Gampong Sidodadi menjadi contoh bagi kehidupan warga lainnya. Rasa empati, tolong menolong dan saling hormat menghomati dalam kehidupan Gampong Sidodadi dipatuhi dan diamalkan oleh warga. Kesadaran warga Gampong Sidodadi untuk membantu orang yang sedang dalam kesusahan dalam bentuk kegiatan gotong-royog merupakan salah satu nilai luhur yang patut untuk diteladani.

Penulis : 

Nama                           : Yuli Muliani
Nim                             : 1012019073
Semester/Unit               :VII/4
Prodi:                           : Pendidikan Agama Islam
Fakultas:                      : Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan

 

Nama                           : Dini Anjani
Nim                             : 1052019032
Semester/Unit              : VII/2
Prodi                            : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas                       : Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan






0