Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 20:02


PAUD "Aneuk Lon Sayang" Sebagai Sarana Belajar Bagi Anak-anak di Desa Geudubang Aceh

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 5 tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulasi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut. PAUD juga merupakan salah satu pendidikan yang menerapkan belajar sambil bermain, dimana PAUD ini untuk memperkenalkan anak-anak dengan belajar hal-hal sederhana.

Salah satu PAUD yang ada yaitu PAUD yang berada di Desa geudubang aceh, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. PAUD tersebut bernama PAUD Aneuk Lon Sayang, dimana PAUD tersebut terdiri dari 3 guru yang mengajar disana, Anak-anak yang dititipkan disana dijaga dengan baik, kemudian diajarkan menulis dan membaca. Tidak hanya menulis dan membaca, anak-anak diajarkan juga tentang berlaku sopan, kebersihan dan kedisiplinan. Anak-anak diajarkan berdoa sebelum belajar, makan dan doa lainnya. Salah satu alasan orang tua menitipkan anaknya ke PAUD tersebut dikarenakan kesibukan mereka.

PAUD Aneuk Lon Sayang terdiri dari kurang lebih 20 anak dimana anak-anak tersebut terdiri dari beragam macam sifat keanak-anakan mereka. Mulai dari anak-anak yang bersikap diam, aktif, suka bercerita dan masih banyak lagi. Namun, berbagai macam kemampuan anak yang terdapat di PAUD tersebut, mulai dari yang tidak bisa membaca dan menulis hingga yang mahir dalam membaca dan menulis. Dengan kemampuan yang berbagai macam tersebut, peran guru adalah untuk mengajarkan anak-anak di PAUD tersebut agar mahir dalam membaca dan menulis, dan juga tidak lupa untuk bersikap yang baik, sopan, santun dengan menggunakan lagu-lagu anak-anak serta menghafal doa-doa yang sederhana dan sesuai dengan aktifitas sehari-hari.

Kurikulum yang dipraktikkan dari PAUD kepada anak didiknya yaitu dengan menerapkan kurikulum yang asyik sehingga membuat anak-anak belajar dengan riang gembira dan tidak membosankan. Bagaimana tidak? Ketika istirahat, anak-anak disediakan mainan-mainan mulai dari lego, boneka, mobil-mobilan dan lainnya, sehingga membuat anak-anak betah untuk main-main setelah belajar. Dan anak-anak juga ketika ingin melakukan sesuatu, mereka diajarkan seperti bernyanyi, salah satu contohnya adalah ketika hendak makan, mereka ada menyebutkan yel-yel nya sehingga membuat siswa tersebut hafal dan melakukan apa yang dihafalnya.

PAUD aneuk lon sayang merupakan fasilitas yang disediakan oleh Gampong Geudubang Aceh yang dibuat untuk sarana pendidikan anak-anak baik yang mampu maupun yang tidak mampu. Dengan adanya PAUD aneuk lon sayang ini sangat membantu orang tua dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga bagi masyarakat Gedubang Aceh yang tidak mampu, bisa untuk memasukkan anaknya ke PAUD Aneuk Lon Sayang.

Dengan memasukkan anak-anak kedalam PAUD Aneuk Lon Sayang, dapat memasukkan anak-anak kejenjang pendidikan selanjutnya yaitu Taman Kanak-kanak (TK) ataupun Sekolah Dasar (SD) dengan kemampuan yang sudah mumpuni.


Nama kelompok: Vina Muslika (1052019064), Elsa Mutiara (1052019034), Ahmad Hikami (1032019015)

​Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa


0