Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 19:59


Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak di Gampong Gedubang Aceh


Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang, baik pribadi maupun orang lain. Bagaimana tidak, membaca sangat banyak manfaat bagi kehidupan. Kegunaan dari membaca adalah yaitu melatih kemampuan otak, dapat meningkatkan konsentrasi, menumbuhkan kemampuan menulis, membangun kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan literasi seseorang, dan masih banyak lagi. Dengan membaca, kehidupan seseorang akan menjadi lebih baik. Dengan membaca, akan meningkatkan kemampuan seseorang, baik dari segi otak, konsentrasi, kepercayaan diri, kemampuan menulis dan kemampuan literasi. Begitulah yang ingin diinginkan setiap orang, termasuk masyarakat di Gedubang Aceh.

Gedubang Aceh, merupakan salah satu Gampong yang terletak di Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. Selanjutnya, Gampong Gedubang Aceh merupakan salah satu Gampong atau Desa yang di dalamnya terdapat banyak sekolah, mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. MIN 4 Langsa merupakan salah satu dari beberapa sekolah yang terdapat di Gampong Gedubang Aceh. MIN 4 Langsa juga merupakan sekolah dalam naungan Kementrian Agama.

Sekolah MIN 4 Langsa dan sekolah lainnya beberapa hari yang lalu telah melaksanakan Ujian Semester Ganjil 2022/2023. Untuk menunggu hasil dari pada kemampuan siswa tersebut, beberapa sekolah mengadakan event yang disebut dengan classmeeting. Classmeeting merupakan salah satu event yang diadakan oleh sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa. Namun, ada beberapa sekolah juga yang tidak hanya mengadakan Classmeeting saja, namun melaksanakan peningkatan kemampuan membaca anak di sekolah, salah satunya di MIN 4 Langsa.

Membaca merupakan jembatan ilmu, sehingga membaca merupakan salah satu hal yang wajib bagi siswa di sekolah karena dengan membaca juga dapat membuat siswa mampu memahami materi yang dipelajari disekolah. Dengan begitu, minat dalam membaca sangat penting untuk ditanamkan di diri siswa sejak dini, agar dapat menjadi kebiasaan bagi siswa untuk membaca hingga dewasa bahkan menjadi orang tua.

Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, maka setelah melaksanakan Ujian Semester Ganjil, MIN 4 Langsa melaksanakan kemampuan membaca di sekolah yang diikuti oleh siswa-siswi kelas satu dan kelas dua. Kemampuan membaca di sekolah diajarkan oleh guru-guru di MIN 4 Langsa dan juga mahasiswa KPM dari IAIN Langsa dengan cara yang berbeda-beda. Pengajaran membaca yang berbeda-beda dibuat oleh guru-guru bertujuan agar siswa-siswi yang ikut tidak merasakan bosan di dalam dirinya. Dengan begitu, beberapa cara agar siswa-siswi tidak merasakan bosan dalam meningkatkan kemampuan membaca diantaranya yaitu:

1.       Membaca pagi hari

Membaca di pagi hari dilakukan di kelas atau di tempat lain dan dilaksanakan di pagi hari bertujuan agar siswa-siswi membaca dengan semangat sehingga tidak membuat siswa-siswi menjadi suntuk atau bosan. Membaca dilaksanakan sekitar jam 8 pagi.

2.       Dilakukan di berbagai tempat

Membaca dilakukan di berbagai tempat, seperti di kelas, mushola, ruang literasi, dan sebagainya menjadikan suasana baru sehingga siswa-siswi tidak bosan untuk belajar.

3.       Pemberian reward

Pemberian reward merupakan upaya guru dengan memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang telah berhasil membaca buku dengan lancar dan sesuai dengan target yang ditentukan. Dengan pemberian reward ini, guru yang menjadi penentunya, sehingga guru juga membuat catatan untuk batas baca siswa tersebut. Apabila siswa sesuai dengan target, maka guru memberikan reward kepada siswa tersebut. Dengan memberikan reward tersebut akan membuat siswa-siswi termotivasi untuk berbuat hal yang sama dan bahkan menjadikan siswa menjadi lebih baik lagi.

4.       Bacaan yang bermacam-macam

Untuk menarik perhatian siswa dalam membaca, maka siswa membaca buku dengan berbagai macam. Buku yang digunakan mulai dari buku belajar membaca, hingga buku cerita. Selanjutnya, buku yang dibaca oleh siswa boleh buku yang dibawa dari rumah dan buku yang disediakan dari sekolah.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk menumbuhkan minat baca di MIN 4 Langsa, sehingga siswa termotivasi untuk membaca, dan dengan begitu akan adanya perkembangan minat dalam membaca anak-anak di Gedubang Aceh.

Ditulis Oleh : 

Nama kelompok: Vina Muslika (1052019064), Elsa Mutiara (1052019034), Ahmad Hikami (1032019015)

​fakultas tarbiyah dan ilmu Keguruan



0