Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 02:13


Masjid Muwahhidin Langsa, Tanah Wakaf Warga Pakistan, Yuk Shalat Jumat di Masjid Bersejarah Ini

Abstract:

 

Masjid merupakan tempat yang multi fungsi bagi umat Islam. Dewasa ini masjid hanya digunakan khusus untuk ibadah mahdhah semata. Maka oleh karena itu revitaslisasi terhadap fungsi masjid  harus dilakukan.  TujuaPenelitiaini adalah untuk:    mengetahui bagaimana revitalisasfungsmasjid  yang  dilakukadi Masjid  Muwahiddin  Kota Langsa.  Mengetahui bagaimana revitalisasi fungsi masjid sebagai pusat pendidikan agama Islam yang dilakukan di Masjid Muwahiddin Kota Langsa.

 

Penelitian ini merupkan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang mengambil latar Masjid Muwahiddin Kota Langsa. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan bagaimana saja revitalisasi fungsi masjid yang sudah dilaksanakan di Masjid Muwahiddin Kota Langsa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan tekhnik analisa kualitatif dengan model Miles dan Huberman, melalui langkah-langkah sebagai berikut: Pengumpulan data, Penyajian data, Reduksi data dan Penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian adalah: Pertama, Muwahiddin Kota Langsa sudah melakukan revitalisasi fungsi masjid diberbagai bidang seperti bidanibadah, bidang ekonomi,  bidang pendidikan, bidang sosial, bidang kesehatan serta sebagai tempat untuk memperoleh informasi. Kedua, revitalisasi fungsi masjid sebagai pusat pendidikan agama Islam dilakukan dengan cara melaksanakan berbagai macam kegiatan majelis talim secara rutin serta mendirikan lembaga pendidikan MDTA, TPQ, PTQ serta SMP Tahfidz Madani.

 

Kata Kunci: Revitalisasi, Fungsi Masjid, Pusat Pendidikan Agama Islam.


Masjid Muwahhidin yang merupakan salah satu masjid bertingkat di Kota Langsa.

 

Masjid yang terletak di Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota itu merupakan masjid favorit bagi masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya.

 

Ketua BKM Masjid Muwahhidin, Tgk Ismail Rasyid, ketika diwawancarai Acehinfo.id, Jumat,

20 Mei 2022 menuturkan, berdasarkan informasi dari tokoh masyarakat, Masjid Muwahhidin ini dibangun sekitar tahun 1985 dengan biaya awal sekitar Rp 500 juta dan Ketua Pembangunannya Zainuddin Mard.

 

Bangunan masjid seluas sekitar 24 x 24 meter di atas tanah seluas 30×30 meter dan mampu menampung ratusan jamaah.

 

Masjid Muwahhidin ini dirancang oleh salah satu Dosen Tekhnik Unsyiah, Alamarhum Masrih

Sultan Bandaro.

 

Dalam perencanaan awal masjid ini memang dirancang bertingkat. Untuk tanah bangunan ini merupakan wakaf dari orang Pakistan.

 

Bahkan,  bukahanya  tanauntuk  pembangunan  masjid  saja  yang  diwakafkan.  Tapi,  ada sebidang tanah yang diwakafkan dan dibangun rumah untuk Imam Masjid Muwahhidin.

 

Jadi siapapun yang menjadi imam masjid ini maka dianya akan diberikan kesempatan untuk menempati rumah yang posisinya dekat dengan masjid, ujar Ismail Rasyid.

 

Pada bangunan bawah masjid digunakan untuk aula sebagai tempat pertemuan-pertemuan membahas tentang syiar islam, ruang muazin, kantor dan gudang.

 

Masjid Muwahhidin pernah dikunjungi pejabat negara seperti, Zaid Husin, Rama Rusli, Bustanil Arifin dan pejabat lainnya. Untuk ulama besar di Indonesia pernah juga hadir almarhum Zulkarnain.

 

Kata Rasyid, khusus untuk bulan Ramadan, kita selalu mengadakan pengajian setiap habis Salat

Subuh, Zuhur dan Ashar.

 

Untuk imam salat tarawih selalu menghadirkan tafiz Quran dan setiap malam menyelesaikan satu juz, jadi selesai ramadhan bisa mengkhatamkan Al Quran 30 juz.

 

Bahkan  pada  tahun-tahun  sebelumnya  kita  selalu  menghadirkan  imam  dari  Mesir,  untuk

menjadi imam Salat Magrib, Isya, Tarawih dan Subuh, ungkap Ismail Rasyid.

Oleh : Muhammad Rafli Farabi   

Nim : 4022017019

Jurusan : Ekonomi Syariah

Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam



0