Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 00:58


KEGIATAN BELAJAR BERSAMA MAHASISWA KKNT-KS DI DESA TANJUNG NERACA


Bimbingan belajar merupakan aktivitas belajar tambahan yang diberikan kepada anak maupun orang dewasa untuk menambah pengetahuan. Ilmu yang sekiranya belum didapat atau belum diajarkan di sekolah bahkan dengan mengikuti bimbingan belajar itu sendiri anak mampu berprestasi di sekolah. Hal tersebut menyiratkan bahwa bimbingan belajar memiliki nilai positif dan manfaat tersendiri bagi anak – anak.

            Bimbingan belajar memiliki peran penting di masa pandemi yang bertujuan untuk mengantisipasi siswa dalam problematika belajar secara daring. Dengan adanya bimbingan belajar diharapkan pelajar dapat terbantu dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar anak.

            Kegiatan bimbingan belajar ini dilakukan setiap hari selasa dan kamis,  dilakukan pada pukul 02.00-03.40 WIB yang diikuti oleh siswa tingkat SD-SMP. Kegiatan tersebut telah terlaksana dalam kurun waktu 3 minggu. Pada kegiatan bimbingan belajar ini yaitu peserta KKN memberikan pemahaman materi sesuai dengan pelajaran siswa serta membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Disamping itu peserta KKN juga melakukan komunikasi dengan siswa sehingga membuat suasana belajar terasa nyaman dan santai.

            Mahasiswa KKNT-KS membantu para siswa Desa Tanjung Neraca untuk belajar bersama. Mereka membantu mengajarkan materi sekolah dan menyelesaikan tugas bersama-sama. Mayoritas anak – anak yang ikut belajar disana adalah mereka yang masih berada di Sekolah Dasar setempat. Peran pengabdian bimbingan belajar antara lain meningkatkan motivasi belajar, anak merasa diperhatikan, memberikan pemahaman terkait pelajaran, menambah ilmu pengetahuan lebih, meningkatkan kepercayaan diri, waktu dan tempat yang fleksibel. Metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab, ceramah, diskusi. Sehingga dapat disimpulkan peran program bimbingan belajar sangat membantu aktivitas belajar mandiri di masa

            Mahasiswa KKNT-KS juga mengajak adik-adik setempat untuk bermain seusai pembelajaran. Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan. Mahasiswa yang terlibat menjelaskan materi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman. Sehingga diskusi yang mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotik mereka. Misalnya permainan tebak nama hewan dalam bahasa inggris dengan diberikan ciri-ciri hewan tersebut oleh salah seorang teman mereka, atau uji kekompakan tim dalam permainan kereta api.


Kegiatan ini di adakan pada sore hari, meskipun begitu tidak menyurutkan semangat mereka untuk mau belajar dan bermain dengan teman – teman mereka. Sekitar 10 anak yang ada di Desa Tanjung Neraca sangat antusias untuk belajar bersama. Hal itu terbukti ketika hari pertama mereka belajar bersama, mereka langsung menanyakan kapan kegiatan ini akan dilaksanakan lagi, tidak hanya itu saja mereka juga berniat untuk mengajak lebih banyak lagi temannya.

            Materi yang diajarkan disesuaikan dengan materi yang diberikan oleh guru di sekolah, seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian serta membantu mengerjakan PR. Agar anak – anak tidak bosan diakhir bimbel selalu diadakan kuis yang berisi soal dengan cara ditulis di papan tulis. Anak yang bisa menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah.

            Kegiatan Bimbingan belajar merupakan program kerja dalam rangka membantu meringankan beban orang tua murid. Adapun program ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan belajar dan juga bantuan konsultasi maupun mentoring kepada anak-anak. Pada program bimbingan belajar yang diadakan banyak orang tua yang merasa terbantu oleh kegiatan tersebut.

Penulis:

Cut Mutia Sari, Ade Indah Suryani dan Sari Maulida, Mahasiswi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa.

 

0