Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 00:30


Foto : Bersama pemilik tanaman hidroponik paya bujok teungoh

Inovasi kreatif dari masyarakat paya bujok teungoh dalam mengembangkan UMKM


Hidroponik merupakan sebuah cara budidaya menanam tanpa media tanah, Dengan cara memanfaatkan air. Satu hal yang dapat ditekankan dalam sebuah hidroponikbyaitu pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk sebuah tanaman. Teknik dalam menanam hidroponik ini memerluikan air lebih sedikit apabila dibandingkan dengan mennam ditanah pada umumnya.

Metode tanam hidroponik ini tentunya sanagat sesuai yang diterapkan pada wilayah yang memeiliki sedikit air. Namun ,dalam kebutuhan nutrisi tanaman juga menjadi sangat penting untuk pertumbuhan tanaman yang maksimal.

Nutrisi pada tanaman yang dibudayakan secara hidroponik ini dapat berasal dari bermacam- macam sumber,yang sebagai contoh dari kotoran bebek,kotoran ikan,pupuk kimia maupun sebuah unsur buatan lainnya.


Tanaman hidroponik di gampong paya bujok teungoh, kecamatan langsa barat, kota langsa, aceh. Milik bapak zulfahmi yang berada di belakang rumahnya yang sudah dikelola sejak tahun 2021 untuk mengisi waktu selagi masa pensiunan dan hobi dengan motto if you never try you’r never know.

Bapak zulfahmi memiliki tanaman hidroponik yang ditanamnya seperti bayam, kangkung, pakcoi,sawi dan beberapa tumbuhan lainnya yang non hidroponik seperti jagung, mangga, anggur, dan kelengkeng.



Foto : lahan tanaman hidroponik paya bujok teungoh

Bapak zulfahmi menggunakan metode DFT (deep flow technique), DFT memiliki kontur datar keuntungannya dalam penggunaan listrik, apabila dalam keadaan listrik mati, maka air nutrisi yang ada pada gully masih tetap ada, sehingga dapat membeckup cadanagan air nutrisi yang ada pada pipa pvc atau gully. Kekurangannya kadar oksigen kurang.

Nutrisi yang digunakan oleh bapak zulfahmi untuk tanaman hidroponiknya adalah ab mix dengan kadar yeng berbeda beda untuk setiap tanaman, untuk selada nutrisinya yang paling rendah takaranya dari pada yang lain. Bibit yang sering digunakan oleh bapak zulfahmi bibit NDS.

Foto : cara pembibitan tanaman hidroponik


Masa perawatan yang dilakukan oleh bapak zulfahmi adalah kangkung 15 20 hari, bayam 20

– 25 hari, pakcoy 1 bulan, sawi 1 bulan, dan yang paling lama selada selama 45 hari. Untuk menuju kemasa pemanenan.

bapak zulfahmi biasanya sudah ada langganan atau pemesan yang selalu memesan sayur yang diproduksi sehingga tidak membuat bapak zulfahmi repot untuk mencari distributor tanaman hidroponiknya.

Harga setiap tanaman hidroponik bapak zulfahmi bervariasi seperti paling mahal selada 1 pot 5000 rp, kangkung perikat 5000 rp.

Omset 1 bulan yang didapatkan bapak zulfahmi tergantung dari lubang tanam dan omset yang biasa didapat pak zulfahmi adalah 5 iuta perbulan dengan tanggungan listrik 600 perbulan, nutrisi 400 perbulan.

Penulis

KKNT KS Gampong paya bujok teungoh Nama : Hidayatullah

Nim    : 1012019085

Fakultas : FTIK




 



0