Vitra Yuqadhirza
21 Dec 2022 at 00:10


MENANAM TANPA MEDIA TANAH 

Menanam tanpa tanah, atau yang sering dikenal dengan hidroponik adalah tanaman yang media tanamnya bukan berupa tanah. Teknik menanam yang satu ini biasanya menggunakan media tanam air. Tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan banyak air, tidak perlu melakukan penyiraman seperti tanaman yang ditanam pada media tanah.

Sejak abad ke-16, percobaan tentang ilmu nutrisi dengan mengembangkan metode pertanian hidroponik telah dimulai. Semenjak itu, metode pertanian dengan hightechnology ini menjadi lebih populer dan dikenal di seluruh dunia. Hidroponik berasal dari bahasa Latin hydros yang berarti air dan phonos yang berarti kerja. Arti harfiah dari hidroponik adalah kerja air. Bertanam secara hidroponik kemudian dikenal dengan bertanam tanpa medium tanah (soilless cultivation, soilless culture). Mulanya, orang bertanam dengan metode hidroponik menggunakan wadah yang berisi air yang telah dicampur dengan pupuk mikro maupun makro.

Hidroponik sebenarnya banyak jenisnya. Namun tak semuanya mudah di praktikkan untuk pemula. Sebab modal untuk membuat instalasi hidroponik tidak murah dan perawatan tanamannya juga dilakukan dengan serius.

Budidaya tanaman secara hidroponik kini tengah banyak digemari, meskipun sudah bnayak dikenal, namun belum semua orang paham cara menanam hidroponik. Padahal budidaya tanaman dengan system ini tidak sulit. Kita bahkan bisa menggunakan alat dan bahan sederhana yang mudah dijumpai.

Sehingga sanggat memungkinkan untuk warga yang memiliki hobi bertani tanaman muda seperti bayam, kangkung, sawi, pakcoy. Mencoba cara termudah dalam megawati hobi tersebut menggunakan media selain tanah. Hidroponik adalah adalah jawaban untuk warga yang kesulitan untuk yang memiliki lahan yang sempit.

Bagi pemula hidroponik sebenarnya tidak perlu mengikuti pelatihan, di karenakan hidroponik sanggat mudah di pelajari. Hidroponik  bisa di pelajari melalui social media, You tube, Google atau sebagainya, sehingga sangat memudahkan kita untuk mencobanya hidroponik itu sendiri. Seperti halnya pengakuan warga Paya  Bujuk Tengoh tentang hobi yang menguntungkannya itu.

Zulfahmi warga Paya Bujuk Teungoh, yang memiliki hobi menamam/ bertani, di padatnya kota langsa sehingga membuat Zulfahmi harus memutar kepala bagai mana caranya agar hobi nya bisa tetap berjalan. Hingga akhirnya Zulfahmi melihat sebuah video yang ada di You tube tentang cara menenam tampa media tanah. Dan akhirnya Zulfahmi memiliki ide untuk mencoba/ memperaktekkan apa yang ia lihat di You tube tersebut. Hingga akhirnya sekarang Zulfahmi memiliki usaha hidroponik di padatnya Kota Langsa.

Paya Bujuk Teungouh, meruapakan salah satu desa yang berada di kawasan Langsa barat, kawasan yang memiliki Cuaca 28oC, Angin arah tenggara dengan kecepatan 8 km/h, dengan kelembapan nya 78 %. Langsa adalah salah satu kota berada di provinsi Aceh, Indonesia. Kota langsa berada kurang lebih 400 km dari kota Banda Aceh. Kota Langsa yang meliki luas 239,8 km2 terdiri 5 kecamatan (Langsa Timur, Langsa Barat, Kota Langsa, Langsa Lama, Langsa Baro). Pada tahun 2021 jumlah penduduk kota Langsa sebanyak 185.622 jiwa, dengan kepadatan 707 jiwa/km2.

Sehingga gaya hidup masyarakat perkotaan dalam bercocok tanam tanpa tanah yang mudah, praktis, dan bersih, solusi permasalahan perkotaan akan minimnya lahan dan mengatasi pemanasan global dikarenakan efek rumah kaca.

Menurut Zulfahmi “Hidroponik  ini sangat menyenagkan dan sangat-sangat mudah. Apa lagi ini merupakan hobi, dan ini sangat menguntungkan. Hidroponik tidak seperti tanaman yang lainya yang memerlukan pupuk atau obat somprot, kita hanya perlu mengecek nutrisinya menggunakan tbs meter (alat pengukur nutrisi), dan dia tidak perlu disiram karna kita menggunakan air bukan tanah. Untuk orang awam yang ingin memulai hidroponik disarankan memulai saja namun harus memiliki tempat di instilansi”, terangnya.

Tahap budidaya hidroponik adalah sebagai berikut: (a) mempersiapkan alat atau hidroponik. (b) mempersiapkan media tanam. (c) siapkan bibit tanaman. (d) siapkan larutan nutrisi. (e) setting penanaman. (f) pemeliharaan tanaman, mengukur EC dan pH larutan, Hama dan penyakit. (g) siap panen.

Adapun cara menanam hidroponik yang baik dan benar, hal yang pertama yang harus kita siapkan adalah : (1) bibit yang ukuranya besar harus direndam dahulu, seperti bibit kangkung. (2) setelah direndam dan ia sudah kembang, pindahkan keatas busa/ rockwoll yang telah diberikan air dahulu sebelum diletakkan bibitnya. (3) jika sudah menjadi kecamba letakkan di bawah sinar matahari (jika telat kerkena matahari maka tanaman akan menjadi kutilang (kurus tinggi langsing), namun hal ini tidak berpengaruh ketika dipindahkan ketempat asalnya atau yang sering disebut pipa diroponik). (4) setelah daunya terbelah dua, barulah di masukkan kedalam nat pot / Ik perpot (tempat setelah penyemaian). (5) setelah di letakkan bibit tersebut, barulah masuk kedalam tahap nutrisi, diamana nutrisinya akan selalu diukur, untuk menjaga kadar nutrisi.

Hobi yang paling menyenangkan itu adalah hobi yang menghasilkan. karna kita melakukanya dengan sennag hati, tak urung banyak orang-orang sukses yang melakoni hobi yang menghasilkannya, seperti halnya bapak Zulfahmi yang memiliki hobi menanam tanaman muda.

Ditulis Oleh Nurfazillah, Mahasiswi KPM-KS IAIN Langsa, Program Studi Pendidikan Matematika.

0